Comscore Tracker

5 Hal Buruk yang Bisa Terjadi Jika Kamu Terus Menyendiri Saat Galau!

Bangkit yuk! Sebelum terjadi hal-hal berikut ini

Memiliki perasaan gundah yang berkecamuk dalam diri memang wajar, mengungkapkan rasa sedih atas apa yang telah terjadi adalah perilaku yang sering terjadi. Sering kali, kita menggunakan tameng ingin sendiri untuk menghindarkan kita dari berbagai keingintahuan orang-orang.

Tentu, alasan tersebut sah saja digunakan, namun justru akan jadi boomerang apabila kamu melakukannya secara terus-menerus dengan intensitas yang ekstrem. Hal tersebut akan berdampak pada beberapa kejadian di bawah ini.

1. Pikiran tidak terbuka, karena tak punya waktu berbagi dengan yang lain

5 Hal Buruk yang Bisa Terjadi Jika Kamu Terus Menyendiri Saat Galau!unsplash.com/@umit

Ketika sendirian, kita cenderung melihat ke belakang tentang apa yang bisa dikoreksi dalam kehidupan yang dijalani ini. Namun jika sudah berlebihan, bukan solusi yang kamu dapat, melainkan beban pikiran yang terpendam dalam kepalamu.

Perilaku ini juga membuat kamu terjebak dalam pikiran yang tidak kunjung usai tersebut, hingga berdampak pada sosialisasi, mood, bahkan kesehatanmu sendiri.

2. Menutup akses orang-orang yang hendak memberikan telinga mereka

5 Hal Buruk yang Bisa Terjadi Jika Kamu Terus Menyendiri Saat Galau!unsplash.com/@markusspiske

Dengan terus mengurung diri sendiri, secara tidak langsung, kamu akan menutup akses bagi orang-orang yang dengan tulus mau meminjamkan telinga mereka demi mendengarkan keluhanmu. Apalagi jika kamu mengusir mereka terus-menerus, suatu waktu orang tersebut akan lelah dan menganggap bahwa upaya membantumu adalah bentuk kesia-siaan, dan kamu kehilangan kesempatan untuk bangkit dari keterpurukan dengan waktu yang lebih cepat.

Baca Juga: Semakin Kalut, Hindari Lakukan 5 Hal Ini Saat Kamu Sedang Galau

3. Membebankan kondisimu ke dalam pikiran orang lain

5 Hal Buruk yang Bisa Terjadi Jika Kamu Terus Menyendiri Saat Galau!unsplash.com/@kaimantha

Jangan berharap bahwa sedihmu adalah beban yang dipikul sendirian, cobalah berpikir lebih terbuka, kemudian perhatikan sekelilingmu. Bagaimana keluargamu, temanmu, sahabat, ataupun pasangan. Sering kali kamu menganggap bahwa satu-satunya orang yang tersakiti adalah diri sendiri, namun sebenarnya dengan menutup akses sosialisasi dengan orang lain.

Secara tidak sadar kamu sudah berbagi kekhawatiran dengan mereka, di mana terkadang pikiran mereka lebih rumit lantaran merasa gagal untuk membuatmu bangkit.

4. Merusak citra diri yang sudah dikenal baik sebelumnya

5 Hal Buruk yang Bisa Terjadi Jika Kamu Terus Menyendiri Saat Galau!unsplash.com/@themodernaffliction

Seorang yang dikenal baik, periang, bahkan penolong akan dengan cepat menguap dan tergantikan oleh citra seorang galau yang penyendiri, emosional, bahkan tidak lagi asyik diajak berteman. Jangan sampai, kamu menghilangkan jati diri dan kepribadian yang sudah dikenal baik, kemudian mengubahnya menjadi sesuatu yang cenderung negatif.

Hal ini sering terjadi, apabila kamu menutup diri dengan keadaan galau, tak mau diganggu, dalam durasi yang sangat lama, sehingga perlahan-lahan sifatmu akan berubah, mengikuti cara berpikirmu saat itu.

5. Memberi kesan yang tidak mengenakan bagi mereka yang berusaha membantu

5 Hal Buruk yang Bisa Terjadi Jika Kamu Terus Menyendiri Saat Galau!unsplash.com/@aliyahjam

Seperti disinggung pada poin sebelumnya, terlalu galau dan diiringi dengan waktu menyendiri yang sangat-sangat lama cenderung akan membuat seseorang menjadi lebih emosional. Jika sudah seperti ini, orang-orang yang berusaha membantu akan terkena senggol amarahmu, apabila terjadi demikian, sudah keputusan mereka jika ingin menjaga jarak darimu.

Itu adalah beberapa kemungkinan yang bisa terjadi apabila kamu menyendiri terlalu lama sembari memendam perasaan galau. Me time memang perlu, tapi masalah tidak selalu bisa diselesaikan sendirian, ada kalanya kita perlu pertimbangan, yang mana unsur pembanding tersebut hanya bisa didapatkan ketika kita sudah bertemu dan membuka diri untuk berbagi kepada orang lain.

Baca Juga: Sudahi Galau! 6 Tips Ini Bisa Bantu Kamu Meredam Kesedihan

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

sempat ingin jadi astronaut

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya