Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kita Lebih Suka Berbagi Rahasia kepada Orang Asing

Jangan sembarangan berbagi rahasia, ya

Satu-satunya cara agar rahasia tidak diketahui orang lain adalah dengan menyimpannya seorang diri. Namun tak semua rahasia harus disimpan sendiri. Terkadang, ada beberapa rahasia yang ingin kita bagi kepada orang terdekat, namun rasanya kelu untuk dikatakan.

Tanpa disadari, terkadang kita lebih mudah berbagi 'rahasia' tadi dengan orang asing yang baru kita kenal beberapa jam atau beberapa hari lalu. Ada beberapa tipe orang yang suka melakukan hal tersebut karena beberapa alasan seperti di bawah ini.

1. Merasa lebih nyaman berbagi rahasia dengan orang asing daripada dengan orang terdekat

5 Alasan Mengapa Kita Lebih Suka Berbagi Rahasia kepada Orang Asingpixabay.com/StockSnap

Ketika kita sedang berbagi rahasia kepada orang asing, orang tersebut akan melontarkan tanggapan berdasarkan sudut pandang mereka. Umumnya, hal ini dilakukan dengan tujuan agar kita bisa merasa lebih nyaman dalam obrolan tersebut.

Orang-orang yang memiliki kepedulian tinggi akan menambahkan tanggapannya dengan mencoba untuk memberi opini tentang apa yang kira-kira bisa kita lakukan. Bahkan, beberapa kriminal yang menggunakan kesempatan ini dengan tujuan negatif pun melakukan hal yang sama, agar bisa mendapatkan informasi pribadi seseorang.

Tapi, tidak semua orang melakukan hal yang sama. Karena sebagian besar orang melakukan hal tersebut hanya untuk membuat suasana mencair dan tidak canggung.

2. Merasa memiliki hubungan yang intim dengan orang lain

5 Alasan Mengapa Kita Lebih Suka Berbagi Rahasia kepada Orang Asingpixabay.com/Vladvictoria

Pernahkah kalian bertemu dengan seseorang di halte atau transportasi umum, lalu membangun komunikasi selayaknya orang yang sudah lama kenal? Nah, ketika kalian membangun komunikasi tadi, kalian pasti secara tidak sadar akan berbagi rahasia yang kalian miliki kepada orang tersebut karena tiba-tiba merasa intim dengan bahan komunikasi dan situasi yang ada.

Situasi seperti tadi mampu membuat kalian keliru dan bisa memicu kalian untuk berbagi rahasia yang sebenarnya lebih baik dibagikan kepada orang terdekat saja.

Baca Juga: 5 Rahasia Ini Tidak Boleh Kamu Ceritakan pada Orang Lain, Kenapa?

3. Orang asing tidak benar-benar mengenal siapa diri kita sebenarnya

5 Alasan Mengapa Kita Lebih Suka Berbagi Rahasia kepada Orang Asingpixabay.com/StockSnap

Alasan ini adalah salah satu alasan yang paling sering kita berikan ketika ditanya, mengapa kita bisa terlalu terbuka dengan orang asing. Alasan ini seperti alasan paling logis dan patut untuk dipertimbangkan.

Beberapa dari kita memutuskan untuk melampiaskan emosi dengan berbagi rahasia kepada orang asing, yang notabenenya tidak benar-benar mengenal siapa diri kita sebenarnya dan apa yang pernah terjadi sebelumnya. Momentum yang pas juga memicu kita untuk membuka diri dengan berbagi rahasia tersebut.

4. Merasa tidak takut mendapat penghakiman

5 Alasan Mengapa Kita Lebih Suka Berbagi Rahasia kepada Orang Asingpixabay.com/chulmin1700

Tidak ada orang yang mau mendapatkan penghakiman ketika sedang berbagi keluh kesahnya. Ketika kita memutuskan untuk berbagi rahasia kepada orang lain, maka saat itu juga kita merasa tidak takut di-judge, karena orang asing cenderung tidak mengetahui siapa diri kita sebenarnya Orang asing tadi bisa dijadikan tempat bersandar sejenak, tanpa perasaan perlu berhati-hati karena takut dengan prasangka mereka.

Hubungan tadi pun membuat apa yang kita ceritakan kepada orang lain bisa mengalir dengan lancar. Berbeda dengan saat kita berbagi rahasia kepada orang yang kita kenal. Terkadang, kita malah jadi sulit membedakan mana cerita yang benar-benar mereka dengarkan dan mana cerita yang nantinya justru akan menjadi bahan omongan di belakang.

5. Adanya hubungan timbal balik yang membuat seseorang bisa bercerita lebih banyak tentang rahasia mereka

5 Alasan Mengapa Kita Lebih Suka Berbagi Rahasia kepada Orang Asingpixabay.com/StockSnap

Selain karena perasaan intim dan nyaman, kita juga bisa lebih mudah terbuka dengan orang lain karena adanya hubungan timbal balik antara kita dengan orang asing tersebut. Kita suka tidak sadar memberikan banyak informasi kepada orang lain karena terlalu asyik mengobrol. Sesekali kita juga akan memberikan opini kita terhadap rahasia yang disampaikan orang asing, begitu pun sebaliknya.

Hubungan timbal balik itu membuat kita percaya, bahwa orang asing yang sedang mendengarkan rahasia kita adalah orang yang bisa dipercaya. Perasaan itu timbul begitu saja karena kedekatan yang sudah tercipta, membuat kita dan mereka bisa berbagi lebih banyak rahasia yang mungkin sudah lama sekali dipendam seorang diri.

Meskipun bercerita kepada orang asing cukup membantu kita untuk mengusir kepenatan dan membuat kita jauh merasa lebih lega dari sebelumnya namun, kita juga perlu berhati-hati. Bagaimana pun juga, orang asing itu tetaplah orang lain yang juga tidak kita kenal dengan baik. Kita juga tidak mengetahui siapa mereka sebenarnya dan apa maksud serta tujuan mereka mendengarkan rahasia kita.

Baca Juga: 6 Tindakan yang Orang Harapkan Ketika Sedang Curhat, Jagalah Rahasia! 

Ines Sela Melia S. Photo Verified Writer Ines Sela Melia S.

Dengan menulis saya 'bersuara'. Dengan menulis saya merasa bebas.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya