Comscore Tracker

4 Angkutan Umum yang Bisa Digunakan untuk Kurangi Kemacetan Jakarta

Biar gak kelamaan di jalan

Banyaknya kendaraan pribadi yang beroperasi ke jalanan, semakin membuat jalanan di Jakarta macet, terlebih saat jam berangkat dan pulang kerja. Sebagian dari mereka menggunakan kendaraan pribadi dengan alasan lebih nyaman, namun tanpa sadar hal tersebut menyumbang kepadatan kendaraan di jalan. Biar gak macet banget, empat kendaraan umum di bawah bisa kamu gunakan untuk mengurangi jumlah kendaraan di jalan.

1. KRL Commuter Line

4 Angkutan Umum yang Bisa Digunakan untuk Kurangi Kemacetan JakartaInstagram.com/keanu_as

Transportasi umum yang mengalami kemajuan pesat adalah KRL Jabodetabek (commuter line). KRL ini bukan lagi kereta yang jelek tetepi kereta yang sudah bagus dan nyaman dilengkapi dengan AC dan selalu bersih. Selain itu, jadwal datang dan berangkatnya kereta selalu tepat waktu jadi tidak perlu khawatir telat deh. KRL ini menghubungkan Stasiun Bekasi - Manggarai - Jakarta Kota - Bogor - Serpong - Duri - Tanah Abang.

2. TransJakarta

4 Angkutan Umum yang Bisa Digunakan untuk Kurangi Kemacetan Jakartainstagram.com/khresna

Selain kereta, ada juga TransJakarta dengan armada bus yang banyak. Dengan harga Rp3.500 sekali jalan, kita bisa menjelejahi banyak rute, mulai dari Bekasi hingga Tangerang. Bus yang digunakan adalah bus modern dan terjamin keamanannya dilengkapi dengan AC dan kursi yang nyaman. Selain itu, bus ini juga tepat waktu loh.

Baca Juga: 7 Tips Bikin Perjalanan Memakai Kendaraan Umum Jadi Seru

3. Mass Rapid Transit (MRT)

4 Angkutan Umum yang Bisa Digunakan untuk Kurangi Kemacetan JakartaInstagram.com/marvin.ade

Ini adalah transportasi terbaru dan paling modern yang baru saja diresmikan. Sekarang sudah tidak perlu jauh-jauh ke Singapura atau Malaysia , di Jakarta sudah ada MRT yang menghubungkan Bundaran HI - Lebak Bulus. Dengan dilengkapi kereta modern dari Jepang, MRT menjamin keamanan, kecepatan dan ketepatan waktu sesuai kebutuhan masyarakat Jakarta.

4. Layanan ride sharing

4 Angkutan Umum yang Bisa Digunakan untuk Kurangi Kemacetan JakartaInstagram.com/helmiezasali

Layanan ride sharing yang tersedia di Jakarta dan beberapa kota lainnya adalah Go-Jek dan Grab. Cukup pesan melalui aplikasi dan kita akan segera dijemput langsung di tempat. Untuk harga, sangat terjangkau dan murah.

Itulah beberapa transportasi umum yang bisa kita gunakan. Dengan menggunakan transportasi umum, kita berperan mengurangi kemacetan di Jakarta. Kalian akan terlihat lebih keren jika berani beralih ke angkutan umum.

Baca Juga: Ada MRT, Jumlah Pengguna TransJakarta Meningkat

Iko Photo Writer Iko

Saya adalah penulis yang memberikan cinta saya dari dalam hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya