Comscore Tracker

5 Cara Tangkal Omongan Negatif Tetangga, Biar Nggak Kepikiran Terus!

Jangan salah langkah hadapi mereka ya!

Nggak selamanya kita akan terus mendapatkan tetangga yang ramah, baik, dan saling menolong. Ada kalanya kita mendapatkan tetangga yang justru julid, sangat suka membanding-bandingkan, dan bikin kehidupan jadi nggak nyaman.

Tak jarang, kata-kata mereka serupa pisau yang tajam menusuk ke hati. Tapi, kamu bisa menangkal komentar negatif tersebut dengan beberapa upaya di bawah ini.

1. Perbanyak bacaan positif

5 Cara Tangkal Omongan Negatif Tetangga, Biar Nggak Kepikiran Terus!unsplash.com/@jmuniz

Dibandingkan banyak mendengar omongan negatif, akan jauh lebih baik jika kita perbanyak membaca bacaan yang positif. Hal ini bukan semata-mata menghabiskan waktu seorang saja, melainkan melatih kamu dalam memandang segala sesuatu dengan sisi yang baik serta dapat membuat emosimu lebih terlatih. Jangan sampai, kamu buang energi dengan marah-marah saat mendengar perkataan negatif mereka.

2. Show, don't tell

5 Cara Tangkal Omongan Negatif Tetangga, Biar Nggak Kepikiran Terus!unsplash.com/@guilhermestecanella

Tujukkan dan jangan ceritakan. Membalas omongan negatif tidak perlu dengan ucapan, lagi-lagi mereka malah menganggap kita sok alias sombong. Baiknya tunjukkan bahwa apa yang dikatakan oleh mereka hanyalah angin lalu yang tidak mempengaruhi kehidupanmu. Tunjukkan pada mereka bahwa kamu baik-baik saja dan tidak seperti apa yang dipikirkan.

Baca Juga: 5 Omongan Negatif yang Gak Perlu Didengar, Sebaiknya Tutup Telinga!

3. Diamkan

5 Cara Tangkal Omongan Negatif Tetangga, Biar Nggak Kepikiran Terus!unsplash.com/@tinaflour

Diam bukan berarti kamu mengiyakan ucapan negatif tetangga. Ada kalanya kita harus membuat mereka berhenti dengan cara mengacuhkan segala ucapan negatif tersebut. Jika upayamu malah membuat mereka menjadi-jadi, baiknya kamu hadapi langsung dan tanyakan baik-baik apa yang mendasari mereka berbuat demikian. Jangan gunakan ajang sindir-sindiran sebagai jalan tengah, karena kita tidak akan mendapatkan jawaban kecuali keributan.

4. Buat tidak nyaman akan komentarnya

5 Cara Tangkal Omongan Negatif Tetangga, Biar Nggak Kepikiran Terus!unsplash.com/@priscilladupreez

Sesekali kamu boleh lho menanggapi omongan mereka, tapi buatlah mereka tidak nyaman dengan pernyataan yang dibuatnya. Serupa dengan cara di atas, hindari pemilihan cara menyindir untuk membalas. Namun kamu bisa menimpali dengan santai dan buat mereka merenungi apa yang dikatakannya sudah menyinggungmu dan membuatmu tidak nyaman.

5. Hindari kegiatan bergosip

5 Cara Tangkal Omongan Negatif Tetangga, Biar Nggak Kepikiran Terus!unsplash.com/@priscilladupreez

Sudah mendapat perlakuan tidak mengenakan, jangan perpanjang dengan menggosipkan yang tidak-tidak tentang berita itu. Gosip membuat kita cenderung melebih-lebihkan cerita agar suasana lebih dramatis dan kamu mendapat banyak simpati. Baiknya, ceritalah pada satu orang yang paling dipercaya, sehingga yang didapat adalah solusi bukan suara yang sama-sama menjelekkan tetangga tersebut.

Nah, itulah beberapa upaya yang bisa dilakukan ketika kita mendapati ucapan tidak mengenakkan dari tetangga. Semua harus diselesaikan dengan kepala dingin agar mencapai jawaban dan solusi yang diinginkan, jangan melibatkan emosi karena kemungkinan masalah tidak akan selesai.

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kenapa Kamu Gak Perlu Pusing Memikirkan Omongan Orang

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

sempat ingin jadi astronaut

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya