Comscore Tracker

Jangan Lakukan 7 Hal Ini Kalau Kamu Gak Mau Dikategorikan Toxic People

Biar orang-orang nyaman di dekatmu

Secara natural, manusia ditakdirkan memiliki sifak baik dan buruk. Ketika karakter buruk lebih mendominasi, kemungkinan kamu dapat dikategorikan toxic people. Ya, pribadi beracun ini biasanya senang merugikan orang lain, baik itu secara fisik maupun psikis.

Biar terhindar dari perangai yang merugikan tersebut, alangkah baiknya kamu simak baik-baik beberapa kriteria toxic people berikut ini. Apa saja itu? Yuk, langsung saja baca uraian lengkapnya di bawah ini!

1. Selalu merasa diri paling benar

Jangan Lakukan 7 Hal Ini Kalau Kamu Gak Mau Dikategorikan Toxic PeopleUnsplash.com/Annie Spratt

Orang yang selalu merasa benar sendiri umumnya enggan disalahkan atau mengakui kesalahannya. Mereka akan berusaha mencari pembenaran atas ucapan maupun tindakannya meskipun itu harus mengorbankan pihak lain. Orang-orang sekitarnya pun biasanya lebih memilih mengalah daripada harus bertengkar dengan si ingin menang sendiri tersebut.

2. Suka mengkritik dan menjelek-jelekkan 

Jangan Lakukan 7 Hal Ini Kalau Kamu Gak Mau Dikategorikan Toxic PeopleUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Selalu ingin diunggulkan merupakan kriteria lain dari toxic people. Ketika ada yang lebih dari dirinya, si pribadi beracun ini akan berusaha mengkritik atau menjelek-jelekkan orang tersebut supaya terlihat lebih rendah darinya. Dengan begitu, dia akan terlihat lebih unggul meski harus menjatuhkan orang lain terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Toxic ini Tanpa Sadar Bikin Kamu Kesepian, Yuk Berubah!

3. Senang mencari perhatian orang lain

Jangan Lakukan 7 Hal Ini Kalau Kamu Gak Mau Dikategorikan Toxic PeopleUnsplash.com/Elevate

Narsis atau selalu ingin menjadi pusat perhatian juga bagian dari sifat berancun yang sebaiknya kamu hindari. Pribadi seperti ini biasanya akan melakukan segala cara agar mendapat perhatian banyak orang. Gak masalah jika mereka harus berbohong, mengorbankan diri maupun pihak lain asalkan orang-orang jadi tertarik padanya.

4. Merasa puas jika berhasil mengadu domba

Jangan Lakukan 7 Hal Ini Kalau Kamu Gak Mau Dikategorikan Toxic PeopleUnsplash.com/Yuvraj Singh

Kriteria lain dari toxic people yang harus kamu jauhi yaitu senang mengadu domba. Ya, mereka akan mendapat kepuasan tersendiri jika berhasil menghasut atau memecah belah orang-orang sekitarnya. Mungkin hal itu dilakukannya lantaran gak senang melihat orang lain bahagia atau hidup damai.

5. Gak peka terhadap situasi di sekitar

Jangan Lakukan 7 Hal Ini Kalau Kamu Gak Mau Dikategorikan Toxic PeopleUnsplash.com/Katie Treadway

Saking kurang pekanya, si toxic people kerap gak bisa memosisikan diri. Misalnya memaksa meminta bantuan teman yang sedang sibuk atau tertawa-tawa di depan orang yang sedang tertimpa musibah. Kalau sudah begitu, mungkin banyak orang sekitarnya yang menjauh atau gak mau berteman dengannya.

6. Mudah berpikiran buruk terhadap orang lain

Jangan Lakukan 7 Hal Ini Kalau Kamu Gak Mau Dikategorikan Toxic PeoplePixabay.com/1871454

Si toxic people  biasanya juga akan sulit berpikiran positif. Dalam memandang sesuatu, selalu saja pikiran negatif yang muncul. Orang-orang seperti ini pun akan mudah curiga atau berpikiran buruk kepada yang lainnya. Akibatnya, hidupnya pun jadi kurang bahagia dan selalu diliputi kegelisahan.

7. Mau berteman karena ada maunya

Jangan Lakukan 7 Hal Ini Kalau Kamu Gak Mau Dikategorikan Toxic PeopleUnsplash.com/Brooke Cagle

Buat kamu yang senang memanfaatkan orang lain, berhati-hatilah. Siapa tahu di dalam dirimu ada sifat beracun yang gak pernah kamu sadari. Alih-alih gak mau rugi, si toxic people akan selalu berusaha mencari keuntungan meskipun dengan cara yang salah. Misalnya saja mau berteman dengan seseorang karena dia kaya, populer, bisa dimanfaatkan, dan sebagainya.

Nah, sudah tahu 'kan apa saja kriteria toxic people yang hendaknya kamu jauhi? Semoga setelahnya kamu bisa memperbaiki diri agar menjadi pribadi yang lebih berkualitas serta berguna bagi sekitar.

Baca Juga: 5 Alasan Jangan Mudah Mengkritik Hidup Seseorang, Bisa Jadi Toxic!

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A full-time mother and part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya