Comscore Tracker

Biar Cepat Teratasi, Ini 6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Stres

Salah-salah bisa bikin stres makin parah!

Stres memang tak terhindarkan. Semakin dewasa, kita semakin sering dihadapkan dengan stres. Namun itu juga berarti bahwa kita harus semakin dewasa dalam menyikapinya. Sikap dan cara kita menghadapi stres saat ini akan membentuk kepribadian kita ke depannya. Jadi, menghadapi stres tidak boleh sembarangan. Salah-salah, beban stres bisa semakin bertambah.

Saat menghadapi stres, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan ingat. Diharapkan, caramu menghadapi dan mengatasi stres tetap terarah dan membuatmu lebih dewasa.

1. Sikap yang salah bisa bikin stres makin parah

Biar Cepat Teratasi, Ini 6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat StresIlustrasi perempuan stres (Unsplash/christianfregnan)

Sikapmu saat menghadapi stres sangat berpengaruh pada banyak hal. Sikap yang salah bisa menambah tingkat stres yang kamu alami hingga membuat situasi stres semakin buruk. Hindari sikap-sikap negatif seperti ingin serba sempurna, terburu-buru, pesimis, ingin menang sendiri, dan lain-lainnya yang sekiranya semakin memperburuk keadaan.

Stres bisa jadi adalah saat-saat kamu harus membuka mata lebih lebar dan berpikiran lebih terbuka. Dengan begini, pilihan untuk mengatasi sumber stres bisa semakin terlihat. Coba juga mengadopsi sikap-sikap positif seperti optimis, percaya diri, menerima diri apa adanya, dan lain-lain.

2. Cara berpikirmu bisa berpengaruh ke kesehatan fisik

Biar Cepat Teratasi, Ini 6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat StresIlustrasi perempuan stres (Pexels/victoria-borodinova-392079)

Tentu kamu butuh fisik dan mental yang sehat saat menghadapi stres. Kamu juga pasti tahu kalau pikiran sangat berpengaruh pada kondisi fisik, begitu juga sebaliknya. Cara berpikir yang cenderung negatif, emosional, dan berputar-putar dapat mempengaruhi kesehatan fisikmu. Kamu akan sering merasa mual, sakit kepala, migrain, dan lain-lain. Imunitasmu juga cenderung menurun.

Oleh karena itu, penting bagimu untuk selalu berpikir positif saat menghadapi stres. Tak hanya membebaskan efek negatif dari kesehatan fisikmu, sikap positif juga bisa menunjukkan jalan dan solusi dari stres itu sendiri.

3. Kamu bisa hentikan reaksi stres sekarang juga

Biar Cepat Teratasi, Ini 6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat StresIlustrasi perempuan stres (Unsplash.com/raduflorin)

Terlalu berlarut-larut dalam stres dapat berpengaruh buruk bagi kesehatanmu. Sekujur tubuhmu serasa tegang, kamu mudah lelah, hingga gejala psikosomatis pada tubuhmu akibat pikiran. padahal, kamu bisa, kok, menghentikan reaksi stres saat ini juga.

Kenali apa yang paling mudah membuatmu rileks dan tenang. Bisa beribadah, meditasi, menjalankan hobi, ritual skincare, membaca buku, dan lain-lain. Efeknya bisa berbeda-beda ke setiap orang, jadi cari cara yang pas buatmu. Dengan menanggulangi reaksi stres, pikiranmu jadi lebih jernih untuk memikirkan solusi dan mengambil keputusan.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Mengatasi Stres di Minggu Pertama Kerja, Sudah Coba?

4. Hindari cara penghilang stres yang justru bikin makin stres

Biar Cepat Teratasi, Ini 6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat StresIlustrasi perempuan stres (Pexels/rawpixel)

Saat stres, rasanya semua hal sah-sah saja untuk dilakukan demi have fun atau destress. Mulai dari makan enak-enak, belanja ini itu, merokok, hingga 'piknik' ke sana kemari. Kamu perlu hati-hati dengan caramu menghilangkan reaksi stres. Salah-salah, beban stresmu bisa bertambah.

Kamu harus tetap mengontrol diri. Jangan sampai acara penghilang stresmu malah mengorbankan kesehatan dan keuanganmu. Cara penghilang stres yang mudah dan murah sebenarnya banyak, kok, selama kamu mau mencari dan mencoba.

5. Setiap orang memiliki reaksi stres yang berbeda-beda

Biar Cepat Teratasi, Ini 6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat StresIlustrasi perempuan stres (Unsplash/fairytailphotography)

Setiap orang memiliki reaksi stres yang berbeda-beda. Perjalanan hidup hingga kepribadian yang berbeda akan membuat seseorang terlihat lebih tangguh dalam menghadapi stres dibandingkan kamu. Jangan terlalu memusingkan kalau kamu harus sekuat mereka. Selama kamu tetap bijak, dewasa, dan profesional dalam menyikapinya, kamu bisa menghadapi stresmu.

6. Kenali eustress, jenis stres yang justru baik untukmu

Biar Cepat Teratasi, Ini 6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat StresIlustrasi perempuan bahagia (Unsplash/jtylernix)

Berbeda dengan stres, eustress merupakan tipe stres yang justru punya manfaat bagi mental dan psikismu. Mengutip laman Healthlineeustress adalah stres yang positif. Eustress adalah hasil yang kamu rasakan setelah berhasil memenuhi tantangan yang menyenangkan. Keluar dari zona nyaman adalah salah satu contoh eustress.

Eustress akan membuatmu lebih 'hidup'. Kamu lebih happy, penuh motivasi, dan positif dalam menjalani hidup. Dengan mengenali dan mempelajari eustress, mungkin kamu bisa mengubah cara pandangmu terhadap stres. Daripada menganggapnya sebagai beban, coba pandang stres sebagai tantangan. 

Nah, jangan terlalu berlarut-larut dalam stres, ya! Segera cari cara untuk menyemangati dirimu sendiri. Hadapi stresmu dengan pola pikir yang positif dan bijak. Stres yang kamu hadapi saat ini adalah tantangan yang harus kamu lalui. Semangat!

Baca Juga: 7 Sikap Wanita yang Membuat Pacar Prianya Stres Menghadapinya

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya