Comscore Tracker

Sayangi Bumi, Ini 5 Sedotan Alternatif untuk Mengurangi Sampah Plastik

Yuk sayangi bumi!

Jumlah sampah plastikkian hari kian memprihatinkan saja.Padahal seperti yang kita tahu sampah plastik tidak bisa diuraikan dan butuh jutaan tahun untuk hancur. Padahal sampah ini setiap hari jumlahnya malah makin banyak saja. Tentunya perlu ada kesadaran pada masing-masing individu untuk mengurangi konsumsi sampah plastik. Salah satu alternatif mengurangi sampah plastik adalah dengan menggunakan sedotan dari bahan yang bisa digunakan kembali atau dengan bahan yang mudah hancur. Berikut 5 sedotan alternatif yang bisa digunakan untuk mengurangi sampah plastik, apa saja ya?

1. Sedotan yang terbuat dari kertas

Sayangi Bumi, Ini 5 Sedotan Alternatif untuk Mengurangi Sampah Plastikyourphx.com/

Salah satu alternatif sedotan yang bisa digunakan adalah sedotan kertas. Sedotan ini memang hanya bisa digunakan sekali saja namun seperti yang kita tahu bahwa sedotan kertas mudah diuraikan oleh tanah sehingga bisa meminimalkan jumlah sampah. Cara pembuatannya pun mudah dan siapa saja tentu bisa. Meski masih asing tapi penggunaan sedotan kertas ini sudah mulai diterima di masyarakat.

2. Bambu

Sayangi Bumi, Ini 5 Sedotan Alternatif untuk Mengurangi Sampah Plastiktroveofgaia.com/

Bisa dibilang bahwa sedotan bambu merupakan sedotan yang paling ramah lingkungan. Terbuat dari bahan alami membuat sedotan ini paling banyak diminati oleh pecinta gaya hidup sehat. Bahkan sedotan ini aman juga digunakan oleh anak-anak dan tak mudah patah. Namun sedotan ini jangka penggunaannya tak bisa lama karena dapat terurai seiring berjalannya waktu. Selain itu noda bekas minuman yang menempel pada sedotan ini sulit hilang. Meski begitu sedotan ini merupakan sedotan yang paling aman dari segi penggunaannya.

Baca Juga: 6 Sedotan Ramah Lingkungan yang Bisa Kamu Makan, Rasanya Enak Banget

3. Kaca

Sayangi Bumi, Ini 5 Sedotan Alternatif untuk Mengurangi Sampah Plastikcrateandbarrel.com/

Sedotan lainnya yang bisa menjadi pengganti penggunaan sedotan plastik adalah sedotan kaca. Meskipun mudah pecah dan penggunaannya harus hati-hati tetapi sedotan ini mulai digemari karena warnanya yang transparan. Hal ini tentunya membuat sedotan ini mudah terlihat bila dalamnya kotor karena sifat transparannya. Tak hanya itu, sedotan ini juga memiliki varian warna seperti hijau dan biru.

4. Stainless steel

Sayangi Bumi, Ini 5 Sedotan Alternatif untuk Mengurangi Sampah Plastikdhgate.com/

Sesuai namanya sedotan ini terbuat dari logam dan bisa digunakan kembali. Sedotan ini takkan mudah rusak karena terbuat dari berbagai campuran logam. Tentunya sedotan ini bisa menjadi salah satu alternatif pengganti sedotan plastik yang sering digunakan. Uniknya, sedotan ini juga tersedia dengan berbagai warna tak hanya silver yaitu gold, rose gold bahkan hologram yang sangat menarik.

5. Silikon

Sayangi Bumi, Ini 5 Sedotan Alternatif untuk Mengurangi Sampah Plastikiconiqbottle.com

Terakhir kamu bisa menggunakan sedotan silikon sebagai alternatif penggunaan sedotan plastik. Sedotan ini bersifat lentur dan aman pula digunakan oleh anak-anak. Warna yang dihadirkan pun bervariasi yang tentunya sangat disukai anak-anak. Hanya saja sedotan ini tak bisa melubangi minuman karena sifatnya yang lentur sehingga kamu harus menggunakan materi lain untuk melubangi minuman yang akan kamu minum. Tapi meski begitu sedotan ini bisa digunakan berulang-ulang dan dalam jangka waktu yang lama.

Mau mencoba?

Baca Juga: Starbucks Bakal Stop Penggunaan Sedotan Plastik, Ada Apa Ya?

Indah Shaliha Photo Community Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung. Email : shalihaindah@gmail.com. Follow my instagram: instagram.com/indahshaliha. Thanks for reading my articles

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You