Comscore Tracker

6 Tips Menjalani Tahun Baru 2022 dengan Perubahan Positif

Sudah refleksi diri di tahun 2021, belum? 

Dengan hadirnya tahun baru 2022, maka ini adalah waktu yang tepat untuk memulai sesuatu yang baru. Selalu ada ruang untuk pertumbuhan pribadi yang lebih baik lagi dan ada banyak langkah yang dapat diambil untuk mengoptimalkan kebahagiaan hidup di tahun 2022. Siap memulai yang baru di tahun 2022? Berikut adalah enam tips untuk membantumu memulai tahun baru dengan perubahan positif.

1. Refleksi

6 Tips Menjalani Tahun Baru 2022 dengan Perubahan Positifilustrasi seorang wanita sedang berpikir (unsplash.com/@magnetme)

Luangkan waktu sejenak untuk merenungkan bagaimana tahun 2021 berjalan untukmu. Mulailah tahun baru 2022 dengan melihat tahun lalu dan menandai setiap peristiwa dan target. 

Cobalah untuk meninjau beberapa pertanyaan berikut yang ditujukan untuk dirimu sendiri. 

  • Hal apa yang harus dipertahankan dari 2021? 
  • Hal apa yang harus ditinggalkan dan dikurangi dari 2021? 
  • Hal apa yang berjalan baik di tahun lalu?
  • Target apa saja yang sudah ku capai di tahun lalu? 
  • Apa penyebab target-targetku tidak tercapai di tahun lalu? 

Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantumu menghargai semua yang telah kamu capai di tahun sebelumnya. Kamu juga dapat menggunakan informasi ini untuk memulai tahun baru dengan benar dan menetapkan tujuan yang lebih baik untuk tahun 2022.

2. Selesaikan tugas tahun sebelumnya

6 Tips Menjalani Tahun Baru 2022 dengan Perubahan Positifilustrasi seorang pria sedang menyelesaikan tugas (unsplash.com/@benchaccounting)

Tidak ada yang ingin memulai tahun baru dengan daftar panjang hal yang belum diselesaikan. Jika ada sesuatu dalam daftarmu baik itu proyek ataupun tugas yang belum selesai, maka selesaikanlah sekarang.

Menyelesaikan tugas tahun 2021 akan menjernihkan pikiranmu dari barang-barang lama. Mulailah tahun 2022 dengan daftar tugas baru yang akan membantumu merasa siap memulai tahun ini.

3. Buat resolusi

6 Tips Menjalani Tahun Baru 2022 dengan Perubahan Positifilustrasi kertas dengan tulisan yang artinya resolusi tahun baru (unsplash.com/@timmossholder)

Tahun baru adalah waktu yang tepat untuk menetapkan beberapa resolusi baru. Mulailah memikirkan resolusimu setidaknya beberapa hari sejak awal tahun baru. Buatlah resolusi yang spesifik, terukur,  realistis, dan memiliki batas waktu. Hal ini akan membantu membuat tujuan lebih mudah untuk kamu capai. 

Ingatlah bahwa resolusi bukan hanya tentang bisnis. Kamu membutuhkan resolusi untuk setiap bidang kehidupanmu, baik itu karier, keuangan, rohani, fisik, intelektual, keluarga, maupun sosial. Tujuan dan resolusi yang ingin dicapai dalam hidup akan membantumu memvisualisasikan dan belajar bertanggungjawab terhadap diri sendiri. 

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dipahami agar Resolusi Tahun Baru Gak Cuma Jadi Angan

4. Prioritaskan kesehatan

6 Tips Menjalani Tahun Baru 2022 dengan Perubahan Positifilustrasi seorang pria sedang olahraga (unsplash.com/@arthuredelmans_)

Kamu memerlukan tubuh yang sehat untuk bisa mencapai semua tujuan di tahun 2022. Oleh karena itu, dari semua daftar yang ingin kamu lakukan di tahun 2022, masukkan list kesehatanmu sebagai prioritas utama. 

Kamu bisa memulainya dengan mindful eating, olahraga, dan meditasi untuk menjaga kesehatan agar bisa membantumu lebih produktif.

5. Buat jurnal rasa syukur

6 Tips Menjalani Tahun Baru 2022 dengan Perubahan Positifilustrasi seorang pria sedang menulis (unsplash.com/@bradneathery)

Daripada memulai atau mengakhiri hari dengan menelusuri sosial media, lebih baik sisihkan waktu untuk membuat daftar rasa syukur. Kamu bisa membuatnya senyaman mungkin, baik itu formal maupun informal.

Tulislah beberapa daftar yang membuatmu bersyukur hari itu, orang yang berjasa pada hari itu dan peristiwa menarik yang terjadi di hari itu. Buatlah secara konsisten baik itu di pagi hari atau tepat sebelum kamu tidur. 

Hal ini akan membantumu mengisi pikiran dan hati dengan penuh rasa syukur. Pola pikir ini juga akan membantumu untuk menyebarkan rasa terima kasih pada orang-orang yang berhubungan dengan mu.

6. Percaya pada dirimu sendiri

6 Tips Menjalani Tahun Baru 2022 dengan Perubahan Positifilustrasi seorang pria sedang bahagia (unsplash.com/@wflwong)

Jika kamu tahu bahwa kamu mampu membuat perubahan yang kamu inginkan, maka percayalah dengan sepenuh hati. Memiliki kepercayaan diri akan membantumu menjalani tahun yang lebih baik.

Ketika kamu percaya diri, segala sesuatu mungkin terjadi. Tidak ada yang dapat mewujudkan segala keinginanmu di tahun 2022 selain usahamu sendiri. Sebesar dan sejauh apa kamu berusaha, maka sebesar dan sejauh itu pula rasa tanggung jawab mu pada diri sendiri. 

Jadikan tahun baru 2022 menjadi tahun bersinarmu dengan menerapkan beberapa hal di atas.  Selamat tahun baru dan semoga banyak hal baik yang bisa kamu capai di tahun 2022! 

Baca Juga: Tanyakan 5 Hal Ini pada Diri Sendiri sebagai Refleksi Akhir Tahun

Sharma Khan Photo Verified Writer Sharma Khan

Cukup baca tulisanku tanpa harus tahu siapa aku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya