Comscore Tracker

5 Respons Bijak saat Bertemu Orang yang Tidak Menyukai Kita

Mari waspada sebelum bertindak #IDNTimesLife

Di mana pun kita berada pasti ada saja orang yang tidak menyukai kita. Tidak jauh-jauh harus menemukan orang itu dimana, dari lingkungan keluarga sendiri faktanya memang benar adanya. Siapa saja bisa dengan tidak menyukai kita.

Mulai dari apa yang kita lakukan, apa yang kita punya, bagaimana cara kita berbicara pada orang lain, cara berpakaian juga penampilan, pokoknya apa pun yang melekat pada diri kita, bahkan sampai pencapaian seseorang yang telah diimpi-impikan selama ini.

Nah, bagaimana sih, mengatasi hal semacam itu? Cermati dengan teliti ya, supaya kita tahu bagaimana menghadapi situasi yang tidak sesuai dengan hati kita.

1. Tetap tenang dan sabar

5 Respons Bijak saat Bertemu Orang yang Tidak Menyukai Kitailustrasi tenang(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Merespon dengan tenang dalam situasi yang sedang terjadi tentunya tidaklah mudah dilakukan. Apalagi bagi orang yang emosinya mudah meledak-ledak dan sering berubah-ubah tergantung suasana di sekitarnya.

Sabar juga perlu diterapkan dalam hal ini, kesabaran seseorang dapat dilihat ketika sedang terjadi situasi seperti ini. Menjaga untuk tetap tenang dan sabar sebenarnya tergantung bagaimana cara yang digunakan masing-masing orang untuk menyikapi hal yang semacam itu.

2. Tanamkan pemikiran positif

5 Respons Bijak saat Bertemu Orang yang Tidak Menyukai Kitailustrasi positive thinking(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Yang paling susah bahkan hampir selalu dilupakan adalah menanamkan pikiran yang positif. Berpikir positif terhadap orang yang tidak menyukai kita, kemungkinan sedikit orang yang menjadikan ini sebagai prinsip utama dalam hidup. Banyak sekali orang yang sulit menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Selalu berpikir positif saat hal itu terjadi terjadi agar pikiran tidak dipenuhi dengan bayangan keruwetan yang timbul dalam diri kita. Mungkin saja alasan orang lain tidak menyukai kita karena ada yang salah dengan diri kita, atau mungkin perlu membenahi diri dalam segi sikap, penampilan, ataukah cara berbicara yang menjadi pemicunya.

3. Jangan terburu-buru marah

5 Respons Bijak saat Bertemu Orang yang Tidak Menyukai Kitailustrasi memalingkan wajah(pexels.com/Ketut Subiyanto)

Marah sudah menjadi hal yang wajar untuk mengungkapkan rasa tidak suka pada sesuatu. Bisakah langsung melampiaskan kemarahan saat berhadapan dengan orang yang entah itu teman, saudara, bahkan orang yang tidak dikenal sekalipun, dan entah ada dimana waktu itu? Sudah dipastikan jawabannya bisa.

Berkaitan dengan apa yang tidak disukai orang lain pada diri kita turut menjadi sebuah pertanyaan. Kenapa ada orang yang tidak menyukai kita, padahal kita sendiri tidak melakukan kesalahan apa pun pada mereka?

Setiap orang pasti marah dalam hal ini, tapi ada baiknya kalau kita mencoba menahan marah dan jangan terburu-buru untuk melampiaskan kemarahan itu yang mengakibatkan suasana disekitar kita menjadi gaduh tak terkendali.

Baca Juga: 5 Sikap yang Hanya Ditunjukkan Orang-orang Berkualitas, Kamu Termasuk?

4. Lupakan sejenak

5 Respons Bijak saat Bertemu Orang yang Tidak Menyukai Kitailustrasi menikmati sunset(unsplash.com/Neal E. Johnson)

Melupakan sejenak masalah yang tiba-tiba terjadi begitu saja dan menghilangkan dari ingatan sama sekali tidak segampang apa yang kita duga. Hal serupa yang datang dengan sendirinya seperti masalah yang sudah biasa terjadi yaitu tentang ketidaksukaan orang lain pada kita secara tiba-tiba dan tanpa kita tahu apa sebenarnya yang menjadikan mereka menyikapinya secara spontan.

Kali ini, yang keempat mencoba melupkan sejenak dengan beragam aktivitas yang lebih membuat tenang seperti, berenang, bermain alat musik, dan mencobanya dengan berjalan-jalan ke tempat wisata terdekat. Dengan hal-hal yang menyenangkan hati membuat pikiran menjadi lebih fresh dan lebih bisa mengontrol emosi diri dari masalah yang saat itu terjadi.

5. Bicarakan dengan orang yang bersangkutan

5 Respons Bijak saat Bertemu Orang yang Tidak Menyukai Kitailustrasi percakapan(pexels.com/fauxels)

Masalah apa pun selesai saat ada pembicaraan satu sama lain. Sama halnya dengan ini, masalah dengan orang yang tidak menyukai kita tapi ujung-ujungnya mereka lebih membicarakannya pada orang lain dan justru lebih memilih bukan pada orang yang bersangkutan dengannya sendiri.

Serta kebanyakan dari mereka malah menjadikannya sebuah gosipan yang membuat image atau citra orang tersebut menjadi berdampak buruk dalam menjalin hubungan dengan orang-orang yang ada disekitarnya.

Membicarakan atas ketidaksukaan terhadap orang lain dan bukan pada orangnya yang bersangkutan sangat jarang dilakukan, hanya segelintir orang yang ingin segera mengakhiri ketidaknyamanan dengan mengungkapkan apa yang menjadi akar masalahnya. Tidak ada salahnya, kan mencoba membicarakannya dengan baik-baik pada orangnya langsung. Tanpa mengetahui apa sebenarnya yang harus diketahui kebenarannya, semua menjadi sebatas ketidaktahuan semata. 

Hidup memang seperti itu, ada suka dan tidak terhadap sesuatu. Orang lain bebas menentukan kepada siapa mereka suka atau bahkan tidak menyukainya hanya karena ada sesuatu hal yang mungkin menjadi penyebab dari awal ketidaksukaannya.

Tetap menjaga hubungan baik dengan siapa saja. Terus memperbaiki diri tanpa harus menilai dan mencari kesalahan orang lain.

Baca Juga: 5 Tipe Orang yang Rawan Gak Disukai Orang Sekantor, Catat!

Indah Safitri Photo Verified Writer Indah Safitri

Stay strong and never give up !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya