Comscore Tracker

Dear Customer, Ini 5 Aturan Main Saat Kirim Pesan ke Admin Online Shop

Yuk, benahi kebiasaan nge-gas kamu!

Dalam belanja online pasti pernah mengirim pesan kepada admin melalui live chat maupun dikirim ke alamat nomor yang tercantum. Dengan begini, hal-hal yang meragukan calon pembeli dapat terpecahkan dan membuat aktivitas belanja online jadi lebih tenang dan nyaman.

Namun beberapa customer biasanya mengesampingkan faktor-faktor peraturan tak tersirat dalam mengirim pesan kepada admin sehingga calon pembeli cenderung memberi penilaian kurang baik. Agar tidak terjadi kesalahpahaman antar penjual dan pembeli, baiknya dukung juga prosesi tersebut dengan etika yang baik dalam mengirim pesan kepada admin atau owner. Lima aturan main tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut.

1. Yang sabar ya, chat selalu dibalas mulai dari yang terbawah

Dear Customer, Ini 5 Aturan Main Saat Kirim Pesan ke Admin Online Shoppexels.com/Tofros.com

Jangan mudah ngambek saat pesan kamu dicuekin selama lima menit atau setengah jam lebih, sebab kemungkinan admin yang menangani telah mengikuti ketentuan umum yang berlaku pada toko daring tersebut, ialah dengan membalas pesan mulai dari yang terbawah.

Semakin sering kamu melakukan spamming, maka pesan yang tadinya bisa dibalas dalam lima belas menit malah berubah jadi berjam-jam. Oleh sebab itu, jika bukan merupakan keperluan yang amat mendesak ada baiknya hindari perilaku spamming chat agar admin bisa melayani kamu dengan baik dan benar.

Bila selama setengah hari belum ada tanda-tanda pesanmu dibaca atau direspons, maka langkah selanjutnya kamu boleh mengirimkan pesan kembali agar tidak tenggelam dan hilang dari pantauan admin.

Intinya di masa ini kamu harus bisa membedakan mana pesan penting dan mana pesan yang bukan prioritas utama. Misalnya konfirmasi mengenai warna barang dan konfirmasi mengenai dana yang sudah tertransfer namun barang tidak kunjung dikirim dari durasi waktu yang dijanjikan.

2. Sebetulnya kamu tidak perlu tanya lokasi barang sudah sampai mana

Dear Customer, Ini 5 Aturan Main Saat Kirim Pesan ke Admin Online Shoppexels.com/Pixabay

Barang yang sudah dikirim artinya tanggung jawab tidak sepenuhnya berada pada pemilik atau pengelola online shop. Di sini, pembeli biasanya lebih mudah tersulut emosi karena barang yang ia tunggu belum kunjung datang sampai berhari-hari sehingga pembeli cenderung marah-marah mempertanyakan kredibilitas toko.

Padahal sebelum kamu memutuskan untuk marah-marah menuntut jawaban di mana paket kamu berada saat ini, ada baiknya kamu melakukan pengecekan terhadap jasa ekspedisi yang mengirim paket tersebut. Cara mudahnya adalah dengan input resi yang diberikan pada website tersedia. Dari sana, kamu bisa melihat pergerakan paket dengan jelas.

Bila masih ragu ada baiknya kamu menghubungi layanan jasa ekspedisi untuk memeriksa barang. Jika ternyata barang hilang dari lacakan maka di tahap ini kamu bisa meminta bantuan jasa ekspedisi sekaligus mengirim pesan pada admin online shop dengan tutur bahasa yang santun untuk dicarikan solusi.

Semakin baik attitude yang ditunjukkan maka biasanya orang lain akan semakin segan dengan turut memantau dan memastikan bahwa barang yang kamu beli aman atau dapat dipertanggungjawabkan. Sebaliknya, jika kamu memperlihatkan sikap kurang baik maka mereka pun enggan banyak berurusan dengan masalah kamu.

Baca Juga: 14 Nama Daerah Unik di Indonesia yang Bikin Seller Online Shop Bingung

3. Bertanya dengan kata yang jelas, mereka admin olshop bukan cenayang

Dear Customer, Ini 5 Aturan Main Saat Kirim Pesan ke Admin Online Shoppexels.com/Christina Morillo

Ketika mengirim pesan kepada admin online shop, kamu perlu memperhatikan pemilihan kata dan tujuan kamu bertanya. Ada baiknya kamu memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama kemudian langsung bertanya apa tujuan kamu mengirim pesan tersebut.

Hindari menggunakan pesan pancingan seperti "P" saja, atau bertanya tentang status pengemasan barang tanpa memberitahukan identitas. Ingat, mereka adalah admin yang menangani puluhan bahkan ratusan pertanyaan dalam durasi waktu yang singkat. Namamu bukan satu-satunya yang paling spesial dan melekat diingatan mereka.

Selain itu mengirim pesan dengan tanggung tanpa memberi tahu maksud secara gamblang hanya akan mengulur waktu untuk mendapatkan jawaban yang kamu inginkan. Sebab admin akan bertanya untuk mendapat kejelasan maksud kamu dan pesan kembali terulur dalam beberapa waktu yang lama.

4. Chat dicuekin? Mungkin kamu tanya sesuatu yang sudah dijelaskan

Dear Customer, Ini 5 Aturan Main Saat Kirim Pesan ke Admin Online Shoppexels.com/Artem Beliaikin

Sudah kirim pesan berhari-hari tapi tidak direspon dan bahkan cuma dibaca saja, belum tentu itu salah admin online shop bisa jadi ini adalah masalah ketelitian dan kebiasaan kamu untuk membaca yang kurang digunakan dengan baik. Setiap online shop, terutama yang dipajang di e-commerce dan media sosial serupa instagram biasanya akan menaruh deskripsi mengenai ketersediaan, keterangan, dan informasi lain mengenai barang.

Jika ternyata dalam beberapa waktu chat kamu masih tidak dilirik kemungkinan kamu melewatkan informasi yang sudah mereka jelaskan. Jadi, daripada kamu menunggu jawaban atas pertanyaan yang sudah ada di deskripsi lebih baik kamu baca ulang keterangan yang sudah mereka cantumkan daripada menunggu admin merespons.

Kebiasaan seperti ini juga biasanya menjadi bumerang buat pembeli, sebab pembeli seringkali merasa dirugikan padahal dia hanya tidak menuntaskan pembacaan informasi yang diberikan sehingga dirinya merasa sedang dipermainkan admin online shop.

5. Komplain itu ada etikanya, nggak mau kan namamu jelek di medsos?

Dear Customer, Ini 5 Aturan Main Saat Kirim Pesan ke Admin Online Shoppexels.com/Bich Tran

Komplain ditujukan ketika pembeli merasa dirugikan baik secara waktu atau materi atas performa sebuah online shop. Namun meski demikian, kamu perlu memperhatikan dengan saksama bahwa komplain pun ada etikanya. Terlebih jika online shop tersebut bukan tipikal toko abal-abal dan penyebab kerugian dialami oleh human error bukan penipuan.

Toko daring yang baik akan mencarikan jalan keluar dan bertanggung jawab sepenuhnya atas apa yang telah menimpamu sehingga menimbulkan kerugian dan kesan belanja yang kurang. Hanya saja kamu perlu melakukan komplain secara profesional dan menjunjung tinggi etika dalam berbicara.

Percuma mengeluarkan kata-kata kasar hanya untuk memaki mereka, sebab bisa saja pihak online shop akan bertindak jauh dan membuat namamu jadi jelek baik itu di dunia belanja online sampai ke media sosial.

Selalu utamakan kesopanan saat kita sedang bermitra dengan orang lain, terlebih jika kamu sudah lama berlangganan dengan toko daring tersebut. Sebab etika dalam berbelanja bisa mempengaruhi sikap penjual kepadamu lho!

Baca Juga: 10 Produk Nyeleneh yang Dijual di Online Shop Ini Dijamin Bikin Ketawa

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

sempat ingin jadi astronaut

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya