Comscore Tracker

5 Aktivitas Antimainstream Mengisi Libur Akhir Tahun, Tetap Seru!

Definisi liburan yang gak membosankan

Tak terasa kita sudah berada di penghujung 2022. Tak sedikit yang memanfaatkan momen akhir tahun menjadi liburan yang tak terlupakan.

Setelah bekerja keras selama 12 bulan, libur akhir tahun biasanya dimanfaatkan secara maksimal oleh banyak orang. Entah itu mencari hiburan, mengeksplorasi tempat baru, ataupun sekedar memanjakan diri agar tubuh dan mental fresh kembali di tahun baru.

Biar gak bosan, berikut sederet aktivitas seru antimainstream dan bermanfaat yang bisa dilakukan di akhir tahun. Ajak teman dan keluargamu, deh!

1. Membuat kerajinan tangan 

5 Aktivitas Antimainstream Mengisi Libur Akhir Tahun, Tetap Seru!ilustrasi merajut (freepik.com/freepik)

Jika suka kegiatan seni, kamu bisa mencoba membuat kerajinan tangan, seperti merajut, membuat anyaman, merangkai bunga, dan lainnya. Sesuaikan saja dengan kemampuanmu dan barang-barang yang ada di sekitarmu.

Mengingat bisnis kerajinan tangan kini makin diminati, baik oleh wisatawan lokal maupun asing, siapa tahu dari kreativitasmu ini nantinya malah bisa menjadi bisnis baru. Kamu bisa memulainya dengan pakaian yang sudah tidak terpakai atau barang bekas lainnya.

2. Camping di rumah 

5 Aktivitas Antimainstream Mengisi Libur Akhir Tahun, Tetap Seru!ilustrasi camping di rumah (freepik.com/frimufilms)

Mau camping akhir tahun, tapi bujet terbatas? Tenang, jika kamu memiliki lahan di belakang rumah, ruang ini bisa dimanfaatkan untuk camping bersama keluarga. Siapkan saja tenda, lalu lengkapi dengan lampu kecil sebagai hiasan agar lebih menarik. 

Camping di rumah juga bisa BBQ-an, lho. Siapkan saja alat dan bahan makanannya. Jika ada proyektor, bisa juga digunakan untuk nobar. Seru juga, kan? Gak cuma sekedar seru, kamu juga bisa merasakan hangatnya kebersamaan bersama orang-orang terkasih.

3. Melukis bersama  

5 Aktivitas Antimainstream Mengisi Libur Akhir Tahun, Tetap Seru!ilustrasi melukis bersama (freepik.com/freepik)

Menghabiskan akhir tahun dengan melukis bareng, kenapa tidak? Kamu bisa mengajak anggota keluarga lain untuk melukis bersama, seperti paman, bibi dan sepupu. The more the merrier, right?

Alat dan bahan juga tak sulit didapat. Tinggal siapkan kanvas, kuas, dan cat untuk melukis, bisa cat air atau akrilik. Masing-masing anggota keluarga menuangkan harapan dan resolusi untuk menyambut tahun baru pada sebuah lukisan.

Baca Juga: 5 Bakteri yang Paling Banyak Ditemukan di Makanan, Waspadai!

4. Hunting kuliner 

5 Aktivitas Antimainstream Mengisi Libur Akhir Tahun, Tetap Seru!ilustrasi hunting kuliner (freepik.com/tirachardz)

Pencinta kuliner pasti sangat suka kegiatan satu ini. Hunting kuliner di akhir tahun bisa jadi sarana kegiatan yang mengasyikkan. Kamu bisa berburu kuliner sekaligus melihat tempat-tempat yang seru. Baik sendiri ataupun bersama teman, sama-sama mengasyikan.

Kamu bisa memulainya dari makanan pinggir jalan atau street food hingga mengunjungi restoran dan kafe, sesuaikan saja dengan bujetmu. Hunting kuliner bisa menambah pengalaman baru buatmu, apalagi akhir tahun biasanya ada banyak promo.

5. Maraton nonton film atau series  

5 Aktivitas Antimainstream Mengisi Libur Akhir Tahun, Tetap Seru!ilustrasi menonton film bersama (freepik.com/freepik)

Mager untuk pergi ke mana-mana pada akhir tahun ditambah low budget? Kamu masih bisa fun meski berdiam diri di rumah. Yap, kamu bisa menghabiskan waktu di rumah dengan maraton nonton film maupun series.

Banyak pilihan film yang bisa masuk list tontonan kamu saat libur akhir tahun. Jika ingin memilih platform streaming, pastikan sudah membeli paket internet cepat agar tidak terkendala oleh jaringan dan kuota yang habis. Jangan lupa juga siapkan camilannya.

Momen akhir tahun bisa jadi menyenangkan dengan melakukan banyak hal mengasyikkan dan bermakna. Jadi, kamu pilih libur akhir tahun dengan aktivitas yang mana, nih?

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Menonton Film Netflix Night in Paradise 

Malika Nabilla Larasati Photo Verified Writer Malika Nabilla Larasati

Senang dengan berita unik dan menarik? Jadilah penulis!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya