Comscore Tracker

Gak Usah Canggung, Ini 7 Cara Baik Menerima Pujian dari Orang Lain

Tanpa bikin kamu besar kepala dan arogan! 

Apa kamu pernah merasa aneh dan canggung saat menerima pujian? Seolah-olah kamu tidak pantas mendapatkannya? Atau kamu malah jadi besar kepala dan merasa spesial karenanya?

Pujian bisa menjadi pedang bermata dua. Di satu sisi kamu merasa dihargai dan jadi semangat bekerja keras lagi, di sisi lain kamu jadi besar kepala dan cepat berpuas diri. Menerima pujian memang gampang-gampang susah. Kamu ingin menunjukkan rasa terima kasih, tapi takut terlihat sombong dan kelewat hebat.

Lalu bagaimana caranya menerima pujian dari orang lain dengan rasa percaya diri? Berikut 7 caranya!

1. Ucapkan terima kasih secara tulus

Gak Usah Canggung, Ini 7 Cara Baik Menerima Pujian dari Orang LainPexels/rawpixel

Respon utama yang harus kamu berikan adalah tentu saja dengan mengucapkan terima kasih. Ucapan ini sederhana dan sering disepelekan, tapi menunjukkan rasa syukur dan kerendahan hati bila diucapkan dengan penuh ketulusan. Jadi, mengucapkan terima kasih saja sudah cukup, kok. Kamu gak perlu berpikiran yang aneh-aneh.

2. Jangan merendahkan pujian yang kamu terima, apalagi menolaknya

Gak Usah Canggung, Ini 7 Cara Baik Menerima Pujian dari Orang LainPexels/vera-arsic-304265

Mungkin kamu ingin bersikap rendah hati, tapi merendahkan pujian apalagi menolaknya akan membuatmu tampak tak tahu terima kasih. Bukannya rendah hati, kamu malah tampak rendah diri. Jangan terlalu 'mengecilkan' dirimu sendiri di mata orang lain. Si pemberi pujian justru akan merasa illfeel, bahkan merasa tak dihargai.

Hindari kalimat-kalimat bernada penolakan dan merendahkan diri seperti:

  • “Aduh, bukan apa-apa, kok.”
  • “Ah, cuma begini saja. Gak ada yang spesial.
  • “Terima kasih, tapi aku nggak sepintar yang kamu duga.”
  • “Terima kasih, tapi si A lebih jago daripada aku.”

Baca Juga: 5 Pesan Untukmu yang Merasa Selalu Tertinggal dari Orang Lain

3. Jangan terlalu terbuai dengan pujian

Gak Usah Canggung, Ini 7 Cara Baik Menerima Pujian dari Orang LainUnsplash/jtylernix

Pujian sering kali membuat kita terbuai. Apalagi kalau kita sudah kerja keras mati-matian untuk mendapatkan hasil yang kita inginkan. Tapi jangan terlalu terbuai sampai kamu merasa menjadi orang paling istimewa. Apalagi kamu jadi besar kepala dan memandang rendah yang lainnya. Kamu tetap harus bijak menerimanya.

4. Perhatikan bahasa tubuhmu

Gak Usah Canggung, Ini 7 Cara Baik Menerima Pujian dari Orang LainUnsplash/alexisrbrown

Bahasa tubuh biasanya menunjukkan lebih banyak hal daripada ucapan. Kalau kamu menerima pujian dengan bahasa tubuh ogah-ogahan dan tertutup, kamu akan membuat si pemberi pujian merasa tak dianggap.

Gunakan bahasa tubuh yang terbuka dengan tidak melipat tangan ke depan dada, bertopang dagu, bersandar santai, atau yang lainnya. Tegakkan postur tubuh dan tatap mata mereka secara langsung selagi kamu mengucapkan terima kasih dengan senyuman tulus.

5. Harus baca situasi dan kondisi

Gak Usah Canggung, Ini 7 Cara Baik Menerima Pujian dari Orang LainPexels/rawpixel

Mendapatkan pujian rasanya memang menggembirakan. Apalagi kalau kamu menerimanya dari seseorang yang kamu kagumi dan hormati. Namun, usahakan untuk menunjukkan rasa terima kasih dengan kegembiraan yang terukur. Jangan sampai kamu jingkrak-jingkrak, ketawa-ketiwi, atau bahkan berteriak.

Kamu perlu pintar-pintar membaca situasi dan kondisi. Terutama kalau kamu berhadapan dengan orang yang lebih tua atau memiliki jabatan lebih di atasmu, atau di situasi di mana kamu harus menunjukkan profesionalitas. Ada waktunya untuk melampiaskan kegembiraan, kok.

6. Jangan simpan sendiri pujiannya kalau kamu bekerja dalam tim

Gak Usah Canggung, Ini 7 Cara Baik Menerima Pujian dari Orang LainPexels/rawpixel

Kalau pujiannya dimaksudkan untuk tim di mana kamu menjadi salah satu anggotanya, pastikan kamu menyampaikan pujiannya ke teman-temanmu yang lain. Terutama kalau si pemberi pujian menduga kalau hasil kerja tim adalah hasil kerja individu. Tunjukkan kalau teman-temanmu juga bekerja keras. Pujiannya jangan disimpan sendiri.

7. Terima pujian untuk refleksi diri

Gak Usah Canggung, Ini 7 Cara Baik Menerima Pujian dari Orang LainUnsplash/danielmingookkim

Jangan sia-siakan pujian yang kamu terima. Gunakan pujian-pujian itu untuk refleksi diri. Apakah kamu merasa cukup? Apakah kamu melakukan hal yang benar? Terima pujian sebagai suatu hal yang membuatmu merasa dihargai. Tingkatkan rasa percaya diri dan tatap hari esok dengan pemikiran yang lebih positif.

Mulai sekarang, kamu gak perlu canggung dan bingung lagi kalau menerima pujian. Selama kamu menerimanya dengan rasa syukur dan mengucapkan terima kasih secara tulus, gak ada yang perlu ditakutkan lagi, kok.

Baca Juga: 5 Pujian yang Bisa Dilontarkan Saat PDKT, Biar Gak Terkesan Aneh

Ina Suraga Photo Community Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You