Comscore Tracker

5 Barang Preloved Ini Punya Pangsa Pasar Luas, Jangan Biarkan Rusak!

Ternyata mereka masih berharga meski sudah dikenakan lho!

Sistem penjualan preloved merupakan salah satu jenis transaksi yang melibatkan suatu barang yang pernah digunakan seseorang kemudian dijual dengan harga di bawah pasar dengan kondisi baik atau layak.

Upaya ini biasanya dilakukan apabila seseorang sudah tidak memerlukan barang tersebut namun kondisi yang bagus menimbulkan perasaan tidak enak jika harus membuangnya.

Nah, dalam dunia penjualan biasanya ada barang-barang bernilai yang memiliki cakupan pasar yang luas meskipun sudah pernah digunakan seseorang, lima di antaranya ialah sebagai berikut.

1. Sepatu

5 Barang Preloved Ini Punya Pangsa Pasar Luas, Jangan Biarkan Rusak!pexels.com/Pixabay

Sepatu adalah salah satu barang yang bisa menunjang penampilan seseorang saat hadir di tengah khalayak. Barang satu ini merupakan benda yang bisa berganti seiring bertambahnya waktu karena faktor genetik manusia yang tumbuh dan berkembang.

Sehingga tidak jarang apabila kamu menemukan situasi dimana sepasang sepatu dibiarkan terbengkalai sampai bersarang laba-laba karena sudah tidak muat dan jarang dikenakan. Namun, kamu tetap bisa memanfaatkan alas kaki tersebut untuk menumbuhkan profit, salah satunya dengan diperjualbelikan.

Sepatu yang masih bagus dan dalam kondisi sangat layak pakai biasanya memiliki pangsa pasar tersendiri. Terlebih karena harga yang ditawarkan menjadi agak rendah dibanding rata-rata pasaran, selain itu sepatu yang memiliki desain dan corak unik serta langka menjadi salah satu kelebihan yang bisa menguntungkanmu lho!

2. Buku

5 Barang Preloved Ini Punya Pangsa Pasar Luas, Jangan Biarkan Rusak!pexels.com/Thought Catalog

Buku merupakan salah satu sarana mencari informasi dan dapat menjadi media mencari hiburan yang tetap bernilai meskipun telah dimiliki dalam kurun waktu yang lama. Tipikal buku seperti karangan fiksi berbahasa asing, novel bersambung, hingga bacaan yang memuat kiat-kiat menghadapi ujian tertentu biasanya tetap diminati oleh pembaca walaupun sudah terbit bertahun-tahun yang lalu.

Timbunan yang dimiliki oleh pencinta buku biasanya senantiasa memaksa agar ada tempat baru untuk menghindari kerusakan koleksi tersebut. Oleh sebab itu, tidak sedikit yang berpikir untuk mencarikan pemilik baru untuk buku-buku yang tidak terjamah lagi dengan cara melakukan preloved.

Meski baru dibaca sekali dua kali, bahkan berkali-kali, biasanya buku tersebut tetap memiliki nilai. Hanya saja kamu perlu memastikan bahwa bahan bacaan yang hendak dipreloved merupakan buku yang masih layak dan dalam kondisi baik.

3. Tas

5 Barang Preloved Ini Punya Pangsa Pasar Luas, Jangan Biarkan Rusak!pexels.com/Moose Photos

Acara bepergian kurang pas apabila tidak menyertakan benda yang satu ini. Tas adalah penunjang mode yang memiliki fungsi sebagai media penyimpanan dengan beragam desain dan motif.

Tas sendiri biasanya memiliki nilai yang tidak mudah turun jika dijual menggunakan sistem preloved. Bahkan kebanyakan potret mode saat ini menekankan bahwa tas dengan kualitas atau merek tertentu bisa bersaing di pasaran walaupun sudah pernah dipakai oleh pemilik terdahulunya.

Beberapa kelompok menggunakan tas sebagai media investasi yang mudah dicairkan dalam bentuk dukungan finansial jika sewaktu-waktu diperlukan. Tipe yang seperti ini biasanya umum dilakukan langsung oleh kaum hawa.

Baca Juga: 6 Kiat Tarik Konsumen Saat Buka Toko Preloved di E-commerce

4. Album

5 Barang Preloved Ini Punya Pangsa Pasar Luas, Jangan Biarkan Rusak!pexels.com/freestocks.org

Sebagai bentuk dukungan dan apresiasi penggemar akan karya yang diproduksi oleh para musisi yang mereka sukai, biasanya dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti dengan membeli album.

Namun karena musisi cenderung akan terus mengeluarkan karya baru, biasanya mudah terjadi pembelian album-album teranyar yang kemudian rentan mengakibatkan karya terdahulu berakhir hanya sebagai pajangan.

Demi menghindari tumpukan barang yang tak lagi terpakai, kamu dapat melakukan preloved untuk beberapa album yang sekiranya tidak akan kamu sentuh lagi. Biasanya akan ada banyak orang dalam kelompok tertentu yang menantikan sesi ini untuk mendapatkan album layak beli dengan harga yang lebih bersahabat.

5. Perlengkapan konser

5 Barang Preloved Ini Punya Pangsa Pasar Luas, Jangan Biarkan Rusak!pexels.com/Wendy Wei

Saat hendak mendatangi sebuah acara konser, seseorang biasanya menaruh budget khusus untuk pembelian barang-barang penunjang ekstra seperti light stick atau bandana bertuliskan grup atau musisi kecintaan.

Nah, seringkali barang-barang ini hanya terpakai sekali dan kemudian terbengkalai di dalam rumah. Apabila kamu merupakan tipikal yang abai dengan perintilan seperti ini, ada baiknya melakukan sesuatu yang bisa menyelamatkan barang tersebut daripada dibiarkan rusak tanpa ada usaha untuk menjaga atau merawatnya.

Selain album, perlengkapan konser pun biasanya memiliki nilai tersendiri di mata pencinta grup atau musisi yang sama meskipun itu dijual secara preloved. Jadi dibandingkan harus terbuang, ada baiknya memanfaatkan kanal grup untuk saling bertukar informasi mengenai pembelian perlengkapan konser ini.

Nah, itulah kelima barang yang memiliki pangsa pasar luas meskipun dijual dengan kondisi preloved. Kira-kira apakah kamu hendak menjual beberapa barang yang disebutkan di atas dalam waktu dekat ini?

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Membeli Baju Preloved

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya