Comscore Tracker

5 Life Hacks yang Bisa Diterapkan agar Bisa Berinvestasi, Yuk Coba!

Berinvestasi demi kehidupan yang lebih baik di masa depan

Mengelola uang dengan cerdas memang dambaan semua orang. Bahkan banyak orang yang memilih untuk berinvestasi demi kehidupan yang lebih baik.

Namun, investasi bukanlah hal yang mudah. Diperlukan pemikiran yang matang dan dana yang memadai. Wujudkan impianmu dengan menerapkan lima cara berikut ini supaya bisa berinvestasi.

1. Bebas dari segala hutang

5 Life Hacks yang Bisa Diterapkan agar Bisa Berinvestasi, Yuk Coba!ilustrasi handphone dan kartu kredit (pexels.com/Karolina)

Saat memutuskan untuk berinvestasi, lebih baik kamu tidak memiliki hutang apapun. Jika masih ada hutang atau kredit baiknya lunasi terlebih dahulu supaya kamu bisa fokus berinvestasi.

Dengan begitu dana untuk investasi tidak hilang karena harus membayar hutang. Selain itu pastikan kamu memiliki uang lebih dan tidak menjadikan dana darurat sebagai uang investasi.

2. Tidak lapar mata

5 Life Hacks yang Bisa Diterapkan agar Bisa Berinvestasi, Yuk Coba!ilustrasi belanja (pexels.com/erik mclean)

Saat memiliki uang banyak biasanya banyak orang yang menjadi konsumtif dan membuang uang untuk barang-barang yang tidak perlu. Namun, jika kamu memutuskan untuk berinvestasi kamu harus segera berhenti berperilaku konsumtif. Hal ini karena uangmu yang berlebih bisa kamu alokasikan untuk investasi.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Investasi Reksa Dana, Apa yang Harus Dicermati?  

3. Menambah penghasilan

5 Life Hacks yang Bisa Diterapkan agar Bisa Berinvestasi, Yuk Coba!ilustrasi uang (pexels.com/Karolina)

Jika saat ini penghasilanmu pas-pasan maka cobalah untuk mencari tambahan penghasilan agar kamu bisa investasi. Jangan memaksakan diri untuk investasi jika tak mampu. Pastikan dana yang kamu gunakan untuk investasi bukan merupakan dana darurat karena biasanya investasi dilakukan dalam jangka panjang.

4. Hindari investasi bodong

5 Life Hacks yang Bisa Diterapkan agar Bisa Berinvestasi, Yuk Coba!ilustrasi investasi (pexels.com/Anna Nekrashevich)

Jika niatmu untuk investasi sudah besar pastikan kamu tidak mengikuti investasi bodong. Karena di zaman ini banyak sekali tawaran investasi menggiurkan namun bersifat menipu. Cobalah untuk sharing bersama sahabat atau orang terpercaya lainnya sebelum memutuskan ingin investasi dimana.

5. Jangan buru-buru ingin hasil

5 Life Hacks yang Bisa Diterapkan agar Bisa Berinvestasi, Yuk Coba!ilustrasi menghitung hasil pendapatan (pexels.com/olia danilevich)

Meski hasilnya menggiurkan namun investasi biasanya dilakukan dalam jangka panjang. Oleh sebab itu, jangan buru-buru ingin mendapatkan hasil dari investasimu sendiri. Karena di dunia ini tidak ada yang instan dan semuanya membutuhkan proses begitu juga dengan investasi.

Asalkan ada niat tentunya kamu bisa, namun pastikan kamu menginvestasikan dana berlebih bukan dana darurat. Dengan begitu uang investasimu tidak akan terganggu.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Sudah Memiliki Keuangan Stabil, Patut Diacungi Jempol!

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya