Comscore Tracker

3 Cara Mudah Mendapatkan Malam Laitatul Qadar, Siap Berburu?

#RamadanMasaKini Insya Allah akan dipertemukan

Allah subhanahu wa ta'ala berfirman,

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (surah Alqadr ayat 1-5)

Kutipan firman Allah pada surah Alqadr tersebut menjelaskan tentang sebuah malam penuh kemuliaan di salah satu malam di bulan Ramadan bernama malam Lailatul Qadar.

Gak ada yang tahu kapan malam Lailatul Qadar terjadi karena Allah memang merahasiakannya. Namun, banyak pendapat mengatakan malam Lailatul Qadar terjadi di malam-malam ganjil pada 10 hari terakhir di bulan Ramadan.

Nah, supaya kamu bisa mendapatkan malam yang lebih baik dari seribu bulan tersebut, ada beberapa cara yang mudah banget kamu lakukan, nih. Amalkan yuk untuk berburu malam Lailatul Qadar di bulan Ramadan ini.

1. Persiapkan rohani dan jasmani sejak siang hari

3 Cara Mudah Mendapatkan Malam Laitatul Qadar, Siap Berburu?Pexels/Aldo Picaso

Karena Lailatul Qadar terjadi ketika malam, maka kamu perlu menyiapkan kondisi rohani dan jasmani sejak dari siang hari. Artinya, di siang hari kamu harus selalu menjaga pandangan, pendengaran, ucapan, dan perbuatan lain supaya hati kamu tetap bersih.

Pastikan kondisi fisik atau jasmani kamu juga terjaga agar kamu bisa lebih siap berburu Lailatul Qadar di waktu malam nanti.

Baca Juga: 5 Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

2. Beribadah dan beramal sejak malam dimulai

3 Cara Mudah Mendapatkan Malam Laitatul Qadar, Siap Berburu?Pexels/Tayeb MEZAHDIA

Terjadi di sepanjang malam hingga terbit fajar, artinya kamu harus memperbanyak amalan dan ibadah di kala malam untuk berburu Lailatul Qadar, baik ibadah fardu maupun ibadah sunah. Apa saja amalan dan ibadah tersebut?

Mulai dari salat fardu magrib dan isya, salat rawatib, salat tarawih, salat witir, membaca Alquran, berzikir, dan salat tahajud. Lakukan rangkaian ibadah tersebut di sela-sela malam dengan sepenuh hati dan kekhusyukan.

3. Perbanyak membaca doa allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu'anni

3 Cara Mudah Mendapatkan Malam Laitatul Qadar, Siap Berburu?Pexels/Rawpixel

Arti doa tersebut adalah "Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku".

Anjuran memperbanyak doa ini didasarkan pada hadis sahih berikut.

Dari Aisyah radhiyallahu 'anha, ia berkata,

"Aku pernah bertanya pada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, yaitu jika saja ada suatu hari yang aku tahu bahwa malam tersebut adalah lailatul qadar, lantas apa doa yang mesti kuucapkan?” Jawab Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam, "Berdoalah: Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu'anni." (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Gimana, cukup mudah bukan untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar? Insya Allah, kalau kamu rutin melakukan ketiga cara tadi, Allah akan tetapkan malam penuh kemuliaan itu untuk kamu.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You