Comscore Tracker

6 Indikasi Jelas Kamu Sedang Dilanda Stres

Jangan diabaikan, ya!

Setiap orang mempunyai masalah masing-masing, cara mengatasinya pun berbeda-beda. Kadangkala sebagian orang saking tidak bisa mengontrol stres berakibat 'gila'.

Namun sebagai seseorang yang mempunyai iman, harus berkeyakinan bahwa setiap masalah bisa diselesaikan dan Tuhan selalu memberi jalan. Inilah beberapa tanda jika kamu sudah dilanda stres, apa saja?

1. Malas bangun tidur untuk berangkat kerja

6 Indikasi Jelas Kamu Sedang Dilanda Stresunsplash.com/Kalegin Michail

Seringkali seseorang yang bekerja di kantoran mempunyai stres yang berlebih, hal itu diakibatkan tekanan dari atasan, pekerjaan yang menumpuk, target yang harus diselesaikan sesuai deadline dll.

Jika kamu malas bangun tidur dan malas berangkat kantor gara-gara kondisi tersebut, itu tandanya kamu sedang dilanda stres. Sebisa mungkin kamu bisa melawan rasa malas tersebut, karena setiap masalah harus dihadapi dan jangan lari.

2. Tidak fokus dan sering melakukan kesalahan

6 Indikasi Jelas Kamu Sedang Dilanda Strespixabay.com/mohamed_hassan

Seseorang yang diketika dilanda stres dalam melakukan pekerjaan atau tugasnya kurang fokus, kadangkala ketika bekerja pun banyak melakukan kesalahan. Jika dibiarkan terus berlarut, berakibat fatal juga terhadap hasil pekerjaan yang tidak maksimal, dan bisa-bisa kena 'omel' atasan.

Sebisa mungkin hal tersebut harus dihindari juga, misalnya dengan cara menceritakan masalah yang sedang dihadapi kepada sahabat atau keluarga, siapa tahu dari pendapat mereka kamu mendapat solusi.

3. Sering sakit-sakitan

6 Indikasi Jelas Kamu Sedang Dilanda Strespixabay.com/lukasbieri

Merasa pusing, sakit kepala, badan pegal-pegal, sakit punggung dan lain sebagainya, itu merupakan tanda kamu mengalami stres. Jika hal tersebut terjadi padamu, ambil cuti atau istirahat sejenak beberapa hari, guna menstabilkan kembali fisik kamu yang mulai sakit-sakitan.

Baca Juga: 5 Fakta Self Healing, Bisa Jadi Solusi Jauhi Stres & Badan Sakit!

4. Fisik terasa letih dan lesu

6 Indikasi Jelas Kamu Sedang Dilanda Stresunsplash.com/ToT

Menjadi seorang karyawan bukan hal enak, meskipun anggapan orang enak karena dapat gaji pasti setiap bulan. Ketika kamu sudah merasa jenuh dan bosan dengan suasana kantor kamu pun merasa lesu, letih dan malas menyelesaikan segala tugas.

5. Mudah emosional

6 Indikasi Jelas Kamu Sedang Dilanda Strespixabay.com/WhenPhotos

Tanda lainnya ketika kamu sedang dilanda stres ialah mudah emosi. Kerap kali ketika kamu ditanya teman, meskipun bertanya baik-baik kamu menanggapinya dengan ekspresi yang gak teman kamu harapkan.

Sebisa mungkin hal tersebut harus dihindari, karena bisa membuat lawan bicara kamu tersinggung dan sakit hati.

6. Susah untuk tidur

6 Indikasi Jelas Kamu Sedang Dilanda Strespixabay.com/Pexels

Saking dilanda stres berlebih, seseorang mengalami susah tidur. Banyak hal berkecamuk dalam otak, yang berakibat kamu terus memikirkannya. Ini bisa dibilang kamu telah mengalami stres tinggi.

Ada baiknya hal tersebut kamu hindari, misalnya dengan cara me time, hangout bareng teman-teman dll, agar masalah yang kamu hadapi sedikit terlupakan.

Itulah beberapa tanda ketika kamu sedang dilanda stres, sebisa mungkin kamu harus bisa menyelesaikan setiap masalah dengan bijak, dan jangan sampai berakibat fatal terhadap jasmani maupun rohani kamu.

Baca Juga: 10 Penyakit yang Mengancam Saat Kamu Biarkan Stres Berlarut-larut

Ineu Nursetiawati Photo Community Writer Ineu Nursetiawati

✍️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You