Comscore Tracker

Mengenal Sosok Ibu Vero, Wanita Luar Biasa yang Selalu Berdiri di Samping Ahok

#ParaPerempuanHebat Di balik pria hebat selalu berdiri perempuan yang luar biasa!

Siapa sih yang tidak kenal dengan Veronica Basuki Tjahaja Purnama atau yang biasa dipanggil ibu Vero. Istri mantan Gubernur DKI Jakarta ini merupakan sosok wanita cerdas dan di kagumi banyak orang, sehingga membuat orang bertanya-tanya siapa sebenarnya ibu Vero ini?

Lahir dari orangtua keturunan Tionghoa di Medan .

Mengenal Sosok Ibu Vero, Wanita Luar Biasa yang Selalu Berdiri di Samping Ahok radaris.com

Veronica lahir di Medan. Ia putri sulung dari tiga bersaudara. Lahir dari orangtua keturunan Tionghoa yang modern sehingga tradisi leluhur yang feodal tidak lagi dijalankan dalam keluarga. Ayahnya merupakan sosok yang penyabar, sedangkan ibunya sangat tegas bila menyangkut pendidikan anak-anaknya. 

Pindah ke Jakarta saat SMA, kemudian melanjutkan kuliah jurusan arsitektur.

Mengenal Sosok Ibu Vero, Wanita Luar Biasa yang Selalu Berdiri di Samping Ahok beritamoneter.com

Setelah menamatkan SD dan SMP di Medan, Veronica melanjutkan kuliah jurusan arsitektur di Universitas Pelita Harapan Jakarta, kemudian ia menamatkan kuliah saat anak keduanya lahir dan menyandang gelar S.T

Kisah cintanya dengan Ahok berawal 'dari kaki naik ke hati'.

Mengenal Sosok Ibu Vero, Wanita Luar Biasa yang Selalu Berdiri di Samping Ahok myahok.com

Pertemuan pertama kali veronica dengan ahok adalah digereja, pada saat itu ahok tidak sengaja menginjak kaki bu Vero. "Jadi bukan dari mata turun ke hati, tapi dari kaki naik ke hati" ucap Ahok sembari tertawa. Ahok makin terpukau dengan Veronica saat melihat beliau tampil memainkan piano dan melantunkan nyanyian di gereja tersebut. "Dari situ tertarik dan saya lihat ibu (Veronica) punya kepribadian yang kokoh," kata Ahok. ‎Tanpa proses pacaran, Veronica menikahi Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama atau biasa disapa Ahok pada 6 September 1997, di usia 19 tahun. Mereka pun dikaruniai tiga buah hati dari pernikahan ini. 

Walaupun tidak mengerti politik, ibu Vero selalu mendukung suaminya.

Mengenal Sosok Ibu Vero, Wanita Luar Biasa yang Selalu Berdiri di Samping Ahok iradiofm.com

Veronica tidak pernah menduga suaminya bakal terjun ke dunia politik, dari menjadi anggota dewan perwakilan rakyat daerah hingga gubernur Jakarta. Karena tidak mengerti sama sekali mengenai seluk-beluk politik, ia sempat cemas tentang apa yang harus dilakukannya untuk mendukung sang suami ketika menjabat menjadi bupati Belitung Timur. Tapi hal tersebut tidak berlangsung lama, punya pengalaman aktif di gereja membuat Veronica mengerti cara berhadapan dan berkomunikasi dengan berbagai macam orang. Ahok dan Vero juga mempunyai banyak kesamaan, selain dikenal dengan penampilan yang sederhana dan bersahaja, mereka tidak segan untuk membantu dan mengulurkan tangan kepada mereka yang membutuhkan

Dalam menghadapi sifat Ahok yang keras dan temperamental, Veronica tidak pernah bosan mengingatkan suaminya tersebut untuk lebih bijaksana dalam bertutur kata.  “Di saat tertentu kita harus wise. Kita tulus seperti merpati, tapi cerdik seperti ular.  Jawaban yang lemah-lembut meredam kegeraman, tetapi perkataan yang tegas membangkitkan marah.” begitu katanya ketika ditanya caranya menghadapi emosi Ahok yang meledak-ledak. 

Piawai bermain alat musik, ibu Vero pernah bermain cello bersama Twilite Orchestra.

Mengenal Sosok Ibu Vero, Wanita Luar Biasa yang Selalu Berdiri di Samping Ahok seword.com

Sosok Veronica terlihat sangat cantik saat tengah memainkan cello, sebuah alat musik gesek anggota dari keluarga biola. Baru-baru ini, Veronica memainkan cello ketika syuting di salah satu program televisi swasta yang dilakukan dalam bus Transjakarta Vintage yang baru saja dikeluarkan oleh Pemprov DKI. Veronica juga bermain cello bersama Twilite Orchestra yang dipimpin oleh Addie MS. Duhh bu Vero, udah pintar, cantik, jago main musik juga! 

Aktif menjadi penggerak pemberdayaan ekonomi perempuan Jakarta.

Mengenal Sosok Ibu Vero, Wanita Luar Biasa yang Selalu Berdiri di Samping Ahok kumparan.com

Ibu Vero menjabat sebagai Ketua PKK DKI  periode 2014-2017. Selama periode masa jabatannya itu, Ia berhasil menepis anggapan organisasi PKK sebagai kumpulan perempuan kurang kerjaan atau perempuan kebanyakan kerjaan dengan sejumlah gebrakan untuk hilangkan stigma negatif PKK. salut! :) 

Sosok kartini masa kini yang gigih membela dan memperjuangkan hak-hak wanita.

Mengenal Sosok Ibu Vero, Wanita Luar Biasa yang Selalu Berdiri di Samping Ahok profilbos.com

"Perempuan sebagai Kartini masa kini harus berani berkata tidak, apabila hal itu untuk kebaikan", ungkap istri mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama itu.

Ditengah kesibukannya yang padat, Veronica tidak pernah lupa membagi waktu untuk mengurus anak-anaknya dirumah.

Mengenal Sosok Ibu Vero, Wanita Luar Biasa yang Selalu Berdiri di Samping Ahok ahokerja.com

Veronica tidak pernah lupa membagi waktu antara mengurus anak-anaknya dirumah dan bersosialisasi dengan ibu-ibu PKK. Jelas bukan hal yang mudah. Justru sangat melelahkan. Tapi nyatanya ibu Vero mampu melakukan itu semua dengan baik. Akhir-akhir ini Veronica sempat mengungkapkan curahan hatinya melalui media sosial Instagram miliknya.

Kali ini, ia berbicara tentang putra sulungnya, Nicholas Sean Purnama, yang mulai beranjak dewasa. Veronica mengunggah fotonya yang hendak memeluk Nicholas. Namun sang putra tampak malu-malu dan ingin mengelak. "Reaksi @nachosean kalau mau dipeluk Mama... 'Ma...stop it...'," tulis bu Vero di caption foto Instagram-nya.

陈婴儿 Photo Community Writer 陈婴儿

"art comes in many forms"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You