Comscore Tracker

Sayangi Bumi, Ini 5 Cara Jitu Kurangi Sampah Plastik Saat Berkemah

Yuk lebih peduli pada lingkungan!

Sah-sah saja jika kamu bersama teman-temanmu ingin berkemah. Namun pastikan kamu tidak mencemari lingkungan dengan membuang sampah plastik bekas berkemah di mana saja.

Terlebih kondisi bumi semakin memprihatinkan, banyak sampah plastik yang mencemari lingkungan dan jumlahnya semakin banyak. Jaga bumi, ini lima cara yang bisa kamu terapkan untuk mengurangi penggunaan plastik saat berkemah!

1. Tulis barang yang akan dibawa

Sayangi Bumi, Ini 5 Cara Jitu Kurangi Sampah Plastik Saat Berkemahilustrasi menulis (pexels.com/Louis Bauer)

Hal pertama yang mesti kamu lakukan adalah buatlah daftar barang yang akan dibawa saat kemah. Dengan begitu kamu lebih mudah mengendalikan dan bisa meminimalisir penggunaan plastik yang bisa mencemari tempat kemah.

Pastikan barang yang kamu bawa tidak membutuhkan plastik, selain itu jangan membawa barang-barang yang tidak begitu penting karena hanya akan memberatkan. Apalagi jika kamu berkemah sekalian mendaki gunung jelas saja harus memilah dan memilih barang yang memang penting saja.

2. Bungkus dengan tas kain

Sayangi Bumi, Ini 5 Cara Jitu Kurangi Sampah Plastik Saat Berkemahilustrasi tas kain (pexels.com/Teona Swift)

Daripada membungkus makanan atau barang dengan plastik lebih baik kamu membungkus barang-barang tersebut dengan kain. Selain tidak mengotori lingkungan penggunaan tas kain pun bisa dipakai berulang kali sehingga kamu bisa turut andil melestarikan lingkungan.

Jangan bungkus makanan dengan plastik terlebih kamu membuangnya di tempat kemah. Kalaupun menggunakan plastik pastikan kamu membawa kembali sampah plastik tersebut dan tidak mengotori tempat kemah.

Baca Juga: 5 Alternatif Barang Pengganti Plastik, Beralih Sekarang, Yuk!

3. Bawa wadah makanan 

Sayangi Bumi, Ini 5 Cara Jitu Kurangi Sampah Plastik Saat Berkemahilustrasi wadah makanan (pexels.com/Ella Olson)

Daripada membungkusnya dengan plastik lebih baik kamu membungkus makanan dengan wadah yang bisa dicuci. Kamu juga bisa membawa tumbler sebagai tempat minum sehingga penggunaan plastik bisa jauh lebih berkurang. 

Sudah waktunya kamu tidak lagi menggunakan plastik apalagi limbah plastik sangat susah diuraikan. Bukan hanya saat berkemah, penggunaan wadah makanan harusnya selalu kamu bawa kemanapun termasuk saat membeli makanan.

4. Siapkan lubang sebagai tempat sampah organik

Sayangi Bumi, Ini 5 Cara Jitu Kurangi Sampah Plastik Saat Berkemahilustrasi sampah organik (pexels.com/Sarah Chai)

Tentunya kamu pasti menghasilkan sampah organik karena mengkonsumsi buah-buahan misalnya. Oleh sebab itu buatlah lubang sebagai tempat sampah sisa-sisa makanan yang mudah diuraikan oleh tanah. Setelahnya kamu bisa langsung mengubur sisa makanan tersebut sehingga tidak mengotori lingkungan.

Di manapun kamu berada jangan pernah mengotori lingkungan! Terlebih kamu berada di tempat yang baru tentu kamu harus bantu menjaga lingkungan agar tetap bersih dan tidak menjadi bahan gunjingan penduduk setempat.

5. Bawa makanan yang tahan lama

Sayangi Bumi, Ini 5 Cara Jitu Kurangi Sampah Plastik Saat Berkemahilustrasi telur (pexels.com/Anna Shvets)

Untuk mencegah basi dan akhirnya menyebabkan polusi lingkungan maka baiknya kamu membawa makanan yang tidak cepat basi seperti telur, rendang atau abon misalnya saat berkemah. Dengan begitu kamu tetap bisa kenyang dan tidak kelaparan saat berkemah namun tidak juga menyisakan sampah makanan.

Meski kamu sedang berkemah jangan lupakan kebersihan lingkungan. Bahkan ada baiknya kamu bantu mengurangi sampah plastik yang terkenal sulit diuraikan.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Sedotan Plastik bagi Lingkungan, Jangan Dianggap Sepele

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya