Comscore Tracker

8 Pelajaran Hidup dari Episode Awal Drama Korea "Encounter"

Jalan ceritanya sarat akan pesan mendalam

Drama Korea berjudul Encounter menjadi salah satu judul drama yang amat dinantikan oleh para penggemar KDrama. Benar saja, setelah episode perdananya tayang, drama yang diperankan oleh bintang Song Hye Kyo dan Park Bo Gum ini langsung mencetak rating sangat tinggi yakni 8,6 persen.

Meski sempat menuai beberapa kritik karena akting kedua pemeran utama di episode perdana dianggap kurang mendapat chemistry, drama ini mampu meningkatkan rating hingga episode ke empatnya tayang.

Nah, di balik tingginya angka rating drama Encounter tersebut, ternyata ada banyak pelajaran hidup lho yang bisa kamu dapat setelah kamu tamat menontonnya hingga episode 4. Hmm, penasaran? Simak yuk!

1. Solo traveling itu gak menakutkan, justru bisa membuatmu lebih leluasa menikmati perjalanan

8 Pelajaran Hidup dari Episode Awal Drama Korea Encounterdramabeans.com

Kim Jin Hyuk yang diperankan secara apik oleh Park Bo Gum muncul di episode pertama Encounter ketika ia sedang berjalan-jalan seorang diri di negara Kuba. Dari scene yang ditampilkan, terlihat banget kalau Jin Hyuk sangat menikmati jalan-jalannya.

Kalau kamu berniat jalan-jalan sendiri atau solo traveling, kamu hanya perlu percaya diri seperti Jin Hyuk. Solo traveling-mu pun gak akan lagi dihantui rasa takut. Kamu justru akan sangat menikmatinya.

2. Traveling memberimu kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang tak terduga

8 Pelajaran Hidup dari Episode Awal Drama Korea Encounterdramabeans.com

Seperti Kim Jin Hyuk dan Cha Soo Hyun yang akhirnya ditakdirkan bertemu, kamu pun bisa saja bertemu dengan orang-orang yang gak pernah kamu duga sebelumnya. Yang pasti, saat kamu memutuskan untuk traveling, kamu harus mau membuka diri untuk menerima berbagai macam orang dengan berbagai latar belakang hidup. Dari orang-orang yang kamu temui itulah kamu bakal dapat sesuatu yang baru, yang pastinya akan berguna untuk kehidupanmu selanjutnya.

3. Gak gampang emosi kepada orang asing yang gak sengaja mencelakakan kamu

8 Pelajaran Hidup dari Episode Awal Drama Korea Encounterdramabeans.com

Masih di episode pertama, kamu pasti masih ingat kan saat taksi yang dinaiki Cha Soo Hyun dan sekretaris Jang tiba-tiba menabrak sisi jalan yang mengakibatkan kamera kesayangan Kim Jin Hyuk terlempar dan akhirnya rusak. Alih-alih marah-marah, Jin Hyuk justru dengan ikhlas mengatakan “tidak apa-apa” dan menolak penawaran sekretaris Jang untuk menggantinya dengan kamera yang baru.

Sikap Jin Hyuk yang berhasil meredam emosinya ini patut banget nih kamu contoh di kehidupan nyata. Jangan sedikit-sedikit emosi atau marah-marah ya.

4. Hidup sederhana namun “bebas” jauh lebih baik daripada bergelimpangan harta tapi hanya jadi boneka

8 Pelajaran Hidup dari Episode Awal Drama Korea Encounterdramabeans.com

Jika ingin membandingkan kehidupan Jin Hyuk yang serba sederhana namun seperti tak ada beban, dengan kehidupan Soo Hyun yang serba mewah tapi dikelilingi orang-orang yang memanfaatkan dirinya, kira-kira kamu pilih yang mana?

Hidup memang harus disyukuri, dan hidup dengan “bebas” tanpa tertekan orang lain adalah kemerdekaan diri yang hakiki.

5. Makanan enak itu bukan dari seberapa mahal atau mewah menunya, tapi dengan siapa kamu menyantapnya

8 Pelajaran Hidup dari Episode Awal Drama Korea Encounterdramabeans.com

Saat kamu menonton adegan Soo Hyun yang sedang makan ramyun bersama Jin Hyuk di rest area, kamu pasti bisa merasakan juga betapa nikmatnya ramyun yang mereka berdua santap. Padahal mereka cuma makan ramyun instan ya, tapi karena disantap dengan orang yang tepat, rasanya tentu akan jauh lebih nikmat.

Baca Juga: Jadi Janda Kaya Raya, 10 Harga Outfit Song Hye Kyo di Drama Encounter

6. Jangan menghalalkan segala cara untuk mempertahankan harta, jabatan, maupun kekuasaan, karena itu semua bukanlah segalanya

8 Pelajaran Hidup dari Episode Awal Drama Korea Encounterdramabeans.com

Dari episode pertama sebenarnya sudah kelihatan banget kalau tokoh mantan mertua dan ibunda Cha Soo Hyun licik abis. Kamu dibuat gemas dengan akting keduanya yang seakan bisa melakukan apapun demi menjaga reputasi diri dan kejayaan yang sedang dimilikinya.

Mereka bahkan rela mengorbankan perasaan Soo Hyun untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Sebagai netizen yang baik, karakter keduanya tentu gak boleh dicontoh ya. Berambisi sih boleh-boleh saja, tapi gak perlu menghalalkan segala cara juga dong.

7. Puasa kuasa atas diri sendiri itu penting juga lho

8 Pelajaran Hidup dari Episode Awal Drama Korea Encounterdramabeans.com

Di episode 4 kamu akan nonton scene di mana sekretaris Jang datang menemui Kim Jin Hyuk untuk memintanya berhenti berhubungan dengan Cha Soo Hyun. Ingatkah apa reaksi dan pertanyaan Jin Hyuk setelahnya? Dengan tegas Jin Hyuk menanggapi Sekretaris Jang dengan pertanyaan, “Apakah Ibu Cha sama sekali tidak punya kuasa atas hidupnya? Apa perlu sekretaris Ibu Cha turun tangan untuk memutus hubungan Ibu Cha dengan temannya?”

Dari scene ini kamu bisa belajar bahwa tegas pada pilihan hidup itu penting banget supaya kamu gak terus-terusan disetir oleh keinginan orang lain atas dirimu.

8. Mencintai dengan tulus dan jujur adalah bentuk cinta yang sesungguhnya

8 Pelajaran Hidup dari Episode Awal Drama Korea Encounterdramabeans.com

Episode 4 ditutup apik dengan scene Jin Hyuk yang tampil di depan puluhan karyawan Hotel Donghwa sesaat setelah Soo Hyun disudutkan oleh pertanyaan dan kalimat Direktur Choi atas skandal yang sedang santer menimpa dirinya.

Jin Hyuk memutuskan untuk tetap membersamai Soo Hyun di kehidupannya yang selalu sendiri. Adegan ini pasti langsung bikin kamu melted ya. Dari sikap Jin Hyuk ini kamu diingatkan untuk bisa mencintai dengan tulus dan jujur, tanpa embel-embel apa pun, tanpa melihat usia, harta, atau jabatan.

Well, itu tadi 8 pelajaran hidup yang bisa kamu petik dari 4 episode awal drama Korea Encounter. Sungguh sarat akan pesan mendalam ya drama ini. Penasaran gak nih sama episode berikutnya?

Baca Juga: Keren Abis! Ini Dia 8 Lokasi Syuting KDrama Encounter di Havana, Kuba

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You