Comscore Tracker

6 Tips Jadi Penulis Lepas agar Produktif Menulis Setiap Hari

Buat kamu para penulis, wajib tahu!

Tertarik menjadi penulis lepas? Selain cukup menjanjikan, profesi ini terbilang fleksibel karena bisa dikerjakan kapan saja dan di mana saja. Sayangnya, gak semua orang bisa menekuninya lantaran terhambat berbagai kendala. Salah satunya yakni kurang bisa menjaga konsistensi menulis setiap harinya.

Jadi, buat kamu yang ingin menjadi freelance writer, cobalah tips berikut agar bisa selalu produktif menghasilkan karya. Yuk, langsung saja simak penjelasan di bawah ini hingga selesai!

1. Selalu luangkan waktumu untuk menulis 

6 Tips Jadi Penulis Lepas agar Produktif Menulis Setiap HariFreepik.com/drobotdean

Meski memiliki kesibukan, selalu sisihkanlah waktumu untuk menulis. Kamu bisa membuat perencanaan tersendiri, misalnya mengalokasikan waktu satu hingga tiga jam setiap harinya. Dari sini kamu juga dapat menentukan jam-jam produktifmu, apakah pagi, siang, atau malam hari.

2. Buat target tulisan setiap hari

6 Tips Jadi Penulis Lepas agar Produktif Menulis Setiap HariUnsplash.com/Thought Catalog

Biar lebih terarah, buatlah target tulisan setiap harinya. Ketentuan ini bisa kamu bikin dalam bentuk jumlah kata maupun artikel. Meski begitu, janganlah terlalu memaksakan diri serta sesuaikan dengan kemampuanmu, ya.

Baca Juga: Ingin Artikelmu Laris Dibaca? Ini 8 Tips Jitu Menulis Pakai Teknik SEO

3. Miliki motivasi biar kamu semangat menulis

6 Tips Jadi Penulis Lepas agar Produktif Menulis Setiap HariUnsplash.com/Green Chameleon

Mempunyai motivasi penting agar kamu bisa semangat dan konsisten menulis. Misalnya, menjadi penulis lepas agar nama dan karyamu dikenal banyak orang atau mendapatkan penghasilan tambahan. Dengan begitu, kamu pun berusaha menghasilkan tulisan setiap harinya.

4. Saat menulis, jauhkan dirimu dari segala gangguan 

6 Tips Jadi Penulis Lepas agar Produktif Menulis Setiap HariFreepik.com/karlyukav

Proses menulis membutuhkan fokus dan konsentrasi yang tinggi. Jadi, sebisa mungkin jauhkan dirimu dari berbagai gangguan saat melakukannya. Kamu bisa mencari tempat yang nyaman, seperti di dalam kamar atau ruang kerja. Sehingga, kamu pun bisa menghasilkan tulisan secara maksimal.

5. Istirahatlah yang cukup agar pikiranmu fresh

6 Tips Jadi Penulis Lepas agar Produktif Menulis Setiap HariUnsplash.com/Gregory Pappas

Menulis membutuhkan pikiran yang fresh dan tenang. Untuk itu, cukupkanlah istirahatmu setiap harinya. Jangan sampai kamu jadi kelelahan lantaran terlalu memaksakan diri memenuhi target. Karena, hal ini justru akan membuatmu kurang produktif serta kurang optimal dalam menghasilkan karya. 

6. Rajin-rajinlah membaca 

6 Tips Jadi Penulis Lepas agar Produktif Menulis Setiap HariUnsplash/Maxim Ilyahov

Biar dapat menghasilkan karya yang bagus, rajin-rajinlah membaca tulisan orang lain. Kebiasaan ini juga dapat kamu lakukan ketika sedang mentok atau mencari inspirasi. Siapa tahu setelah membaca kamu jadi memiliki banyak ide tulisan yang bisa segera dieksekusi.

 

Nah, itulah sejumlah tips yang dapat kamu terapkan ketika memutuskan menjadi penulis lepas. Semoga cara di atas bisa mendorongmu menghasilkan banyak karya yang berkualitas. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Tips jadi Penulis Pemula Meski Bukan Lulusan Komunikasi

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A full-time mother and part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya