Comscore Tracker

Sering Diabaikan, 5 Etika Saat Berbicara dengan Orang yang Lebih Tua

Jangan diabaikan lagi, ya! 

Sebagai makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain, komunikasi adalah salah satu hal yang tak dapat dihindari. Komunikasi bisa dilakukan kepada siapa saja, baik itu orang yang lebih muda, sebaya, ataupun yang lebih tua.

Karena komunikasi merupakan hal yang sering dilakukan, sangat penting untuk melakukannya sesuai dengan etika. Terlebih lagi, etika bisa menjadi tolak ukur kepribadian seseorang.

Nah, kira-kira bagaimana etika ketika berbicara dengan orang yang lebih tua? Baca terus artikel di bawah, ya!

1. Gunakan bahasa tubuh yang baik

Sering Diabaikan, 5 Etika Saat Berbicara dengan Orang yang Lebih Tuafreepik.com/freepik

Komunikasi non verbal sama pentingnya dengan komunikasi verbal. Saat berbicara atau mendengarkan, perhatikan nada suara, gerak tubuh, dan ekspresi wajahmu sendiri. Jangan berteriak, berbicara terlalu lambat, atau menggunakan bahasa tubuh yang terkesan mengisyaratkan kamu sedang bosan atau tidak tertarik.

2. Turunkan nada bicara

Sering Diabaikan, 5 Etika Saat Berbicara dengan Orang yang Lebih Tuapexels.com/Andrea Piacquadio

Merendahkan nada bicara bukan berarti kamu harus mengecilkan suara. Pahami bahwa komunikasi berubah seiring bertambahnya usia. Jika orang dewasa yang lebih tua mengalami kesulitan mendengar, melihat, atau mengingat detail, bersabarlah dan dengarkan. Tetap tenang dan bicaralah dengan lembut dan tanpa basa-basi. 

Baca Juga: 5 Etika dalam Memperlakukan Rekan Kerja yang Usianya Jauh Lebih Tua

3. Gunakan kata dan kalimat yang sederhana.

Sering Diabaikan, 5 Etika Saat Berbicara dengan Orang yang Lebih Tuapexels.com/Zhen Chung

Menyederhanakan informasi dan berbicara dengan cara yang mudah dipahami adalah salah satu cara terbaik untuk berbicara pada orang yang lebih tua. Jangan menggunakan istilah yang banyak orang tidak tahu. Pastikan kamu menggunakan kata dan kalimat yang membuat lawan bicara akrab dan nyaman. 

4. Tertawa kecil

Sering Diabaikan, 5 Etika Saat Berbicara dengan Orang yang Lebih Tuaelderoptionsca.com

Meskipun lawan bicaramu lebih tua, terkadang mereka juga tidak menyukai obrolan yang terlalu kaku. Oleh karena itu, di beberapa kesempatan cobalah sesekali tertawa kecil untuk meringankan percakapan. Selain itu, tawa kecil juga akan meredakan ketegangan dan membangun kedekatan.

5. Panggilan sopan

Sering Diabaikan, 5 Etika Saat Berbicara dengan Orang yang Lebih Tuapexels.com/Askar Abayev

Berbicara dengan sopan sebenarnya adalah teknik komunikasi dengan orang-orang di segala usia. Jika lawan bicaramu lebih tua, maka gunakanlah panggilan yang sopan seperti penggunaan kata saya untuk diri sendiri dan kata bapak/ibu untuk lawan bicara.

Biasanya, penggunaan kata kamu/anda malah cenderung akan membuat orang yang lebih tua merasa diserang.

 

Nah, itu dia beberapa etika yang harus diterapkan ketika berbicara dengan orang yang lebih tua. Jangan sampai komunikasi mengurangi rasa sopan santun mu, ya!

Baca Juga: 11 Kata Bahasa Jawa Ngoko yang Tak Boleh Diucapkan ke Orang Tua

Sharma Khan Photo Verified Writer Sharma Khan

Cukup baca tulisanku tanpa harus tahu siapa aku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya