Comscore Tracker

5 Tips Mengusir Rasa Kantuk saat Berkendara, Nomor 5 Paling Jitu!

Obat ngantuk paling pas adalah tidur

Pernah, gak, mengalami saat sedang berkendara, tiba-tiba merasa sangat mengantuk? Padahal, berkendara tentu membutuhkan konsentrasi penuh, baik mengendarai motor maupun mobil.

Kondisi fisik dan mental yang prima juga sangat penting saat melakukan aktivitas ini. Gangguan mengantuk ini membuat perjalanan menjadi terganggu. Berikut ini tips mengusir rasa kantuk saat berkendara yang bisa dicoba. Disimak sampai habis, ya!

1. Konsumsi kafein atau minuman berenergi 

5 Tips Mengusir Rasa Kantuk saat Berkendara, Nomor 5 Paling Jitu!ilustrasi kopi (pexels.com/QuangAnhHaNguyen)

Ketika bepergian, khususnya jarak jauh, ada baiknya selalu menyediakan minuman dalam kendaraan, baik itu minuman berenergi maupun yang berkafein seperti kopi. Dilansir Healthline, kandungan kafein pada kopi berperan sebagai stimulan untuk merangsang akitivitas sistem saraf pusat. Kafein membantu menjaga kesadaran tubuh dan membuat rasa kantuk menghilang.

Namun, cara kerja kopi tentu tidak instan. Butuh waktu kira-kira 30 menit sebelum efeknya terasa. Perlu diingat, minum kopi sewajarnya saja. Cukup satu gelas kopi untuk memulihkanmu dari rasa kantuk yang mengganggu. Jika berlebihan, dikhawatirkan bisa memengaruhi kesehatan tubuh.

2. Putar musik berirama cepat 

5 Tips Mengusir Rasa Kantuk saat Berkendara, Nomor 5 Paling Jitu!Ilustrasi putar musik (pexels.com/cottonbro)

Kamu juga bisa mengusir rasa kantuk dengan memutar musik bertempo cepat yang bisa bikin semangat kamu muncul kembali. Dilansir Healthline, irama musik yang energik secara tidak langsung akan memaksa tubuh untuk bergoyang dan membuat mata kamu tetap terjaga. Pengendara bisa memutar lagu-lagu lewat radio atau melalui pemutar streaming secara online.

Hindari lagu mellow atau lagu yang memiliki irama dengan tempo lambat. Bukannya bisa terjaga dan berkonsentrasi saat mengemudi, justru lagu yang lembut akan membuat pengemudi semakin tambah mengantuk.

Baca Juga: Tak Selalu Baik, Ada 7 Efek Negatif Mendengarkan Musik

3. Teman bicara selama perjalanan 

5 Tips Mengusir Rasa Kantuk saat Berkendara, Nomor 5 Paling Jitu!Ilustrasi teman di mobil (pexels.com/RachelClaire)

Dilansir Healthline, mengobrol merupakan salah satu cara yang cukup efektif menghilangkan rasa kantuk bagi para pengemudi. Untuk itu, ajaklah seorang teman atau anggota keluarga yang bisa menemanimu selama di perjalanan. Dengan begitu, kamu bisa mengobrol bersamanya jika mulai mengantuk.

Ketika mengobrol, rasa kantuk yang menyerang akan teralihkan. Hal ini disebabkan pikiran kamu terfokus pada topik pembicaraan. Orang yang menemanimu juga bisa mengingatkanmu jika kamu sudah mulai kehilangan kewaspadaan, terkantuk-kantuk, atau hampir tertidur.

Yang paling bahaya justru ketika semua penumpang tertidur, sementara pengendara ditinggalkan sendiri mengemudi. Kondisi demikian bisa membuat pengemudi tertular mengantuk dengan melihat penumpang lainnya tertidur pulas.

4. Mengunyah permen karet 

5 Tips Mengusir Rasa Kantuk saat Berkendara, Nomor 5 Paling Jitu!Ilustrasi makan permen karet (pexels.com/cottonbro)

Melansir laman Selecthealth, mengunyah permen karet dikatakan bisa merangsang pergerakan otot-otot di wajah yang dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Hal ini pun diyakini bisa membuat para pengemudi akan menjadi lebih berkonsentrasi saat berkendara.

Beberapa hasil riset juga menemukan bahwa mengunyah permen karet dapat membantu meningkatkan kewaspadaan dan performa intelektual. Pilihlah permen karet dengan rasa mint. Sensasi pedas akan membuat kamu tetap terjaga saat mengemudi.

5. Menepi sejenak 

5 Tips Mengusir Rasa Kantuk saat Berkendara, Nomor 5 Paling Jitu!ilustrasi mobil menepi (pexels.com/YunusZeyveli)

Apabila rasa kantuk yang kamu rasakan sudah tidak bisa tertahankan lagi, ada baiknya kamu mencari rest area atau tempat pengisian bahan bakar. Cobalah untuk menepi sejenak di sana. Kemudian, lakukan peregangan (stretching) pada seluruh anggota tubuh. Jika masih merasa mengantuk juga, beristirahatlah atau tidur di dalam mobil hingga tubuh kembali segar.

Pasang alarm sekitar 15 sampai 30 menit. Saat bangun tubuh akan merasa fresh kembali. Hal ini sebaiknya dilakukan untuk menghindari risiko terjadinya kecelakaan yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Tentu saja obat yang tepat jika mengantuk adalah tidur. Pilih mana, tidur barang sejenak atau tidur untuk selamanya?

 

Demi keamanan dan kenyamanan berkendara serta untuk memperoleh keselamatan di perjalanan, rasa kantuk harus dapat dihindari selama berkendara. Semoga tips di atas bisa membantu kamu mengatasi rasa kantuk.

Ingat, jangan terlalu memaksakan tubuh untuk mengemudi saat sudah lelah dan mengantuk. Hal tersebut justru membahayakan diri sendiri atau orang lain. Drive safe, teman-teman!

Baca Juga: Sopir Mengantuk Picu Lakalantas di Tol Lampung? Ini Kata Hutama Karya

Ika Larasati Photo Verified Writer Ika Larasati

keep calm and keep writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya