Comscore Tracker

Segera Sadari, 5 Sikap Terlalu Baik Ini Bikin Kamu Dimanfaatkan Orang!

#GoodLife Baik itu perlu tapi harus ada batasannya!

Kita memang harus berbuat baik kepada orang lain, namun dalam berbuat baik kita tetap harus mempunyai batasan. Kita tak boleh terlalu baik sehingga kita dimanfaatkan dan tentunya kita merugi. Ada beberapa sikap yang harus kamu hindari agar tak dimanfaatkan orang lain, 5 sikap ini misalnya supaya kamu gak rugi!

1. Selalu minta maaf meski gak salah

Segera Sadari, 5 Sikap Terlalu Baik Ini Bikin Kamu Dimanfaatkan Orang!Pexels/Christina Morillo

Biasakan untuk meminta maaf jika salah saja karena bila kita tak salah tetapi selalu minta maaf, lambat laun kita akan ditindas karena kita terlihat lemah dan biasanya orang lemah selalu ditindas orang lain. So, biasakan jangan selalu minta maaf kalau tak salah ya!

2. Terlalu pemurah sehingga dimanfaatkan orang

Segera Sadari, 5 Sikap Terlalu Baik Ini Bikin Kamu Dimanfaatkan Orang!Pexels/Rawpixels

Dalam hidup kita memang perlu bersikap pemurah dan selalu membantu kesulitan orang. Namun bersikap pemurah pun ada batasnya, jangan sampai kamu malah dimanfaatkan karena terlalu baik dan pemurah terhadap orang lain ya!

Baca Juga: Gak Pelit dan Baik Hati, Ini 5 Zodiak yang Terkenal Hobi Traktir Teman

3. Selalu memaafkan orang-orang yang terlalu mengecewakan dirimu

Segera Sadari, 5 Sikap Terlalu Baik Ini Bikin Kamu Dimanfaatkan Orang!Pexels/Tobi

Kadang kita pun harus memberikan pelajaran kepada orang yang selalu mengecewakan kita, bukan hanya memaafkannya. Jika kita terlalu lembek dan memaafkannya dengan cuma-cuma, ia pasti akan terus mengulangi kesalahannya dan tak pernah introspeksi diri.

Daripada kita semakin kecewa, lebih baik kita bersikap tegas agar orang-orang yang telah mengecewakan kita tak berbuat semena-mena pada kita. Bersikap baik ada batasnya bukan?

4. Mudah percaya ucapan orang

Segera Sadari, 5 Sikap Terlalu Baik Ini Bikin Kamu Dimanfaatkan Orang!Pexels/Helena Lopez

Hanya karena tak mau berpikiran negatif terhadap orang lain, bukan berarti kita percaya begitu saja tanpa sedikitpun curiga. Karena apa? Zaman sekarang orang yang benar-benar berhati mulia itu langka, sehingga kita tetap harus curiga meskipun dalam hati kecil kita memang kita tak seharusnya berprasangka buruk. Namun jika bersikap waspada sepertinya itu sebuah keharusan bukan?

5. Menerima perlakuan usil seseorang sampai akhirnya kamu benar-benar terbully

Segera Sadari, 5 Sikap Terlalu Baik Ini Bikin Kamu Dimanfaatkan Orang!Pexels/Pixabay

Karena saking inginnya berbuat baik, kamu menjadi orang yang lembek dan menerima saja semua perlakuan usil seseorang yang akhirnya kamu terbully. Padahal, ini adalah jenis kebaikan yang tak seharusnya dilakukan karena akan merugikan kita sendiri. Berbuat baiklah tapi jangan berlebihan, karena bila terlalu baik pada akhirnya kita akan dimanfaatkan dan segala sesuatu yang berlebihan itu sama sekali tak baik.

Baca Juga: 5 Alasan Kadang Lebih Baik Bersikap 'Masa Bodoh' Sama Komentar Orang

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You