Comscore Tracker

5 Amalan Sunnah di Hari Jumat, Amalkan dan Jangan Sampai Dilewatkan!

Yuk, amalkan dari sekarang!

Jumat adalah hari terbaik bagi umat islam karena banyaknya keistimewaan di dalamnya. Sebagaimana sebuah hadis, Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sebaik-baiknya hari yang padanya terbit matahari adalah hari Jumat. Pada hari itulah saat diciptakannya Adam, dimasukkannya ia ke surga, dan dikeluarkannya dari surga.” (HR. Muslim) 

Di hari terbaik ini, terdapat beberapa amalan sunnah yang sangat sayang untuk dilewatkan. Penasaran apa saja? Berikut lima amalan sunnah yang bisa dikerjakan pada hari jumat. 

1. Membaca surah Al-kahfi

5 Amalan Sunnah di Hari Jumat, Amalkan dan Jangan Sampai Dilewatkan!unsplash.com/Rachid Oucharia

Amalan sunnah pertama yang bisa dilakukan pada hari Jumat adalah membaca surah Al-kahfi. Namun, masih banyak yang melalaikan amalan yang satu ini atau bahkan masih belum tahu akan anjuran ini. Padahal membaca surah Al-kahfi di hari Jumat sangatlah istimewa. 

"Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, maka ia akan disinari cahaya antara dirinya dan Ka’bah." (HR. Ad Darimi) 

Keutamaan membaca Al-Kahfi bukan hanya ketika malam saja, begitu juga ketika dibaca di siang hari. 

"Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at." (HR. An Nasa’i dan Baihaqi)

2. Membaca surah As-Sajdah dan surah Al-Insan ketika shalat subuh di hari Jumat

5 Amalan Sunnah di Hari Jumat, Amalkan dan Jangan Sampai Dilewatkan!aleteia.org

Kita dianjurkan untuk membaca surah As-Sajdah dan Al-Insan saat solat subuh, baik itu shalat sendirian maupun shalat berjamaah. Surah As-Sajdah adalah surah ke-32 dalam Al-quran sementara surah Al-Insan adalah surah ke-76. Hadis yang menganjurkan untuk membaca surah ini adalah sebagai berikut, 

"Rasulullah SAW membaca ‘alif lamim tanzil..’ (surat As-Sajdah) pada raka’at pertama shalat Subuh di hari Jum’at. Sementara pada raka’at kedua, beliau membaca ‘hal atâ ‘alal insâni…' (surat Al-Insan)." (HR. Muslim)

Mulai sekarang, yuk perlahan hafalkan dua surah ini. Biar bisa mengamalkan salah satu amalan sunnah di hari Jumat. 

Baca Juga: 7 Amalan yang Dianjurkan Rasulullah di Hari Jumat, Datangkan Kebaikan

3. Memperbanyak doa

5 Amalan Sunnah di Hari Jumat, Amalkan dan Jangan Sampai Dilewatkan!hamariweb.com

Berdoa bisa dilakukan kapanpun saja. Namun, perbanyaklah doa ketika hari Jumat karena Jumat adalah hari yang mustajab untuk berdoa. Sebagaimana sebuah hadis, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 

“Di hari Jumat terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim tepat pada saat itu berdiri shalat meminta sesuatu kepada Allah, melainkan Allah pasti memberikan apa yang ia minta.” Beliau pun mengisyaratkan dengan tangannya untuk menggambarkan sedikitnya (sebentarnya) waktu tersebut. (HR. Bukhari dan Muslim) 

Buat kamu yang pengin sesuatu dan berharap Allah akan mengabulkan, yuk kencangkan doa di hari Jumat. 

4. Memperbanyak salawat

5 Amalan Sunnah di Hari Jumat, Amalkan dan Jangan Sampai Dilewatkan!unsplash.com/Masjid Pogung Dalangan

Amalan sunnah di hari Jumat berikutnya adalah memperbanyak membaca salawat. Membaca shalawat adalah salah satu tanda kecintaan kita kepada Rasulullah. Maka bacalah sholawat dengan sungguh sungguh dan hati yang ikhlas. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda mengenai keutamaan membaca salawat di hari Jumat, 

"Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti." (HR. Baihaqi)

5. Mandi dan menggunakan minyak wangi

5 Amalan Sunnah di Hari Jumat, Amalkan dan Jangan Sampai Dilewatkan!unsplash.com/Andrea Davis

Hari Jumat adalah hari yang istimewa, khususnya bagi laki-laki yang sudah baligh, mereka punya kewajiban untuk menunaikan salat Jumat. Akan tetapi, sebelum melaksanakan salat Jumat, alangkah lebih baiknya untuk bersuci dan membersihkan diri karena hal ini mempunyai keutamaan yang luar biasa. 

Dari Salman Al Farisi, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Apabila seseorang mandi pada hari Jum’at, dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak dan harum-haruman dari rumahnya kemudian ia keluar rumah, lantas ia tidak memisahkan di antara dua orang, kemudian ia mengerjakan shalat yang diwajibkan, dan ketika imam berkhutbah, ia pun diam, maka ia akan mendapatkan ampunan antara Jum’at yang satu dan Jum’at lainnya.” (HR. Bukhari)

Demikian lima amalan sunnah yang bisa dikerjakan saat hari Jumat. Dengan banyaknya keistimewaan Jumat, mari kita amalkan amalan di atas mulai dari sekarang! 

Baca Juga: Ada Salat Tahajud, 5 Amalan Sunah pada Malam Jumat yang Dianjurkan

Sharma Khan Photo Verified Writer Sharma Khan

Cukup baca tulisanku tanpa harus tahu siapa aku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya