Comscore Tracker

Sulit Kontrol Diri? Ikuti 7 Tips Ini biar Emosimu Gak Mudah Terpancing

#IDNTimesLife Biar gak merugikan diri sendiri dan orang lain

Apakah kamu termasuk orang yang sulit mengendalikan emosi? Meski amarah merupakan salah satu sifat natural yang dimiliki manusia, alangkah baiknya kamu dapat mengendalikannya, terlebih jika itu terlalu berlebihan. Selain buruk bagi diri sendiri, memelihara sifat satu ini juga dapat merugikan orang lain.

Lantas, bagaimana cara mengontrol diri agar gak mudah terpancing emosi? Daripada bingung, mending langsung saja baca tips berikut ini. Apa saja itu? Yuk, simak!

1. Tariklah napasmu perlahan-lahan

Sulit Kontrol Diri? Ikuti 7 Tips Ini biar Emosimu Gak Mudah TerpancingFreepik.com/yanalya

Ketika hendak marah, cobalah tarik napasmu perlahan-lahan lewat hidung lalu keluarkan melalui mulut. Lakukan tindakan ini berulang kali hingga hatimu merasa lebih tenang. Setelah itu, semoga emosimu bisa kembali stabil dan kamu pun gak jadi marah.

2. Diamlah, jangan langsung membalas orang yang membuatmu marah 

Sulit Kontrol Diri? Ikuti 7 Tips Ini biar Emosimu Gak Mudah TerpancingFreepik.com/karlyukav

Kalau emosimu belum juga reda, coba diamlah sejenak. Tahan dirimu untuk gak mengucapkan sepatah kata pun. Marah atau berkata-kata buruk saat hati sedang emosi gak akan menyelesaikan masalah. Jangan pula buru-buru membalas perbuatan orang yang membuatmu marah karena hanya akan memperparah keadaan saja.

3. Duduklah, lalu tenangkan pikiranmu

Sulit Kontrol Diri? Ikuti 7 Tips Ini biar Emosimu Gak Mudah TerpancingUnsplash.com/Ben Blennerhassett

Jika masih belum bisa mengontrol diri, coba duduklah sembari memejamkan mata. Selanjutnya, ingat-ingatlah kembali kebaikan-kebaikan seseorang yang membuatmu marah agar emosimu gak semakin memuncak. Dengan begitu, semoga hati dan pikiranmu jadi lebih tenang.

4. Pelan-pelan basuhlah wajahmu

Sulit Kontrol Diri? Ikuti 7 Tips Ini biar Emosimu Gak Mudah TerpancingFreepik.com/valuavitaly

Biar suasana hati gak semakin panas, basuhlah wajahmu dengan air mengalir. Kalau marahmu belum juga reda, kamu dapat melanjutkan membasuh seluruh anggota badan atau mandi menggunakan air hangat. Setelah itu, mungkin tubuh dan pikiranmu jadi lebih rileks.

Baca Juga: Ketahui 5 Hal Ini untuk Melepaskan Emosi Negatif dalam Diri

5. Carilah tempat yang nyaman, lalu baringkan tubuhmu

Sulit Kontrol Diri? Ikuti 7 Tips Ini biar Emosimu Gak Mudah TerpancingUnsplash/Vladislav Muslakov

Setelah mandi, pergilah ke tempat tidur lalu baringkan tubuhmu. Carilah posisi ternyaman agar tidurmu nyenyak. Kalau belum bisa terlelap, kamu dapat merenungkan kembali kejadian-kejadian yang membuatmu marah. Kondisi yang sudah rileks ini mungkin juga bisa menurunkan kadar amarahmu. 

6. Menghindarlah sejenak dari hal-hal yang bisa menyulut emosimu

Sulit Kontrol Diri? Ikuti 7 Tips Ini biar Emosimu Gak Mudah TerpancingUnsplash.com/Edu Grande

Agar gak gampang terpancing emosi, kamu dapat menghindar dari hal-hal yang bisa membuatmu marah. Misalnya dengan pergi ke taman atau menghindar dari keramaian. Dengan begitu, semoga pikiranmu bisa kembali jernih lalu perlahan amarahmu bisa mereda.

7. Alihkan emosimu dengan melakukan kegiatan positif

Sulit Kontrol Diri? Ikuti 7 Tips Ini biar Emosimu Gak Mudah TerpancingFreepik.com/karlyukav

Cara lain yang dapat kamu lakukan untuk mengalihkan amarahmu yaitu dengan melakukan sejumlah aktivitas positif, misalnya membaca, menulis, atau bermain musik. Secara langsung kegiatan ini juga dapat menjadi media untuk menyalurkan emosimu. Sehingga, kesehatan mentalmu pun juga akan senantiasa terjaga.

Well, itulah tujuh tips yang dapat kamu lakukan agar emosimu gak mudah terpancing. Dengan menerapkannya, semoga kamu dapat menjadi pribadi yang lebih sabar dan gak mudah marah. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Emosi Negatif agar Gak Merusak Hal Positif dalam Diri

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A full-time mother and part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya