Comscore Tracker

Mengenal Zhong Shanshan, Orang Terkaya Nomor 1 di Cina

Sukses berkat bisnis air kemasan dan vaksin 

Tahukah kamu siapa orang terkaya di Cina saat ini? Ia adalah Zhong Shanshan. Dalam daftar tahunan yang dirilis Forbes 3 November 2021, Zhong Shanshan terpilih sebagai orang terkaya di Cina dengan total kekayaan mencapai US$ 65,9 miliar.

Posisi Zhong menggeser pendiri Alibaba Jack Ma, yang kini menempati urutan ke-5 versi Forbes dengan total kekayaan US$ 41,5 miliar. Untuk mengenal lebih jauh sosok orang terkaya nomor 1 di Cina ini, mari simak ulasannya berikut ini, yang dilansir dari laman Success Story.

1. Masa muda Zhong Shanshan 

Mengenal Zhong Shanshan, Orang Terkaya Nomor 1 di Cinazhong shanshan (instagram.com/keep.lakshmi.vrat)

Zhong Shanshan lahir pada 1 Desember 1954 di Hangzhou, Zhejiang, Cina. Masa kecilnya dilalui dengan penuh kegetiran, dimana Zhong mengalami putus sekolah selama revolusi budaya Cina, sementara orang tuanya dianiaya bersama jutaan warga sipil lainnya.

Tetapi Zhong berhasil melewati masa kecilnya itu yang penuh gejolak. Dia juga diketahui dua kali tidak lolos dalam ujian masuk perguruan tinggi. Sampai akhirnya ia berhasil memasuki dunia perkuliahan dan melanjutkan pendidikannya di universitas terbuka Cina di Beijing selama tahun 1970-an.

2. Awal berkarir dan julukan "lone wolf" 

Mengenal Zhong Shanshan, Orang Terkaya Nomor 1 di Cinazhong shanshan (instagram.com/chinoytv)

Di awal kariernya Zhong pernah menghabiskan waktunya sebagai pekerja konstruksi dan bekerja sebagai reporter di surat kabar harian Zheijang pada tahun 1983. Sekitar lima tahun Zhong mulai mencoba menjalankan berbagai usaha bisnis, seperti mendirikan surat kabar pribadi, agen penjualan minuman, menanam jamur, dan bahkan menjual tirai.

Julukan "Lone Wolf” diberikan kepadanya karena dia tidak banyak berbicara kepada media dan jarang tampil di depan umum. Zhong juga tidak pernah terlibat dalam dunia politik. Selain itu, kehidupan pribadinya yang minim diketahui orang, menunjukkan bahwa Zhong memiliki sifat penyendiri, yang sesuai dengan gaya hidupnya yang sederhana.

Baca Juga: Dia Zhong Shanshan, Mantan Reporter yang Kekayaannya Kalahkan Jack Ma

3. Mendirikan Nongfu Spring dan Yang Sheng Tang Group 

Mengenal Zhong Shanshan, Orang Terkaya Nomor 1 di Cinazhong shanshan (instagram.com/theleadersglobe)

Kejeliannya dalam melihat peluang bisnis air, membuat Zhong mendirikan perusahaan distributor air pertamanya bernama Nongfu Spring pada September 1996. Dengan air yang bersumber dari Danau Qiandao, Nongfu secara resmi meluncurkan air minum kemasan pertamanya pada tahun 1997. Perusahaan Zhong tumbuh pesat dalam beberapa tahun ke depan dan kini menjadi produsen air minum kemasan terbesar di Cina. 

Dalam upaya memperluas ke pasar global, Zhong mendirikan Yang Sheng Tang Group pada tahun 2016, yakni sebuah merek produk kesehatan. Zhong juga mengakuisisi saham utama Beijing Wantai pada tahun 2001. Beijing Wantai adalah satu dari sedikit perusahaan farmasi dan biotek Cina yang saat ini dalam proses mengembangkan vaksin COVID-19.

4. Memasuki bursa efek 

Mengenal Zhong Shanshan, Orang Terkaya Nomor 1 di Cinazhong shanshan (instagram.com/ichannelvision)

Pada tahun 2020 lalu, Zhong telah melepas kedua perusahaan miliknya ke publik. Nongfu Spring memasuki Bursa Efek Hong Kong pada September 2020 dan meluncurkan salah satu IPO Asia paling sukses tahun ini. Dilepas dengan harga awal HK$21,50, kini harga saham Nongfu Spring berada di sekitar HK$40.

Beijing Wantai Biological Pharmacy Enterprise juga telah didaftarkan dalam Bursa Efek Shanghai pada April lalu. Dari saham Nongfu Spring, Zhong menguasai 84 persen dan saham Beijing Wantai sebanyak 75 persen. Hal inilah yang membuat pundi-pundi kekayaannya kian meningkat.

5. Pengusaha terkaya di Cina dan di Asia

Mengenal Zhong Shanshan, Orang Terkaya Nomor 1 di Cinazhong shanshan (instagram.com/chinareportasean)

Dari kerajaan bisnisnya, pendapatan Zhong terus mengalami peningkatan yang signifikan. Menurut data dari Bloomberg’s Billionaires Index, kekayaan bersih pria yang berusia 67 tahun itu telah mencapai USD 93 miliar. Setelah bisnisnya mengalami lonjakan, nama Zhong mulai dikenal dan menjadi bahan perbincangan umum.

Namanya kini tercatat sebagai orang terkaya baru, khususnya di Asia. Jumlah pendapatan bersihnya melampaui pengusaha India dan Ketua Reliance Industries Mukesh Ambani. Hal ini menjadikannya orang terkaya di Asia.

Kisah sukses pebisnis taipan Zhong Shanshan sangat menarik dan menginspirasi. Buah dari kesuksesan tidak lepas dari perjuangan yang gigih, sikap pantang menyerah dan kejelian dalam menangkap peluang. Semangat berjuang buat kamu calon miliarder!

Baca Juga: Harta Orang Terkaya di Asia Mukesh Ambani Tembus 100 Miliar Dolar AS

Ika Larasati Photo Verified Writer Ika Larasati

keep calm and keep writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya