Comscore Tracker

Gak Nyangka! 5 Orang Introvert Ini Sukses Besar dalam Berkarier

Meskipun pemalu, banyak orang introvert bisa sukses lho

Sejak masa sekolah hingga masa kerja, banyak orang dengan kepribadian introvert mendengar bahwa mereka terlalu pendiam, terlalu pemalu, dan sulit untuk membaur dengan orang-orang di sekitar mereka.

Bahkan, tidak jarang mereka dilabel kurang pergaulan dan dibilang akan sulit meraih sukses dalam hidup. Bagaimana tidak? Saat melamar kerja saja, hampir semua pemberi kerja mencari orang yang jago bersosialisasi. Hal ini seakan-akan tidak menyisakan ruang untuk orang yang pendiam.

Namun, meskipun tidak selalu diincar oleh pemberi kerja, ada banyak juga lho orang introvert yang meraih sukses dalam karir mereka dan bahkan berbalik menjadi pemberi kerja. Yuk, simak siapa saja mereka.

1. Bill Gates

Gak Nyangka! 5 Orang Introvert Ini Sukses Besar dalam Berkarierflickr.com

Penemu Microsoft yang sekarang menjadi salah satu orang terkaya di dunia ini terkenal sebagai pendiam yang suka membaca buku. Ketika ditanya dalam sebuah wawancara tentang bagaimana cara sukses sebagai seorang introvert di dunia penuh ekstrovert, Bill Gates mengatakan bahwa seorang introvert harus cerdas mencari dan memanfaatkan kelebihannya, misalnya kemampuan menyendiri untuk berpikir secara mendalam dan menghasilkan ide-ide unik di luar kotak.

2. Warren Buffett

Gak Nyangka! 5 Orang Introvert Ini Sukses Besar dalam Berkarierflickr.com

Bagi orang yang akrab dengan dunia investasi saham, tentu nama Warren Buffett sudah tidak asing lagi. Beliau adalah salah satu investor saham paling sukses sepanjang masa dan termasuk salah satu orang terkaya di dunia.

Sebagai seorang introvert, Warren Buffett mengaku bahwa ia pernah mengikuti seminar tentang bagaimana cara mendapatkan teman di awal karirnya. Akan tetapi, pada akhirnya ketekunannya membaca dan menganalisa ratusan laporan keuangan lah, yang membantunya begitu sukses berinvestasi.

3. Emma Watson

Gak Nyangka! 5 Orang Introvert Ini Sukses Besar dalam Berkarierflickr.com

Hampir semua orang kenal dengan artis yang berperan sebagai Hermione Granger di serial film Harry Potter ini. Emma Watson adalah artis muda asal Inggris yang juga sudah sukses membintangi berbagai film lain seperti Beauty and the Beast dan The Perks of Being a Wallflower.

Bertentangan dengan kebanyakan selebriti barat yang hidup penuh pesta di klub malam dan bar, Emma Watson mengaku bahwa ia jarang melakukan aktivitas tersebut karena ia adalah seorang introvert yang secara alami tidak terlalu tertarik ke gaya hidup itu.

Baca Juga: Ini 5 Stereotipe Keliru yang Sering Dikaitkan Pada Orang Introvert

4. J.K. Rowling

Gak Nyangka! 5 Orang Introvert Ini Sukses Besar dalam Berkariertelegraph.co.uk

Jika tadi kita membahas salah satu artis di film Harry Potter, maka sekarang saatnya kita membahas penulis yang menciptakan seluruh ide asli film tersebut. J.K. Rowling tentu merupakan nama yang sudah tidak asing lagi bagi penggemar film Harry Potter.

Terkenal sebagai seorang introvert, J.K. Rowling menyatakan bahwa ia telah aktif menulis sejak usia 6 tahun. Saat ide tentang Harry Potter muncul di kepalanya, J.K. Rowling mengaku bahwa ia sempat frustrasi karena saat itu ia tidak membawa pena dan ia terlalu malu untuk meminjam dari orang di sekitarnya.

5. Eleanor Roosevelt

Gak Nyangka! 5 Orang Introvert Ini Sukses Besar dalam Berkariermakers.com

Sebagai istri dari mantan presiden Amerika Serikat, Franklin Delano Roosevelt, Eleanor Roosevelt adalah wanita yang menduduki posisi First Lady atau ibu negara terlama dalam sejarah Amerika Serikat.

Ia telah memimpin ratusan konferensi, memberikan pidato dan berjuang sebagai aktivis hak asasi manusia, semua dengan kepribadiannya yang introvert. Salah satu perkataannya yang terkenal adalah, "Bersahabat dengan diri sendiri itu penting, karena tanpanya kita tidak bisa bersahabat dengan orang lain di dunia."

Jadi, buat para introvert yang mungkin minder dengan kemampuan sosialnya dibandingkan dengan para ekstrovert di sekitarnya, jangan rendah diri ya. Sadari kekurangan dan kelebihanmu dan pelajari bagaimana memanfaatkannya untuk keperluanmu dalam hidup.

Baca Juga: Dear Ekstrovert, 7 Hal Ini Harus Kamu Pahami dari Teman Introvertmu

CS Photo Community Writer CS

Just someone who enjoys writing and traveling

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You