Comscore Tracker

5 Hal Buruk yang Terjadi pada Tubuh saat Kamu Terus Menyimpan Dendam

Dendam tidak baik untuk hidupmu!

Setiap manusia pada umumnya memiliki dendam pada orang-orang yang telah menyakiti di masa lalu. Namun terus menyimpan dendam dalam waktu yang lama adalah hal yang harus kamu hindari. Alih-alih hidupmu bahagia yang ada  justru malah sebaliknya. Berikut lima dampak yang akan kamu dapatkan saat menyimpan dendam, sudah tahu?

1. Selalu dihantui masa lalu

5 Hal Buruk yang Terjadi pada Tubuh saat Kamu Terus Menyimpan DendamPexels/Andrew

Dendam akan membuat masa lalumu terus terngiang di kepalamu hingga kamu sulit melupakannya. Padahal bisa saja masa lalu yang menyedihkan tersebut ingin kamu lupakan dengan segera. Namun karena menyimpan dendam tentunya masa lalu tersebut jadi sulit untuk dihilangkan dari otakmu sendiri.

2. Merasa gelisah bahkan depresi

5 Hal Buruk yang Terjadi pada Tubuh saat Kamu Terus Menyimpan DendamPexels/Daniel Reche

Pada akhirnya kamu hanya menyakiti dirimu sendiri karena tak jarang menyimpan dendam akan membuatmu terus gelisah bahkan depresi. Daripada kamu terus dendam pada orang-orang yang menyakiti di masa lalu lebih baik kamu lupakan supaya hidupmu lebih tenang dan kamu lebih bahagia.

Baca Juga: Anti Dendam, 5 Cara Agar Kamu Bisa Menerima Kritik dengan Hati Lapang

3. Kurang menghargai keberadaan orang lain

5 Hal Buruk yang Terjadi pada Tubuh saat Kamu Terus Menyimpan DendamPexels/Nathan

Dendam merupakan salah satu penyakit hati yang harus disingkirkan. Dengan terus menyimpan dendam pada akhirnya kamu tidak menghargai keberadaan orang lain dan inginnya orang tersebut mengalami hal-hal yang kurang baik. Padahal boleh jadi orang yang tidak kamu hargai itu adalah orang yang akan membantumu di masa depan.

4. Berpotensi sakit kronis

5 Hal Buruk yang Terjadi pada Tubuh saat Kamu Terus Menyimpan DendamPexels/renato

Banyak penelitian yang menunjukkan jika sakit mental akan mempengaruhi kondisi fisik yang pada akhirnya fisik pun ikutan sakit. Bahkan tak jarang menyebabkan sakit kronis jika kamu terus-menerus memikirkannya dan tidak mencoba ikhlas. Padahal apa yang terjadi di masa lalu seharusnya kamu ikhlaskan saja karena menyimpan dendam itu tidak baik bagi kondisi tubuhmu sendiri.

5. Tidak mensyukuri hidup

5 Hal Buruk yang Terjadi pada Tubuh saat Kamu Terus Menyimpan DendamPexels/Min An

Semua manusia dalam hidup memiliki peran masing-masing yang berbeda satu sama lain. Namun saat kamu terus menyimpan dendam pada akhirnya kamu malah tidak mensyukuri hidupmu sendiri. Padahal banyak yang harus kamu syukuri dalam hidup misalnya saja tubuh yang sehat. Dendam hanya akan membuat hidupmu merasa tak berarti pada akhirnya kamu pun tidak mensyukuri nikmat Tuhan.

Karena ada kalanya kamu harus hidup dengan tenang tanpa memikirkan semua perasaan sakit di masa lalu. Biarlah waktu yang akan menyembuhkan rasa sakit hatimu, jangan terus menyimpan dendam.

Baca Juga: Kamu Suka Balas Dendam? Jawab Dulu 5 Pertanyaan Ini!

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya