Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Wajib Mendaki Gunung Meski Sekali Seumur Hidup

Yuk, agendakan dari sekarang!

Mendaki gunung menjadi bagian dari hobi beberapa orang. Trek seganas apa pun bagi mereka bukan penghalang untuk mengurungkan niatnya hingga mencapai puncak ketinggian. Namun, tak sedikit pula yang gak memberanikan diri untuk mendaki dengan berbagai alasan.

Inilah, lima alasan mengapa kamu wajib mendaki gunung sekali seumur hidup meski itu bukan bagian dari hobimu.

1. Udara segar sudah sulit di dapatkan

5 Alasan Kamu Wajib Mendaki Gunung Meski Sekali Seumur Hidupunsplash.com/@hollymandarich

Udara saat ini terbilang sudah tidak bersahabat lagi dengan kita terlebih di kota-kota besar yang notabene mobilitas sangat tinggi. Udara segar yang amat berharga dan sulit di dapat saat diperkotaan, di pegunungan kamu begitu bebas menikmatinya, tanpa polusi sedikit pun.

Banyak banget manfaat yang akan kamu dapatkan ketika menghirup udara segar, seperti; oksigen masih murni, meningkatkan sistem imun, meningkatkan energi dalam tubuh, menghilangkan stres dan mendapatkan ketenangan.

2. Menumbuhkan rasa solidaritas dan tanggung jawab

5 Alasan Kamu Wajib Mendaki Gunung Meski Sekali Seumur Hidupunsplash.com/@bradbarmore

Mendaki gunung dapat meningkatkan rasa solidaritas dan tanggung jawab dalam dirimu semakin besar. Sifat tersebut muncul secara alamiah. Tanpa pamrih, melihat teman yang kesulitan kamu menolongnya dan tanpa banyak mengeluh kamu konsisten berjuang untuk mengapai tujuan, puncak ketinggian.

3. Melatih fisik dan mental

5 Alasan Kamu Wajib Mendaki Gunung Meski Sekali Seumur Hiduppexels.com/@pixabay

Ajang pembuktian, apakah fisikmu kuat dengan tantangan yang berat dan ajang pembuktian pula apakah kamu akan menyerah begitu saja dengan melihat trek yang dirasa sulit. Mendaki gunung menjadi media untuk menguji fisik dan mental kamu. 

Nah, dari sini pula kamu akan mendapatkan pembelajar hidup yang sangat berharga, mendaki gunung akan mengajarkan kamu gak menyerah begitu saja pada keadaan dan tetap fokus pada tujuan hingga tujuan tersebut tercapai.

Baca Juga: 5 Destinasi Liburan Terbaik untuk Pecinta Hiking, Kudu Mampir!

4. Melihat indahnya dunia lebih jauh

5 Alasan Kamu Wajib Mendaki Gunung Meski Sekali Seumur Hidupinstagram.com/mountaineering_indonesia

Bukan hanya sekadar photo-photo dengan berbagai spot yang indah. Lebih dari itu, mendaki gunung adalah pembelajaran berharga lantaran kamu berhasil melihat indahnya dunia yang belum tentu orang lain mampu melihatnya.

5. Sarana untuk semakin mendekatkan diri pada-Nya

5 Alasan Kamu Wajib Mendaki Gunung Meski Sekali Seumur Hidupinstagram.com/merbabumountain

Berhasil hingga puncak ketinggian, melihat keindahan alam yang asri, menghirup udara segar yang sudah sulit kamu dapat di sudut perkotaan adalah beberapa hal yang harus syukuri. Dengan melihat dan menikmati semua itu, menjadi media agar kamu lebih dekat lagi pada Tuhan Yang Maha Esa.

Itulah 5 alasan mengapa kamu harus mendaki gunung meski sekali seumur hidup. Mendaki akan menjadi satu di antara pengalaman-pengalaman berharga dalam hidup kamu. Yuk, rencanakan kapan kamu siap menapaki kaki di puncak ketinggian.

Baca Juga: 5 Spot Wisata yang Dekat dengan Gunung Merapi, Gak Perlu Mendaki

Ineu Nursetiawati Photo Verified Writer Ineu Nursetiawati

☺️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You