Comscore Tracker

#GreenBeauty 5 Ide Bagus untuk Aksi Peduli Lingkungan Bareng Komunitas

Tambah teman, jaga lingkungan!

Salah satu cara dalam aksi peduli lingkungan yakni dengan menggunakan produk-produk ramah lingkungan. Aksi peduli lingkungan juga mencakup banyak hal selain mendukung produk-produk yang peduli dengan kelestarian alam tersebut.

Tindakan menjaga lingkungan ini harus dilakukan oleh siapa saja, baik diri sendiri sebagai konsumen, orang-orang di sekitar kita, hingga pihak produsen sekalipun, seperti Garnier yang menerapkan aksi peduli terhadap kelestarian lingkungan dengan meluncurkan kampanye #GarnierGreenBeauty mereka. Komitmen Garnier Green Beauty itu dapat kamu akses lebih lengkap di laman https://www.garnier.co.id/greenbeauty.

Melakukan tindakan yang berdampak positif bagi lingkungan sebagai bentuk #OneGreenStep dapat dilaksanakan dengan berbagai cara yang menyenangkan, apalagi jika bersama teman-teman seperti lima aksi berikut ini.

1. Mengadakan gerakan menanam pohon untuk melindungi kelestarian alam

#GreenBeauty 5 Ide Bagus untuk Aksi Peduli Lingkungan Bareng Komunitasilustrasi menanam pohon (unsplash.com/Sandie Clarke)

Gerakan menanam pohon sudah cukup sering kita dengar. Banyak komunitas yang mengadakan aksi tanam pohon ini sebagai kontribusi mereka terhadap kelestarian alam. Bahkan, gak hanya komunitas terkait lingkungan, tapi juga komunitas yang gak ada hubungannya dengan lingkungan pun melakukan tindakan peduli lingkungan seperti ini.

Gerakan menanam pohon tentunya sangat bermanfaat dalam upaya melestarikan lingkungan. Melakukannya bersama-sama dengan teman sefrekuensi pun akan jadi tambah menyenangkan. Karena itu, aksi ini bisa menjadi pilihan seru untuk mengisi jadwal komunitasmu. Jadi, sudah siap belum?

2. Mengumpulkan sampah di area tertentu untuk menjaga kebersihan lingkungan

#GreenBeauty 5 Ide Bagus untuk Aksi Peduli Lingkungan Bareng Komunitasilustrasi mengumpulkan sampah (unsplash.com/Brian Yurasits)

Pernahkah kamu menemukan sampah berserakan di tempat tertentu? Mungkin di jalanan, tempat wisata, atau sekeliling rumah. Nah, hal ini dapat menjadi ide bagus untuk kamu lakukan bersama teman-temanmu. Kalian bisa merencanakan aksi mengumpulkan sampah di tempat dan waktu tertentu, misalnya saat berlibur di pantai.

Sampah-sampah yang berhasil kalian kumpulkan bisa menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat, lho. Pilah sampah-sampah tersebut, lalu kamu bisa gunakan untuk daur ulang (recycle), kerajinan, atau dikirimkan pada pengepul seperti eRecycle yang menerima limbah plastik, kertas, hingga kaca bagi warga Jabodetabek. Kamu juga bisa memperoleh reward yang dapat ditukar jadi uang atau didonasikan dari aplikasi eRecycle, lho!

Baca Juga: #GreenBeauty 5 Tips Memilih Skin Care Ramah Lingkungan untuk Jaga Bumi

3. Mempromosikan kampanye aksi peduli lingkungan dengan berbagai karya

#GreenBeauty 5 Ide Bagus untuk Aksi Peduli Lingkungan Bareng KomunitasSeorang laki-laki memegang kamera. (unsplash.com/Angelo Abear)

Siapa yang punya komunitas pegiat fotografi? Kamu bisa mengajak mereka untuk berburu foto dengan tema alam atau mengambil dokumentasi saat melakukan kegiatan peduli lingkungan yang kemudian dipublikasikan sebagai bentuk promosi aksi peduli lingkungan.

Gak hanya hasil foto, kamu yang gak jago foto pun bisa berkontribusi dengan membuat atau membagikan poster atau tulisan terkait pentingnya peduli lingkungan. Apapun bentuk karya yang dihasilkan bisa menjadi sesuatu yang dapat digunakan sebagai bahan promosi di berbagai platform, seperti media sosial. 

4. Menggalang sandangan layak pakai untuk dibagikan ke pihak yang membutuhkan

#GreenBeauty 5 Ide Bagus untuk Aksi Peduli Lingkungan Bareng Komunitasilustrasi donasi (unsplash.com/Joel Muniz)

Aktivitas ini juga gak kalah seru untuk kamu lakukan bersama komunitasmu. Kalian bisa mengumpulkan pakaian-pakaian yang masih layak dipakai tapi sudah tidak digunakan lagi oleh pemiliknya. Daripada dibiarkan begitu saja, lebih bermanfaat jika diberikan kepada pihak yang membutuhkan.

Selain mengurangi kerentanan pencemaran lingkungan secara tidak langsung akibat barang-barang yang ‘dibuang’, gerakan donasi ini juga merupakan aksi peduli sosial. Gak hanya itu, tindakan mengumpulkan pakaian tersebut bisa juga mengurangi kegelisahan pemiliknya karena bingung akan dikemanakan serta menumbuhkan kesadaran terhadap masyarakat untuk peduli sesama.

5. Mengajak keluarga dan tetangga untuk mematikan lampu di waktu tertentu

#GreenBeauty 5 Ide Bagus untuk Aksi Peduli Lingkungan Bareng Komunitaskota di malam hari (unsplash.com/Henry Chen)

Kalau gak bisa ke mana-mana, kamu bersama komunitasmu pun dapat melakukan aksi baik di rumah saja kok. Misalnya dengan mengajak anggota keluarga dan tetangga terdekat untuk melakukan earth hour, yakni mematikan lampu/listrik selama beberapa saat sesuai yang ditentukan.

Hanya dengan mematikan listrik selama satu jam, kita dapat berkontribusi dalam menghemat penggunaan energi yang mana bisa berpengaruh pada jumlah emisi karbon dioksida, pemanasan global, dan perubahan iklim. Melakukan tindakan kecil juga bisa bermanfaat untuk hal besar, bukan?

Melalui artikel ini, #GarnierxIDNTimes ingin mengajak kamu untuk berpartisipasi dalam menjaga kelestarian lingkungan. Dengan beberapa pilihan aktivitas seru bersama komunitas di atas, aksi peduli lingkungan mana yang akan kamu dan teman-temanmu lakukan?

Baca Juga: #GreenBeauty Pasti Bisa! Merawat Diri dan Bumi dengan 5 Cara Sederhana

Indy Mabarroh Photo Verified Writer Indy Mabarroh

02

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya