Comscore Tracker

Ini 3 Waktu Utama Baca Ayat Kursi di Bulan Ramadan, Yuk Terapkan!

Keberkahan #RamadanDiRumah makin berlimpah

Terdapat di surah Al-Baqarah ayat 255, ayat kursi menjadi ayat paling agung dan paling utama di antara ayat-ayat lain dalam Al-Qur'an. Hal ini karena di dalam ayat tersebut terkandung penjelasan mengenai perkara-perkara yang agung dan sifat-sifat Allah yang mulia. Maka, sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk rutin membacanya setiap hari.

Nah, meski boleh dibaca kapan saja, rupanya ada 3 waktu utama nih yang sangat dianjurkan untuk membaca ayat kursi sesuai hadis Rasullullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Yuk, selalu rutin membacanya terlebih saat bulan Ramadan supaya pahala dan berkah makin berlimpah!

1. Setelah salat lima waktu

Ini 3 Waktu Utama Baca Ayat Kursi di Bulan Ramadan, Yuk Terapkan!instagram.com/teukuwisnu

"Siapa yang membaca Ayat Kursi setiap selesai salat fardu maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian." (HR. Al-Nasai)

Bacaan Ayat Kursi setelah salat lima waktu merupakan bagian dari zikir seusai salat fardu yang dibaca satu kali berbarengan dengan surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas.

2. Setiap pagi dan petang

Ini 3 Waktu Utama Baca Ayat Kursi di Bulan Ramadan, Yuk Terapkan!instagram.com/dudisugandi

"Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga pagi. Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi hingga petang." (HR. Al-Hakim)

Bacaan Ayat Kursi setiap pagi dan petang ini merupakan bagian dari zikir pagi (setelah salat subuh sampai matahari terbit) dan zikir petang (setelah salat asar hingga sebelum waktu salat magrib). Dibacanya cukup satu kali.

Baca Juga: Merdu! 5 Channel YouTube Tilawah Qur'an Ini Buat Ramadanmu Berpahala

3. Sebelum tidur

Ini 3 Waktu Utama Baca Ayat Kursi di Bulan Ramadan, Yuk Terapkan!pexels.com/Pixabay

"Apabila engkau beranjak ke tempat tidurmu, bacalah ayat kursi, 'Allaahu Laa Ilaaha Illaa Huwal Hayyul Qayyum', sampai selesai. Karena sesungguhnya kamu akan berada di bawah perlindungan Allah dan setan tidak bisa mendekatimu sampai besok pagi." (HR. Al-Bukkhari)

Sebelum beranjak tidur, dianjurkan banget untuk baca Ayat Kursi sebanyak satu kali dan dibarengi dengan membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas masing-masing sebanyak tiga kali.

Nah, itu tadi 3 waktu yang sangat dianjurkan untuk baca Ayat Kursi. Dengan membaca Ayat Kursi di waktu-waktu utama tersebut, apalagi di bulan Ramadan, mudah-mudahan kamu bisa mendapat keberkahan yang berlimpah dan selalu mendapat perlindungan dari Allah. Jangan sampai terlewat membacanya, ya!

Baca Juga: 7 Kebaikan yang Kamu Dapatkan Jika Rutin Membaca Al-Qur'an

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya