Comscore Tracker

5 Tips Memilih Skincare Agar Tidak Bikin Wajah Bermasalah!

Pilih produk perawatan yang tepat

Skincare saat ini memang sedang naik daun seiring banyaknya masalah yang dialami pada kulit wajah seseorang, berharap akan mendapat muka yang lebih mulus dibanding sebelumnya, sebagian justru malah tambah bermasalah karena salah memilih perawatan. Jadi, buat kamu yang juga tergiur untuk membeli satu produk, cobalah memperhatikan hal-hal berikut sebelum memutuskan ya!

1. Kenali jenis kulit

5 Tips Memilih Skincare Agar Tidak Bikin Wajah Bermasalah!unsplash.com/lintin9095

Tidak semua skincare yang ada di pasaran diperuntukkan bagi kulit kamu, ada beberapa jenis produk yang dibuat khusus berdasarkan tipe-tipe kulit si pemakai. Maka sebelum membayar barang tersebut di toko, kamu harus tahu dulu apakah kulit kamu berminyak, kering, sensitif, berjerawat atau normal cenderung berminyak. Hal ini juga bisa membantu kamu mempersempit pilihan skincare yang dibutuhkan.

2. Meriset kandungan skincare

5 Tips Memilih Skincare Agar Tidak Bikin Wajah Bermasalah!unsplash.com/phocoz

Pentingnya mencari tahu isian produk yang ingin kamu beli itu termasuk penting, karena kita tidak pernah tahu apakah bahan-bahan yang ada dalam skincare itu tidak akan bereaksi buruk kepada kulit kamu. Seperti contoh, di luar sana ada kulit yang sensitif dengan kandungan alkohol sebuah produk atau bahkan ada yang kurang cocok dengan kandungan aloe vera.

3. Membaca review

5 Tips Memilih Skincare Agar Tidak Bikin Wajah Bermasalah!unsplash.com/youxventures

Sekarang ini sudah banyak beauty blogger maupun beauty vlogger yang menjadikan skincare sebagai konten mereka, ada yang baru pertama kali mencoba, ada yang tidak cocok dengan kulit mereka, dan ada banyak yang merekomendasikan skincare tertentu untuk digunakan pada jenis kulit yang bermasalah. Nah, untuk memastikan produk tersebut aman dan bekerja, kamu bisa meyakinkan diri dengan menonton video atau membaca tulisan mereka.

Baca Juga: 5 Tahapan Skincare yang Perlu Kamu Lakukan Setiap Hari

4. Melihat hasil

5 Tips Memilih Skincare Agar Tidak Bikin Wajah Bermasalah!unsplash.com/delgadowebb

Jika review belum cukup membantu, kamu bisa melihat hasil-hasil penggunaan skincare tersebut melalui banyak sisi, bisa dengan follow akun kecantikan, mencari thread, atau misal melihat perubahan yang terjadi di sekitarmu, teman atau keluarga misalnya. Hal ini berfungsi untuk membuat kamu yakin bahwa mungkin produk tersebut cocok dengan kulitmu, dengan catatan kulit mereka setipe dengan kamu ya!

5. Membeli kemasan trial atau share in jar

5 Tips Memilih Skincare Agar Tidak Bikin Wajah Bermasalah!unsplash.com/kellysikkema

Ada hasrat ingin membeli skincare disertai rasa penasaran yang tinggi bukan berarti kamu bisa bebas membeli produk tersebut sampai menumpuk di meja rias, ingat bahwa cocok di kulit orang lain belum tentu cocok di kamu. Salah satu cara menyiasati agar kamu tidak rugi-rugi amat saat salah membeli skincare adalah dengan membeli kemasan kecil, saat ini banyak online shop yang menyediakan share in jar sebagai salah satu alternatif untuk coba-coba menggunakan sebuah produk. Dengan catatan pilihlah toko online terpercaya ya!

Itulah beberapa tips membeli skincare yang mengurangi risiko salah produk atau tidak cocok di kulit, semoga bermanfaat! Sebagai tambahan, selalu lakukan uji alergi lebih dulu sebelum menggunakan skincare ya.

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

sempat ingin jadi astronaut

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You