Comscore Tracker

Ini 5 Strategi Hemat di Pertengahan Bulan yang Gak Bikin Sengsara!

Ayo dicoba!

Terkadang kita memang sering gak sadar uang melayang begitu saja dan tau-tau nominal uang dalam tabungan semakin sedikit bahkan nyaris habis. Bila kebiasaan ini terus diterapkan kita tidak akan pernah bisa menabung apalagi menabung untuk hari tua. Stop kebiasaan boros, lakukan lima strategi berikut ini agar kamu mampu berhemat!

1. Selalu membawa air mineral

Ini 5 Strategi Hemat di Pertengahan Bulan yang Gak Bikin Sengsara!Pexels/daria shetsova

Meski remeh, nyatanya air mineral bisa membuat pengeluaranmu lebih sedikit. Hal ini karena saat makan kamu gak usah membayar lagi untuk minumannya karena sudah membawa air mineral ke mana-mana. Jika kebiasaan ini terus diterapkan maka dalam sebulan kamu bisa menghemat uang sebanyak Rp100 ribuan lho. Sangat lumayan kan?

2. Irit seminggu sekali

Ini 5 Strategi Hemat di Pertengahan Bulan yang Gak Bikin Sengsara!Pexels/Pixabay

Jika kamu merasa susah coba saja terapkan irit hanya seminggu sekali saja. Misal pada hari tertentu kamu tidak membeli apapun dan makan pun hanya ala kadarnya saja. Jika kamu mulai terbiasa maka kamu bisa menambah hari iritmu menjadi dua hari dan seterusnya. Dengan begitu kamu bisa menabung dan cukup membeli barang-barang yang memang dibutuhkan saja kan?

Baca Juga: 5 Tips Jitu Kelola Uang yang Harus Diterapkan, Hemat Bukan Wacana Lagi

3. Siapkan menu makanan atau bawa bekal untuk satu minggu

Ini 5 Strategi Hemat di Pertengahan Bulan yang Gak Bikin Sengsara!instagram.com/imahnini/

Cara ideal untuk berhemat adalah dengan memasak sendiri dan membawa bekal ke kantor atau kampus. Namun sebagian orang mengeluh karena memasak memang merepotkan. Jika kamu tidak mampu memasak, maka lebih baik rencanakan akan makan apa saja dalam satu minggu.

Misal hari ini beli nasi goreng di warung Pa A dan besoknya beli nasi soto di warung Pak B dan seterusnya sampai weekend. Dengan begitu kamu bisa tahu pasti seberapa besar pengeluaranmu dan mencegah untuk berfoya-foya di tengah bulan. Namun jika kamu merasa bosan, maka masak sendiri adalah alternatif terbaik.

4. Tarik tunai seminggu sekali saja

Ini 5 Strategi Hemat di Pertengahan Bulan yang Gak Bikin Sengsara!Pexels/Dom

Cobalah untuk memprediksi seberapa besar kamu menghabiskan uang per minggunya. Jika sudah tahu maka baiknya lakukan tarik tunai seminggu sekali saja. Hal ini efektif agar kamu makin hemat karena dirimu sendiri melarang melakukan tarik tunai pada hari yang tidak diizinkan.

Cukup seminggu sekali tentunya membuat otakmu berpikir bagaimana cara hidup sederhana. Jika kamu masih boros tentunya kamu akan mendapatkan hukuman saat week end tidak bisa hang out kemana-mana karena uang tunaimu telah habis.

5. Unduh aplikasi hemat untuk keuangan

Ini 5 Strategi Hemat di Pertengahan Bulan yang Gak Bikin Sengsara!Pixabay/stevepb

Ada kalanya kamu membutuhkan sebuah aplikasi agar kamu mampu berhemat. Aplikasi ini akan memberikan persentasi seberapa banyak uang yang kamu gunakan per bulannya. Dengan begitu kamu pun mampu memperhitungkan berapa nominal uang normal yang perlu kamu keluarkan per bulan tanpa harus kebablasan dan akhirnya menjadi boros.

Kamu pun bisa membandingkan berapa banyak pengeluaran setiap bulannya dan bagaimana mengatur strategi agar mampu berhemat di tengah bulan.

Yuk dicoba!

Baca Juga: 7 Trik Hemat Budget Membuat Rumah Terlihat Lebih Mewah dan Elegan

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya