Comscore Tracker

Bukan Hobi, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berhenti Jadi Orang Mager

Yuk, hindari kebiasaan mager untuk hidup lebih baik lagi

Istirahat bisa saja berubah menjadi kata ‘mager’ jika kamu melakukannya secara berkepanjangan dan terus menerus menganggap bahwa tubuhmu sudah waktunya untuk bersantai. Pada akhirnya, mager alias males gerak sudah menjadi kebiasaan. Padahal, mager bukanlah suatu hal yang baik.

Jadi, sebaiknya kamu memang harus berhenti untuk terus-terusan mager. Lantas, apa saja alasan kenapa kamu harus berhenti jadi orang mager? Yuk, simak penjelasan berikut.

1. Mager membuatmu dua langkah tertinggal dari orang lain

Bukan Hobi, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berhenti Jadi Orang MagerUnsplash.com/Arturo Castaneyra

Mager bisa kita sebut pula sebagai bagian dari sifat pemalas. Sifat pemalas inilah yang membuatmu menjadi tertinggal dari orang lain dalam segi apa pun, salah satunya dalam mengejar impian.

Meski dari sisi lain malas membuatmu nyaman dan tak memiliki beban, tetapi hal itu hanya berlaku sebentar, kemudian ke depannya kamu justru akan mendapatkan banyak pekerjaan yang harus diselesaikan untuk mengejar ketertinggalan.

Bayangkan saja, ketika orang lain telah berhasil menggapai impiannya, kamu justru baru memulai atau bahkan masih bingung untuk memulai.

2. Kamu memiliki banyak pekerjaan yang harus diselesaikan tanpa ditunda-tunda

Bukan Hobi, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berhenti Jadi Orang MagerUnsplash.com/Linh Nguyen

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, mager akan membuat pekerjaanmu menumpuk dan semakin menumpuk. Kamu tidak boleh terus menerus menunda pekerjaanmu dan mengerjakannya saat mepet deadline, karena pekerjaanmu tidak hanya satu, melainkan banyak.

Sangat tidak efektif jika kamu mengerjakan semua pekerjaan itu secara bersamaan di deadline yang juga sama, bukankah hasilnya pun akan tidak sempurna? Oleh karena itu, mager akan membuatmu terus menerus menunda segala hal dan mendapatkan hasil akhir yang kurang maksimal, padahal sebenarnya kamu bisa melakukan semua itu lebih awal.

Baca Juga: Kamu Termasuk Kaum Rebahan? Ini 5 Langkah Biar Gak Mager Lagi!

3. Sifat tidak disiplin dan pesimis secara perlahan akan terbentuk

Bukan Hobi, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berhenti Jadi Orang MagerUnsplash.com/Tom Morel

Sifat pemalas juga secara tidak langsung akan membentuk kepribadian yang tidak disiplin dan pesimis dalam dirimu. Awalnya, sifat mager memang terlihat sepele, tetapi lama kelamaan dengan kebiasaanmu yang selalu menunda pekerjaan, maka kamu akan menjadi orang yang tidak disiplin terhadap sesuatu hal.

Disiplin memiliki peran yang cukup besar dalam kehidupan, maka ketika seseorang tidak disiplin, kehidupannya pun otomatis akan berjalan tanpa terorganisasi dan terstruktur dengan baik. Selain itu, kebiasaan mager ini juga membentuk ketidakyakinan pada dirimu, karena kamu seringkali merasa ragu melakukan pekerjaan saat itu juga.

4. Kamu akan dipandang rendah oleh orang lain

Bukan Hobi, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berhenti Jadi Orang MagerUnsplash.com/Jose A.Thompson

Hal ini sejalan dengan sifat tidak disiplin dan pesimis yang terbentuk dari kebiasaan mager, adanya sifat-sifat negatif tersebut membuatmu dipandang rendah oleh orang lain. Kemudian, hal itu bisa saja membuat rekanmu tidak lagi mau menjadi partner untukmu saat mengerjakan tugas sekolah, kuliah, ataupun kantor, karena mereka telah mengetahui sifatmu yang tidak bisa menghargai banyak hal termasuk waktu.

5. Memiliki relasi yang sempit dan ruang lingkup pertemanan yang kecil

Bukan Hobi, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berhenti Jadi Orang MagerUnsplash.com/Helena Lopes

Mager juga membuatmu memiliki relasi yang sempit dan ruang lingkup pertemanan yang kecil, karena kamu lebih nyaman menghabiskan waktu untuk rebahan atau bersantai di rumah, ketimbang melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat atau menghadiri acara yang membuat wawasanmu bertambah.

Kebiasaan magermu membuatmu malas mengikuti organisasi atau komunitas yang mampu mengembangkan potensimu, pada akhirnya kamu tak memiliki hubungan yang luas dengan lingkungan sekitar.

Nah, itulah 5 alasan kenapa kamu harus berhenti jadi orang mager, karena sejatinya mager bukanlah sebuah hobi. Kebiasaan mager harus bisa kita hindari untuk dapat menjalani kehidupan yang lebih baik lagi. Yuk, mulai untuk gak mager lagi!

Baca Juga: Mager Beraktivitas? Lakukan 7 Hal Ini Agar Kamu Kembali Produktif

Riani Inair Photo Writer Riani Inair

XOXO

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya