Comscore Tracker

Segera Hindari, Ini 5 Ciri-ciri Sosiopat yang Bisa Merugikan Dirimu!

Sudah tahu?

Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti sering menjumpai orang-orang yang lebih suka sendiri dan menutup diri dari lingkungan sosial. Biasanya kita menyebut orang tersebut antisosial, namun dalam istilah medis hal ini disebut sosiopat. Kita biasanya menyangka para sosiopat tidak membahayakan, namun seorang sosiopat sebenarnya cukup merugikan dirimu. Berikut lima ciri-ciri sosiopat yang harus kamu kenali!

1. Selalu merasa benar

Segera Hindari, Ini 5 Ciri-ciri Sosiopat yang Bisa Merugikan Dirimu!Pixabay/xusenru

Seorang yang antisosial atau sosiopat biasanya selalu merasa benar dan ego mereka cenderung tinggi. Hal ini menyebabkan mereka takkan mau mengalah dari siapapun dan tak peduli orang lain mau menerima atau tidak. Kerugiannya tentu ketika kamu memiliki rekan kerja atau teman kuliah seorang sosiopat, mereka tak bisa diajak untuk berdiskusi.

2. Gak peduli pada orang lain di sekitarnya

Segera Hindari, Ini 5 Ciri-ciri Sosiopat yang Bisa Merugikan Dirimu!Pixabay/Stocksnap

Mereka cenderung masa bodoh dengan lingkungan sekitar dan tak mau tahu. Sehingga di kala kamu sedang kesulitan dan membutuhkan bantuan dia jangan harap dia akan membantu karena dia merasa bukan sebuah kewajiban membantumu meskipun mungkin dia merupakan rekan kerja atau teman kuliahmu. Dia menganggap dunianya ya miliknya dan tak ada seorang pun yang boleh mengganggu.

Baca Juga: Wajib Tahu! Inilah 8 Tanda Seseorang Memiliki Bakat Psikopat

3. Kepribadiannya cenderung menarik

Segera Hindari, Ini 5 Ciri-ciri Sosiopat yang Bisa Merugikan Dirimu!Pixabay/quinntheislander

Meskipun mereka cenderung masa bodoh dengan orang lain, namun para sosiopat akan tampak menarik di awal. Mereka menunjukkan sikap yang baik dengan orang baru namun hal ini terjadi di awal saja untuk memberikan kesan pertama yang baik. Padahal setelah sekian lama kamu mengenalnya justru mereka tak suka bersosialisasi. Sosiopat merupakan gangguan mental meskipun tak memberikan dampak yang berarti pada kehidupannya.

4. Selalu saja mengabaikan norma sosial yang berlaku

Segera Hindari, Ini 5 Ciri-ciri Sosiopat yang Bisa Merugikan Dirimu!Pixabay/panajiotis

Tentunya orang-orang yang memiliki sifat sosiopat tak peduli dengan norma yang berlaku. Seperti rasa simpati dan empati pada orang lain sama sekali tak mereka miliki. Mungkin dengan bahasa lain mereka cenderung tak memiliki sifat kasih sayang kepada orang lain. Baginya hidup ya hanya tentang dirinya dan mereka tak suka mengalah demi kepentingan orang lain.

5. Sosok yang manipulatif

Segera Hindari, Ini 5 Ciri-ciri Sosiopat yang Bisa Merugikan Dirimu!Pixabay/Jill111

Selain itu seorang sosiopat pun sosok yang manipulatif dan suka memanfaatkan situasi. Mereka akan memanfaatkan seseorang untuk kepentingannya namun setelah orang tersebut tidak memiliki manfaat lagi seorang sosiopat akan mengabaikannya. Mereka cenderung berteman untuk memanfaatkan saja bukan dengan ketulusan. Pada dasarnya mereka lebih suka sendiri daripada berteman dengan orang-orang yang tak memiliki manfaat, baginya interaksi sosial bukan hal yang penting.

Nah pahami ya!

Baca Juga: Apakah Pasanganmu Seorang Sosiopat?

Indah Shaliha Photo Community Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung. Email : shalihaindah@gmail.com. Follow my instagram: instagram.com/indahshaliha. Thanks for reading my articles

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 05:45:07

Progress: 750.012 dari 813.350 TPS (92.21270%)

Just For You