Comscore Tracker

Terapkan 5 Cara Ini agar Tidak Emosi Berlebihan, Segera Hentikan

Marah hanya akan membuang waktumu!

Sebagai manusia biasa tentunya memiliki emosi merupakan hal yang lumrah. Namun emosi berlebihan seperti marah tentunya tidak baik dan merugikan diri sendiri. Apalagi di usia dewasa tentunya kamu harus mulai bisa mengendalikan diri dan tidak marah berlebihan.

Segera berhenti mulai saat ini, terapkan lima cara ini untuk mengendalikan emosi berlebihan!

1. Kenali diri

Terapkan 5 Cara Ini agar Tidak Emosi Berlebihan, Segera HentikanWanita sedang bersedih (pexels.com/Valeria Ushakova)

Kamu adalah yang paling tahu tentang dirimu sendiri. Oleh sebab itu ketika kamu sering emosi berlebihan cobalah untuk mulai mengenali dirimu sendiri. Dengan begitu kamu bisa lebih mudah mengendalikan diri jika sudah mengenali dirimu sendiri. Sama sekali tak sulit bukan mengetahui identitas diri?

2. Memikirkan dampaknya

Terapkan 5 Cara Ini agar Tidak Emosi Berlebihan, Segera HentikanPria sedang bersedih (pexels.com/Inzmam Khan)

Dampak dari emosi berlebihan tentunya tidak baik bagi dirimu sendiri. Bahkan bisa saja kamu justru malah menambah musuh. Nah, oleh sebab itu sebelum emosimu meledak cobalah kamu pikirkan apa dampak yang akan terjadi sesudahnya. Dengan begitu kamu pasti bisa berhenti sebelum dikuasai oleh emosi yang meledak-ledak.

Baca Juga: 5 Cara Atasi Persepsi Negatif pada Diri agar Tak Memengaruhi Emosi 

3. Mengetahui pemicunya

Terapkan 5 Cara Ini agar Tidak Emosi Berlebihan, Segera HentikanWanita sedang dilanda emosi (pexels.com/pixabay.com)

Tidak ada salahnya juga kamu mulai mencari tahu apa pemicu atau sebab kamu merasa emosi. Dengan begitu emosi yang melanda bisa kamu tekan sedemikian rupa jika sudah mengetahui apa penyebabnya. Asalkan kamu berusaha kamu pasti bisa mengendalikannya.

4. Alihkan dengan kegiatan yang membutuhkan energi besar

Terapkan 5 Cara Ini agar Tidak Emosi Berlebihan, Segera HentikanPria sedang bersepeda (pexels.com/pixabay.com)

Emosi yang meledak-ledak tak baik bagi dirimu. Namun kamu tetap bisa mengendalikannya dengan mengerjakan suatu kegiatan yang membutuhkan energi besar, seperti misalnya berolahraga.

Kamu bisa melakukan olahraga yang mudah seperti berlari, bersepeda atau berenang yang tidak membutuhkan alat-alat mahal. Dengan begitu setidaknya energimu terbagi tidak hanya terfokus pada amarah saja.

5. Gunakan media yang bisa membuatmu tenang

Terapkan 5 Cara Ini agar Tidak Emosi Berlebihan, Segera HentikanWanita sedang mendengarkan musik (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Marah berlebih tentu sangat tak baik bagi dirimu dan untuk mengatasinya cobalah untuk menggunakan media yang bisa meredam amarah. Entah itu mendengarkan musik klasik, minum air putih atau konsumsi makanan kesukaan yang tentu akan sedikit mengurangi rasa kesalmu. Jangan terus fokus pada emosimu! Meski awalnya susah lambat laun kamu pasti bisa mengatasinya.

Yuk, mulai saat ini kamu berbenah dan tidak lagi termakan emosi. Karena emosi berlebihan tidak baik bagi bagi tubuhmu sendiri juga!

Baca Juga: Tetap Tenang, Ini 5 Langkah Sederhana untuk Mengelola Emosi Negatif

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya