Comscore Tracker

7 Tips yang Bisa Kamu Terapkan dalam Menyiasati Rasa Minder

Yuk, buang rasa mindermu mulai sekarang

Sebagai makhluk sosial, kita memang gak akan pernah bisa lepas dari bertemu banyak orang dari berbagai latar belakang. Melihat orang yang memiliki kelebihan dibanding kita pun, kerap kali muncul perasaan minder dan rendah diri. Rasa minder pun jika terus-menerus ada dalam diri, berakibat negatif dalam menjalani kehidupan yang notabene perlu bersosial.

Untuk menyiasati rasa minder, terapkan 7 tips di bawah ini, ya.

1. Berani memulai untuk berubah

7 Tips yang Bisa Kamu Terapkan dalam Menyiasati Rasa Minderunsplash.com/@tranmautritam

Menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari hari ke hari butuh suatu perjuangan, mulai dari belajar, mencari tahu dan menerapkannya dalam keseharian. Sama halnya dalam menyiasati rasa minder, munculkanlah perasaan pengin mengubah sesuatu yang menjadi kekurangan yang mengakibatkan rasa minder melanda.

Cari tahu terlebih dahulu hal apa yang membuat kamu minder, lalu pikirkan bagaimana caranya agar hal tersebut gak membuat kamu minder lagi. Atau cara lainnya, lihat orang lain yang memiliki kekurangan, namun mereka berhasil tampil berani tanpa diselimuti rasa minder.

2. Berani tampil beda

7 Tips yang Bisa Kamu Terapkan dalam Menyiasati Rasa Minderunsplash.com/@freshhconnection

Tips lainnya, untuk menghilangkan rasa minder ialah berani tampil beda. Maksudnya? Buatlah suatu inovasi dan kreativitas yang menonjolkan kelebihan kamu dibandingkan orang lain. Usahakan pula dalam hal ini gak meniru orang lain, kamu boleh menggali hal apapun yang akan kamu tonjolkan, sehingga hal tersebut menjadi ciri khas yang terlihat unik, dan akhirnya bisa menutupi rasa minder dalam diri.

3. Gali potensi diri

7 Tips yang Bisa Kamu Terapkan dalam Menyiasati Rasa Minderunsplash.com/victorfreitas

Nah, satu hal yang bisa menjadi penopang berani tampil berbeda adalah memiliki potensi yang bisa ditonjolkan. Pada dasarnya, semua orang memiliki potensi kok dalam dirinya. Untuk itu, gali lah terus-menerus potensi yang ada dalam diri kamu dan tunjukkan pada semua orang dengan potensi tersebut kamu memiliki keunikan tersendiri, sehingga hal tersebut lambat laun menghapus rasa minder yang kerap melanda.

Baca Juga: Merasa Minder? Ucapkan 5 Kalimat Motivasi Ini pada Diri Sendiri

4. Tetap semangat

7 Tips yang Bisa Kamu Terapkan dalam Menyiasati Rasa Minderunsplash.com/@hudsonhintze

Meskipun rasa minder masih menyelimuti diri, jangan lah menyerah begitu saja. Tetap semangat seberat apapun perjuangannya. Karena, gak ada kesuksesan yang bisa diraih hanya dengan 'satu kedipan mata'. Bukan hanya soal sukses, sama halnya dalam memberantas rasa minder pun butuh yang namanya perjuangan. Tetap semangat, ya.

6. Cintai diri sendiri

7 Tips yang Bisa Kamu Terapkan dalam Menyiasati Rasa Minderunsplash.com/@dre0316

Siapa lagi yang akan mencintai diri kamu selain diri kamu sendiri? Orang lain gak memiliki rasa minder karena dia mencintai dirinya sendiri. Maksudnya? Ya, orang lain pandai menyiasati dan selalu berpikir hal apa yang akan membuat dirinya gak memiliki rasa minder.

Artinya, ketika seseorang memikirkan tentang hal terbaik apa untuk dirinya, seperti untuk menutupi rasa minder, tandanya orang tersebut mencintai dirinya sendiri. Begitu pun kamu, ya. Cintailah diri kamu, salah satunya caranya; buang rasa minder tersebut dan jangan patah semangat dalam menghadapinya.

7. Berpikir positif

7 Tips yang Bisa Kamu Terapkan dalam Menyiasati Rasa Minderunsplash.com/@cristian1

Dalam segala situasi, pemikiran positif lah yang mampu menyelamatkan diri dari keterpurukan dan perasaan sedih. Artinya, dalam menyiasati rasa minder pun harus dibarengi dengan pemikiran yang positif.

Itulah 7 tips yang bisa kamu terapkan dalam menyiasati perasaan minder. Tetaplah semangat dalam menjalani hidup ini, ya. Apapun keadaannya.

Baca Juga: Jangan Minder, Ini 7 Alasan Kamu Perlu Tenang Sudah Membuat Kesalahan

Ineu Nursetiawati Photo Verified Writer Ineu Nursetiawati

سم الله الرحمن الرحيم

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya