Comscore Tracker

Pikirkan 5 Hal Ini sebelum Beli Barang Branded, Prioritaskan Fungsi

Jangan asal beli karena lapar mata, ya!

Semua orang pada hakikatnya ingin membeli barang yang mahal, mewah dan bermerek tentunya. Namun membeli barang branded membutuhkan dana yang lumayan banyak dan cukup memeras kocek.

Oleh sebab itu sebelum membeli barang bermerek, pikirkan deretan hal di bawah ini dulu, jangan asal beli karena lapar mata, ya!

1. Cari tahu apakah kamu pernah membeli barang yang sejenis atau tidak

Pikirkan 5 Hal Ini sebelum Beli Barang Branded, Prioritaskan Fungsiilustrasi wanita berbelanja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Membeli barang bermerek atau branded memang kerap kali ada kepuasan tersendiri saat mampu membelinya. Namun pikirkan dahulu apakah kamu pernah membeli barang sejenis atau tidak. Hal ini tentu bertujuan agar kamu tidak membuang-buang uangmu begitu saja.

Kalau memang sudah punya kenapa harus membeli lagi? Lebih baik kamu membeli barang lain yang lebih penting atau baiknya uangmu ditabung saja.

2. Jangan membeli barang bermerek hanya karena lapar mata

Pikirkan 5 Hal Ini sebelum Beli Barang Branded, Prioritaskan Fungsiilustrasi belanja daring (pexels.com/ Andrea Piacquadio)

Baiknya sebelum membeli barang branded kamu pikirkan juga apakah hanya sekedar lapar mata atau memang sangat butuh. Jika hanya lapar mata maka lebih baik kamu tidak membeli sama sekali karena jelas dari segi faedahnya pun pasti tidak ada.

Karena lapar mata jelas ada hubungannya dengan nafsu. Jika kamu terus menuruti hawa nafsu dan membeli barang-barang yang tidak begitu kamu butuhkan tentu kamu akan menjadi pribadi yang boros hingga akhirnya tidak bisa menabung.

3. Pikirkan soal kegunaannya

Pikirkan 5 Hal Ini sebelum Beli Barang Branded, Prioritaskan Fungsiilustrasi wanita berbelanja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hanya karena desain dan warnanya bagus belum tentu kamu merasa nyaman memakainya. Bahkan tidak jarang banyak orang yang membeli barang yang akhirnya tidak ia gunakan sama sekali karena hanya tertarik pada warnanya yang bagus.

Sebelum membeli barang branded yang mahal jelas saja kamu harus memikirkan apa kegunaannya. Kalau memang hanya menjadi pajangan di kamar tentu lebih baik kamu gak membelinya.

Baca Juga: Awas Boros! 5 Tanda Kamu Sudah Kecanduan Belanja Online

4. Jangan-jangan kamu hanya ingin pamer

Pikirkan 5 Hal Ini sebelum Beli Barang Branded, Prioritaskan Fungsiilustrasi belanja (pexels.com/freestock.org)

Barang bermerek memang biasanya memberi impact yang lumayan besar pada penggunanya. Bahkan memamerkan barang bermerek akan membuat seseorang itu terlihat kaya sehingga panen pujian. 

Jika tujuanmu hanya ingin pamer semata di media sosial, maka niatmu untuk membeli barang tersebut baiknya diurungkan saja. Hal ini karena sesudah pamer barang tersebut boleh jadi tidak begitu ada gunanya untuk dirimu. Kalau sudah begini kamu sebenarnya hanya membuang-buang uang, bukan?

5. Prioritaskan membeli dengan harga miring

Pikirkan 5 Hal Ini sebelum Beli Barang Branded, Prioritaskan Fungsiilustrasi membeli sepatu (pexels.com/Alexandra Maria)

Sah-sah saja membeli barang bermerek jika kamu memang butuh barang tersebut. Namun jangan asal membeli sebelum studi harga barang tersebut. Kalau bisa membeli dengan harga yang lebih murah kenapa tidak? Bandingkan mana barang yang dijual dengan harga yang lebih murah, dengan begitu kamu tidak akan menyesalinya.

Mengeluarkan uang untuk membeli barang mahal dan bermerek memang harus dipikirkan dengan matang. Prioritaskan kebutuhanmu, bukan hanya sekadar ingin mengikuti mode semata, ya.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Tidak Mengurangi Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya