Comscore Tracker

Belajar Online Gak Bikin Stres Kalau Sudah Ada 5 Hal Ini, Setuju? 

Pasti repot nih kalau gak ada yang nomor 5!

Jakarta, IDN Times - Tahun ini pelajar memang lagi ‘ditantang’ dengan beradaptasi untuk belajar secara online selama masa pandemik. Di awal memang butuh banyak penyesuaian apalagi buat para pelajar yang belum terbiasa dengan konsep homeschooling”. Gak jarang, hal ini justru jadi sumber stres, kamu pernah merasakannya?

Tapi, belajar online bakal terasa lebih menyenangkan kalau kamu tahu trik-trik untuk menyiasatinya. Nah, pastikan kamu baca artikel ini sampai selesai ya. Biar momen belajar online kamu gak bikin kamu tegang apalagi stres. Check this out!

1. Jangan sampai overthinking karena kuota internet

Belajar Online Gak Bikin Stres Kalau Sudah Ada 5 Hal Ini, Setuju? Shutterstock/dodotone

Namanya juga belajar online, sudah pasti kuota internet jadi modal utama untuk bisa terhubung dengan proses belajar. Masalahnya gak sedikit nih yang merasa paket internet terlalu mahal untuk bisa mengakomodasi lima hari aktif belajar selama sekolah online di rumah. 

Tapi tenang, tugas kamu hanya belajar yang tekun, karena Indosat Ooredoo dan pemerintah sudah memberikan bantuan kuota data internet untuk mempermudah proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Ini juga sebagai bentuk komitmen Indosat Ooredoo untuk terus mendukung kebijakan pemerintah Republik Indonesia. Jadi, sekarang setiap bulannya pengguna IM3 Ooredoo yang sudah mendaftarkan nomor ponsel yang dimiliki ke sekolah atau kampus sudah bisa memanfaatkan bantuan kuota data internet tersebut untuk pembelajaran daring. Bye-bye overthinking!

Baca Juga: Suka-Duka Millennial Saat Menjalani Belajar Online 

2. Berbagai channel dan platform edukasi bisa jadi ‘obat’ bosan

Belajar Online Gak Bikin Stres Kalau Sudah Ada 5 Hal Ini, Setuju? Shutterstock/shop_by

Walau sudah lebih dari tujuh bulan belajar di rumah, masih ingat kan bagaimana sebelumnya kamu harus sekolah dari pukul 7 pagi sampai jam 3 sore maksimal untuk mengikuti berbagai mata pelajaran atau mata kuliah pada hari itu? Nah, salah satu kelebihan dari pembelajaran online adalah kamu bisa punya jam yang lebih fleksibel, artinya kamu juga punya waktu lebih banyak buat mengikuti kelas-kelas lain yang ingin kamu eksplor.

Pas banget nih, mulai bulan September 2020, besaran bantuan kuota data internet yang didapatkan oleh pengguna IM3 Ooredoo akan bervariasi sesuai dengan jenjang pendidikan. Bahkan untuk tingkat PAUD juga akan mendapatkan kuota total 20 GB yang terdiri dari kuota 5 GB untuk akses ke semua, dan kuota belajar 15 GB yang bisa digunakan untuk mengakses aplikasi dan situs belajar daring. Sementara untuk pelajar bisa memperoleh total kuota sebesar 35 GB, 5 GB untuk akses ke semua dan 30 GB untuk kuota belajar. Ikut zoom learning lama-lama gak bikin kamu was-was deh!

3. Sesekali quiz atau ice breaking game dari guru bisa jadi mood booster

Belajar Online Gak Bikin Stres Kalau Sudah Ada 5 Hal Ini, Setuju? Shutterstock/aslysun

Gak hanya muridnya saja yang harus beradaptasi, para pengajar juga semacam dipaksa untuk keluar zona nyaman dengan memulai pembelajaran online nih tahun ini. Untuk itu banyak guru-guru yang mulai mempraktikkan pembelajaran kreatif dari bermain game, quiz bahkan memberikan referensi-referensi bahan ajar lewat internet. Hal ini tentu membutuhkan banyak kuota internet yang lancar ya, guys.

Tapi semangat bapak ibu guru untungnya diakomodasi dengan baik oleh Indosat Ooredoo yang telah memberikan kuota internet dengan total 42 GB, 5 GB untuk akses ke semua dan kuota belajar 37 GB, serta total kuota 50 GB untuk Mahasiswa dan dosen yang terdiri dari 5 GB akses ke semua dan kuota belajar 45 GB. Gak hanya muridnya saja, kalau begini para pengajar juga akan jadi lebih semangat nih!

4. Penjelasan yang jelas dan detail walau harus mengakses banyak edu-app

Belajar Online Gak Bikin Stres Kalau Sudah Ada 5 Hal Ini, Setuju? Shutterstock/anek.soowannaphoom

Saat melakukan pembelajaran online, kita jadi sadar akan suatu hal, komunikasi yang dilakukan secara langsung ternyata punya efek yang berbeda jika dilakukan secara virtual. Gak heran jika mungkin ada beberapa di antara kamu yang butuh beberapa kali mengulang pelajaran agar bisa benar-benar paham materi pelajaran yang disampaikan. Makanya, penjelasan yang jelas dan detail bisa banget bikin kita lebih happy saat sekolah online, setuju?

Buat mendapatkan penjelasan materi dengan cara yang kamu inginkan, coba deh belajar dari banyak sumber misalnya seperti edu-app. Jangan khawatir masalah kuota tambahan, karena bantuan kuota data internet IM3 Ooredoo juga bisa digunakan untuk mengakses aplikasi belajar online seperti Ruangguru, Zenius, Quipper, Rumah Belajar, Google Classroom, serta ke lebih dari 300 portal universitas di Indonesia yang bisa digunakan selama 24 jam. Asyik!

5. Bisa join kelas online gratis jadi cara coping mechanism yang produktif

Belajar Online Gak Bikin Stres Kalau Sudah Ada 5 Hal Ini, Setuju? Shutterstock/Nutlegal Photographer

Selama pandemik istilah “coping mechanism” jadi hits nih. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk mengurangi stres. Wajar sih, di masa pandemik di mana kita harus meminimalisir kegiatan di luar rumah dan bertemu dengan teman rentan membuat kita stres. Tapi, untungnya banyak orang yang menemukan coping mechanism dengan cara yang produktif seperti dengan mengikuti kelas online gratis.

IM3 Ooredoo juga sudah menyediakan paket pintar bagi pelajar, mahasiswa, dan pengajar untuk mendapatkan kuota belajar lebih banyak melalui paket IMClass dengan kuota 30 GB hanya Rp1,- yang bisa digunakan untuk mengakses platform belajar online populer dan portal edukasi universitas- universitas di Indonesia. Paket IMClass dapat dinikmati kapan saja, di mana saja dengan masa aktif 30 hari dan kamu bisa dengan mudah mendapatkannya melalui aplikasi myIM3. Siapa tahu kamu bisa menambah keahlian baru ‘kan?

Buat kamu yang mau ingin mendapatkan bantuan kuota data internet IM3 Ooredoo, kamu bisa mengubah data nomor handphone menjadi nomor IM3 Ooredoo yang masih bisa dilakukan melalui admin sekolah atau perguruan tinggi masing-masing untuk dapat menerima bantuan kuota data internet di bulan berikutnya, Desember 2020. Sedangkan buat yang sudah menggunakan IM3 Ooredoo kamu gak perlu ganti kartu untuk mendapat bantuan kuota belajar ini. 

Terkait bantuan kuota internet dari Indosat Ooredoo ini juga ditegaskan oleh Bayu Hanantasena selaku Chief Business Officer Indosat Ooredoo. Ia mengungkapkan bahwa Indosat Ooredoo melalui IM3 Ooredoo sejak awal terus mendukung para pelajar dan pengajar agar tetap semangat belajar online di rumah. 

”Kami sangat senang dapat kembali bersama-sama membantu pemerintah dalam pendistribusian bantuan kuota data internet untuk memastikan bahwa pendidikan di Indonesia dapat tetap bisa berlangsung meski dalam kondisi yang sulit,” tegas Bayu. Untuk tahu informasi lebih lanjut mengenai Bantuan Kuota Data Internet dan Paket IMClass Rp1,-, dapat mengunjungi indosatooredoo.com/id/personal/info/kuota-bantuan-belajar, aplikasi myIM3, atau tekan *123*075# untuk cek kuota belajar. Yuk semangat belajar walau dari rumah!

Baca Juga: Efektif! 6 Tips Belajar Online Semasa Pandemi COVID-19

Topic:

  • Anindya Roswita Putri

Berita Terkini Lainnya