Comscore Tracker

Meski Sepele, 5 Hal Ini Tentukan Kenyamanan Saat Menempati Kosan

Jadikan pertimbangan sebelum ditempati, ya!

Kos-kosan merupakan tempat tinggal sementara yang kerap dijadikan alternatif untuk mereka yang memiliki jarak rumah yang jauh dengan tempat bekerja, belajar, dan hal-hal lain. Selain bisa menghemat waktu, keberadaan kosan juga dapat membantu mengistirahatkan tubuh dari berbagai rutinitas.

Ketika hendak memilih kosan, seseorang perlu memperhatikan banyak hal untuk kenyamanan dirinya selama berada di tempat tersebut. Tidak cuma harga dan kondisi ruangan, beberapa hal sepele juga perlu diperhatikan untuk pertimbangan agar tidak mengganggu kenyamanan kamu saat tinggal di sana. Apa saja?

1. Peraturan yang berlaku

Meski Sepele, 5 Hal Ini Tentukan Kenyamanan Saat Menempati Kosanunsplash.com/Kelly Sikkema

Saat mengunjungi sebuah tempat kos, manfaatkan waktumu jangan hanya untuk melihat fasilitas yang disediakan, namun tanyakan pula peraturan apa yang ada di tempat tersebut, untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Beberapa peraturan umum seperti pemberlakuan jam malam, jumlah orang menginap, atau lahan parkir bisa menjadi pertimbangan. Namun, jangan sampai ada peraturan nyeleneh yang membuat kenyamanan kamu terganggu.

Terlebih apabila ada peraturan yang sekiranya menurutmu tidak masuk akal dan akan berdampak pada keberlangsungan selama tinggal di sana, ada baiknya jangan gegabah untuk langsung mengambil kamar, ya!

2. Cahaya minim

Meski Sepele, 5 Hal Ini Tentukan Kenyamanan Saat Menempati Kosanunsplash.com/Tarik Haiga

Dalam menentukan sebuah tempat kos, ada baiknya jangan hanya selalu tergiur dengan harga murah dan berakibat mengesampingkan beberapa hal yang kedengaran sepele namun penting, seperti akses cahaya.

Cahaya yang minim dalam sebuah ruangan kurang bagus untuk kamu, selain itu, cahaya minim akan mendorong penggunaan alat elektronik untuk penerangan semakin meningkat, dan bila listrik ditanggung sendiri, pengeluaran malah akan membengkak.

Jadi, pastikan saat kamu mengunjungi sebuah tempat kos, minimal ada jendela yang bisa mengakses cahaya dengan baik sebagai salah satu media saluran sirkulasi udara yang lancar dan bagus untuk kamu.

Baca Juga: 6 Hal yang Cuma Dirasakan oleh Kamu Si Anak Kos-kosan

3. Masalah internet

Meski Sepele, 5 Hal Ini Tentukan Kenyamanan Saat Menempati Kosanunsplash.com/Frenck

Saat ini, banyak sekali kosan yang menyediakan fasilitas wifi bagi para penghuninya, terutama jika sasarannya adalah pekerja atau pelajar, sudah pasti akses internet sangat diperlukan untuk kelancaran beraktivitas.

Namun, sering kali kita dihadapkan pada situasi di mana pemasangan internet ditanggung oleh penghuni, wifi dibayar terpisah, atau bahkan koneksi yang kurang bagus, sementara kamu merasa sudah membayar dengan layak.

Jangan sampai kamu menyesali pemilihan sebuah tempat hanya karena koneksi internet yang kurang bagus, kecuali jika kamu merasa tidak memiliki masalah dengan fasilitas tanpa wifi, dan mempunyai dana khusus untuk pengadaan internet pribadi.

4. Akses gerbang masuk

Meski Sepele, 5 Hal Ini Tentukan Kenyamanan Saat Menempati Kosanunsplash.com/Henning Kesselhut

Akses gerbang masuk utama sebuah kosan memang terdengar sepele untuk menjadi pertimbangan, namun bisa menjadi masalah apabila kamu kurang nyaman dengan peraturan yang diterapkan.

Tidak semua kosan menyediakan akses pintu gerbang selama 24 jam, dan apabila kamu merupakan tipikal orang yang sering lembur di kantor, hal ini perlu diperhatikan dengan seksama jika enggan terjebak di luar semalaman.

Oleh sebab itu, pastikan masalah ini menjadi sorotan selagi kamu masih mencari-cari kosan yang sesuai, lebih bagus lagi jika setiap penghuni mempunyai kunci gerbang sendiri, sehingga tidak perlu merepotkan orang lain saat kamu pulang larut.

5. Listrik

Meski Sepele, 5 Hal Ini Tentukan Kenyamanan Saat Menempati Kosanunsplash.com/Patrick Schneider

Konsumsi listrik saat kita menempati sebuah kosan adalah suatu hal yang sangat diperlukan, namun yang kerap menjadi permasalahan adalah siapa yang menanggung tagihan listrik tersebut.

Di saat seperti ini, kamu perlu pintar-pintar menentukan apakah akan lebih baik menempati kosan yang harganya sudah termasuk listrik atau pembelian dan pembayaran ditanggung oleh penghuni.

Sekiranya kamu memiliki budget lebih dan sudah nyaman dengan kosan yang belum termasuk listrik, maka hemat-hematlah penggunaan alat elektronik agar tagihan tidak membebanimu setiap waktu.

 

Nah, itulah lima hal sepele yang perlu dijadikan sorotan dalam memilih kosan. Walaupun sederhana, jangan sampai salah satunya membuat kamu jengkel selama tinggal di tempat tersebut, ya!

Baca Juga: 5 Peralatan Rumah Tangga yang Unik Ini Wajib Dimiliki Anak Kosan

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya