Comscore Tracker

Cuma Mitos, 5 Hal Tentang Orang Introvert Ini Bikin Salah Sangka!

Introvert gak selalu suka diam kok

Introvert merupakan salah satu sifat seseorang dan orang introvert memang cenderung lebih tertutup. Tapi di masyarakat seringnya beranggapan yang salah pada orang introvert dan anggapan ini malah menjamur. Anggapan ini malah berujung mitos namun kerap dipercayai oleh sebagian masyarakat.

Berikut 5 mitos seputar introvert yang populer di masyarakat tapi sama sekali tak benar!

1. Tidak suka mengobrol

Cuma Mitos, 5 Hal Tentang Orang Introvert Ini Bikin Salah Sangka!Pexels/Rawpixel

Para masyarakat percaya bahwa orang introvert biasanya tak suka mengobrol dan sangat pendiam. Padahal ini sama sekali gak benar, karena faktanya banyak orang introvert yang suka mengobrol dengan orang lain karena tetap mempunyai fitrahnya sebagai manusia yaitu mahluk sosial.

Hanya saja orang introvert cenderung pilih-pilih teman untuk mengobrol yang biasanya membuat dia nyaman dulu. Saat dia sudah nyaman tentunya dia akan lebih terbuka.

2. Sangat pemalu

Cuma Mitos, 5 Hal Tentang Orang Introvert Ini Bikin Salah Sangka!Pexels/Dids

Memang benar ada salah satu orang introvert yang pemalu tapi tidak semua orang introvert itu pemalu. Orang introvert cenderung tertutup dan sulit terbuka pada orang yang kurang akrab dengannya tapi bukan berarti orang introvert itu pemalu. Sifat selektifnya dalam berteman memang membuat dia terlihat pemalu padahal itu gak benar.

Baca Juga: Dipandang Sebelah Mata, 5 Hal Ini Justru Sumber Kekuatan Introvert

3. Kemampuan sosialnya sangat buruk

Cuma Mitos, 5 Hal Tentang Orang Introvert Ini Bikin Salah Sangka!Pexels/Fox

Jangan buru-buru percaya ketika ada isu di masyarakat kalau orang introvert itu kemampuan sosialnya buruk. Karena orang introvert pun bisa bersosialisasi dengan baik.

Hanya karena mereka tertutup bukan berarti mereka tak bisa berkomunikasi dan bersosialisasi. Bahkan banyak juga orang introvert yang bekerja menjadi public speaking karena kemampuan komunikasinya yang bagus. So, jangan buru-buru percaya mitos seperti ini ya!

4. Tidak suka dengan keberadaan orang

Cuma Mitos, 5 Hal Tentang Orang Introvert Ini Bikin Salah Sangka!Pexels/Bret Sayles

Orang introvert memang kadang ingin me time dan sendirian tapi bukan berarti mereka tak suka akan keberadaan orang. Mereka hanya butuh waktu saat ingin sendiri tapi tak berarti mereka tak suka keberadaan orang.

Mereka juga sama seperti orang ekstrovert yaitu butuh bergaul hanya saja tak semua orang bisa akrab dengannya. Meski orang introvert itu tertutup tapi mereka juga manusia biasa yang butuh bersosialisasi.

5. Sukanya sendirian

Cuma Mitos, 5 Hal Tentang Orang Introvert Ini Bikin Salah Sangka!Pexels/Oleksandr Pidvalnyi

Ini jelas salah karena walau bagaimanapun mereka masih mempunyai orang terdekat yang membuatnya nyaman. Sehingga tanggapan orang introvert suka sendirian adalah jelas tak benar. Meski tak banyak tapi orang introvert pun punya orang terdekat atau sahabat sebagai tempat berbagi suka maupun duka.

Nah jangan buru-buru men-judge orang introvert seperti ini ya karena semuanya tidak benar!

Baca Juga: 6 Hal Ini Hanya Bisa Dipahami Kamu yang Berkepribadian Ambivert

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya