Comscore Tracker

5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan agar Tak 'Teracuni' Oleh Media Sosial

#GoodLife Come on hidupmu bukan hanya di media sosial!

Media sosial memang menyuguhkan sesuatu yang menarik bahkan tak jarang kini orang-orang lebih suka berinteraksi di media sosial daripada dunia yang asli. Bahkan berkat media sosial ini tak sedikit orang-orang yang meraup uang yang banyak dan menjadi influencer yang men-tenarkan namanya.

Tapi media sosial juga tak hanya membuat orang-orang menjadi sosok individualis karena faktanya banyak juga orang-orang yang 'teracuni' dengan media sosial dan kecanduan bila tak menggunakannya. Nah obati kecanduanmu dalam menggunakan media sosial lewat lima cara berikut ya!

1. Saat bersama teman, usahakan tak membuka gadget atau ponsel

5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan agar Tak 'Teracuni' Oleh Media SosialPexels/ Afta Putta Gunawan

Ini nih yang jadi biang penyakit! Saat quality time dengan teman saja kamu selalu membuka ponselmu dan berselancar di media sosial. Akibatnya tak hanya teman-temanmu yang merasa bete dengan sikapmu, namun kamu pun semakin kecanduan dengan dunia maya bahkan tak bisa berhenti.

Sebelum kamu benar-benar teracuni oleh hal tersebut, cobalah sesekali jangan membuka gadget saat bersama orang-orang terdekat. Bukankah lebih baik kita berinteraksi secara 'nyata' daripada 'maya'?

2. Saring orang-orang yang berada di ruang lingkup media sosialmu

5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan agar Tak 'Teracuni' Oleh Media SosialPexels/ Tracy Le Blanc

Kamu pun perlu mensortir siapa saja orang-orang yang akan kamu follow dan siapa saja yang bisa menjadi teman media sosialmu. Kalau memang teman-teman di media sosialmu saat ini membuatmu teracuni, ada baiknya kamu segera unfollow atau hapus pertemanan supaya kamu tak semakin terjebak di dalamnya.

Baca Juga: Waspadai Perangkap 5 Potret Kehidupan Palsu di Media Sosial Ini!

3. Matikan notifikasi dan buat skala prioritas

5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan agar Tak 'Teracuni' Oleh Media SosialPexels/Pixabay

Daripada kamu terus stuck dengan dunia maya dan membuat kehidupan aslimu amburadul, cobalah matikan notifikasinya saja agar kamu bisa fokus dengan kehidupanmu yang asli.

Buat skala prioritas mana yang lebih penting apakah media sosialmu atau pekerjaanmu? Kamu tentunya tak mau harus kehilangan pekerjaan akibat media sosial kan?

4. Istirahat dengan media sosial jika kecanduan

5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan agar Tak 'Teracuni' Oleh Media SosialPexels/Bruce Mars

Kalau sudah berada di tahap kecanduan, ada baiknya kamu istirahat sesaat dari media sosial. Jauhkan diri dari dunia maya untuk sesaat sampai kecanduanmu sembuh. Karena seperti yang kita tahu, media sosial pun memiliki dampak yang negatif selain positif.

Lakukan aktvitas yang bermanfaat untuk mengalihkanmu dari membuka media sosial! Yuk coba terapkan!

5. Fokus dengan tujuan hidup

5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan agar Tak 'Teracuni' Oleh Media SosialPexels/jena Hamra

Intinya jika kamu tak ingin teracuni oleh dunia maya, cobalah kamu fokus dengan tujuan hidupmu yang sebenarnya. Kalau kamu memang mempunyai cita-cita, cobalah fokus untuk mewujudkannya bukan malah berleha-leha dengan terus membuka dunia maya.

Jika kamu terus bersikap seperti ini, mimpimu akan semakin jauh dan kamu takkan mendapatkan apa-apa. Bersikaplah lebih bijak dalam menggunakan media sosial dan sadari bila hidupmu bukan hanya di dunia maya, karena dunia aslimu lebih berarti

Baca Juga: Jaga Kesehatan Mental, Lakukan 5 Hal Ini dalam Bermedia Sosial

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You