Comscore Tracker

5 Kecerobohan yang Bikin Botol Minummu Penuh dengan Bakteri!

Duh pasti kamu gak sadar!

Agar terhindar dari haus memang kita sebaiknya membawa air minum dalam botol. Namun terdapat berbagai kebiasaan saat membawa air minum dalam kemasan yang membuat kita terpapar penyakit. Meski nyatanya terlihat sepele, ini lima kebiasaan ceroboh yang membuat botol minumanmu penuh dengan bakteri!

1. Terlalu lama membiarkan botol minum dalam keadaan terbuka

5 Kecerobohan yang Bikin Botol Minummu Penuh dengan Bakteri!Pexels.com/Oleg Magni

Bakteri dan mikroorganisme lainnya memang ada di mana saja dan oleh sebab itu kita mesti berhati-hati. Seperti misalnya jika kamu terlalu lama membiarkan botol minum dalam keadaan terbuka maka bakteri akan cepat masuk dan akhirnya kamu hanya membahayakan dirimu sendiri saja. Setelah minum lebih baik langsung menutup botol air tersebut ya!

2. Menyimpan botol minum di tempat bersuhu hangat

5 Kecerobohan yang Bikin Botol Minummu Penuh dengan Bakteri!Pexels/Jopwel

Banyak air dalam kemasan yang memberi peringatan agar kita hindari menyimpan air minum tersebut di tengah cahaya matahari. Hal ini karena saat keadaan hangat bakteri akan cepat tumbuh karena umumnya suhu ideal bakteri untuk berkembang biak ada pada suhu sekitar 37 derajat. Oleh sebab itu jangan menyimpan botol minum dalam tempat yang kondisinya hangat atau dalam keadaan terpapar matahari langsung.

Baca Juga: Walau BPA Free, 5 Kebiasaan Ini Ubah Botol Minum Jadi Sumber Penyakit

3. Berbagi air minum dengan teman

5 Kecerobohan yang Bikin Botol Minummu Penuh dengan Bakteri!Pexels/The Lazy Artis Gallery

Memang sih kita pasti ingin memberikan bantuan pada teman apalagi bila mereka kehausan dan kerap membagi air minum bersama dengan mereka. Tetapi ini adalah hal yang salah karena kita kan tak tahu bakteri jenis apa yang ikut bertransfer ke botol air minummu. Belum lagi bila temanmu memiliki riwayat penyakit menular tertentu dan sebab itulah lebih baik tidak berbagi air minum dengan orang lain daripada akhirnya kamu sakit.

4. Tidak membuang minuman sisa

5 Kecerobohan yang Bikin Botol Minummu Penuh dengan Bakteri!Pexels.com/Oleg Magni

Biasanya saat kita bekerja atau kuliah pasti kita membawa air minum dalam botol. Namun sesekali kita tidak menghabiskan air minum tersebut. Harusnya kita membuang air minum sisa tersebut karena jelas terdapat banyak bakteri tetapi kita biasanya justru tidak membuangnya dan menambah air tersebut sampai penuh. Kebiasaan ini jelas salah dan harus segera ditinggalkan karena bisa saja kita justru malah sakit karena bakteri patogen tersebut masuk ke dalam tubuh.

5. Tidak mencuci botol air sebelum digunakan

5 Kecerobohan yang Bikin Botol Minummu Penuh dengan Bakteri!Pexels/Pixabay

Tidak mencuci botol terlebih dahulu sebelum digunakan merupakan hal yang fatal karena tentunya botol minuman tersebut mengandung banyak bakteri patogen bahkan bisa saja mengandung virus. Oleh sebab itu biasakan untuk selalu mencuci botol minuman sebelum menggunakannya meski terlihat bersih karena kita tak pernah tahu mikroorganisme macam apa saja yang terdapat di dalamnya.

Jangan dilakukan lagi ya!

Baca Juga: Bakteri Salmonella: Ini 7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentangnya

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You