Comscore Tracker

Jangan Lapar Mata, Terapkan 5 Tips Berikut Saat Belanja Bulanan!

Pastikan untuk membeli barang yang memang kamu butuhkan!

Sudah menjadi sebuah kebutuhan biasanya barang akan habis sebulan sekali. Entah itu makanan pokok, deterjen atau barang-barang lainnya tentu kamu harus segera membelinya. Namun pastikan saat belanja bulanan kamu gak membeli barang secara berlebihan hingga akhirnya kamu kalap. Yuk terapkan saja lima tips di bawah ini supaya pengeluaranmu tetap wajar dan mampu berhemat!

1. Buat list barang belanjaan yang memang kamu butuhkan

Jangan Lapar Mata, Terapkan 5 Tips Berikut Saat Belanja Bulanan!Pexels.com/EVG Photos

Sebelum pergi belanja, coba deh buat dulu list atau daftar barang yang akan kamu beli dan memang benar-benar kamu butuhkan supaya kamu gak perlu bingung dan lupa saat sudah sampai pasar atau swalayan. Membuat daftar barang yang akan dibeli pun bisa meminimalisir kamu membeli barang semaunya tanpa dipikir dulu lho!

2. Hitung jumlah uang yang dikeluarkan

Jangan Lapar Mata, Terapkan 5 Tips Berikut Saat Belanja Bulanan!Pexels.com/Pixabay.com

Jangan terlalu percaya kepada penjual atau pegawai swalayan saat membeli barang. Hitunglah kembali berapa harga total semua barang yang kamu beli. Siapa tahu ada salah perhitungan dan salah uang kembalian. Setidaknya jika kamu mampu berpikir jeli kamu gak akan dirugikan.

Baca Juga: 5 Tips Biar Hemat Buat Kamu yang Suka Belanja di Online Shop

3. Belanja saat perut dalam kondisi kenyang

Jangan Lapar Mata, Terapkan 5 Tips Berikut Saat Belanja Bulanan!Pexels.com/Craig Aderley

Ketika memutuskan untuk belanja bulanan jangan dalam kondisi perut sedang lapar. Hal ini malah akan membuatmu lapar mata dan akhirnya membeli barang semaunya tidak benar-benar sesuai yang dibutuhkan. Belanjalah saat perut kenyang agar kamu mampu berpikir jernih dan benar-benar membeli barang sesuai kebutuhan

4. Berbelanja saat santai

Jangan Lapar Mata, Terapkan 5 Tips Berikut Saat Belanja Bulanan!Pexels.com/Clem Onojeghuo

Jangan belanja saat pasar atau swalayan mau tutup karena kamu pasti tak akan nyaman untuk berbelanja. Ada baiknya belanja saat kamu sedang santai atau memiliki waktu luang saja. Dengan begitu kamu tidak akan merasa terburu-buru dan mampu memilah serta memilih barang dengan baik sesuai kebutuhan.

5. Belanja di tempat yang sudah menjadi langganan

Jangan Lapar Mata, Terapkan 5 Tips Berikut Saat Belanja Bulanan!Pexels.com/Min An

Daripada belanja di tempat yang baru dan kamu belum kenal seputar lingkungannya lebih baik kamu belanja di tempat langganan saja. Selain sudah hafal kisaran harganya, kamu juga bisa lebih mudah menawar kepada penjual. Biasanya jika kamu sudah menjadi pelanggan bukan hal yang sulit untuk menawar barang agar lebih murah.

Asalkan kamu niat dan mau menerapkan lima tips di atas pasti deh uangmu tak akan cepat habis karena kalap belanja!

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Milenial Mikir Dua Kali Saat Belanja

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You