Comscore Tracker

5 Tips Mengatur Keuangan saat Masih Lajang, Jomblo Wajib Tahu!

Jangan dihabiskan buat foya-foya, ya

Dengan menjadi seseorang yang berstatus jomblo atau lajang, kamu menjadi satu-satunya yang bertanggung jawab atas ke mana uangmu sendiri mengalir. Kamu harus memastikan agar bisa memanfaatkan sebaik-baiknya apa yang kamu miliki saat tidak ada pasangan yang bisa diandalkan.

Untuk membantumu yang sedang berada di status lajang, berikut lima tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatur keuanganmu. Dengan begitu, masalah finansial di masa depan bisa diminimalkan.

1. Menentukan prioritas

5 Tips Mengatur Keuangan saat Masih Lajang, Jomblo Wajib Tahu!ilustrasi seseorang memegang uang (unsplash.com/@sharonmccutcheon)

Sebelum membuat anggaran, kamu perlu menentukan prioritasmu terlebih dahulu. Kamu membutuhkan fokus untuk tahu ke mana tujuan uang mu. Kamu harus bisa membedakan mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang hanya sekadar keinginan.

Mulai sekarang, tinggalkanlah tradisi untuk mengikuti tren yang gak berguna karena hal itu hanya akan membuat keuanganmu tidak terkontrol. Jika kamu memiliki utang, maka jadikanlah ini sebagai salah satu prioritasmu. Apa pun hal yang paling kamu khawatirkan, jadikan itu prioritas utama sebagai tujuan pemakaian pendapatanmu.

2. Buat anggaran bulanan

5 Tips Mengatur Keuangan saat Masih Lajang, Jomblo Wajib Tahu!ilustrasi seseorang sedang menghitung anggaran bulanan (unsplash.com/@kellysikkema)

Setelah menentukan prioritas, buatlah anggaran bulanan. Membuat anggaran sangat penting bagi siapa pun terlepas dari statusmu yang masih sendiri ataupun sedang memiliki pasangan. Setiap rupiah yang dihasilkan harus memiliki tujuan yang jelas tentang ke mana perginya uang itu.

Untuk memulai membuat anggaran, tuliskan pendapatanmu dan semua pengeluaranmu lalu kurangi. Hitung penghasilan bersih kamu meskipun hasilnya negatif. Jika negatif, itu artinya kamu membelanjakan uang lebih dari penghasilanmu.

Untuk mengatasi ini, perbaiki anggaran bulananmu dengan memotong pengeluaran yang tidak perlu atau menghasilkan lebih banyak uang dengan pekerjaan sampingan. Terapkan anggaran yang direvisi bulan depan untuk mulai hidup sesuai kemampuan finansialmu.

Baca Juga: 5 Manajemen Keuangan yang Harus Didiskusikan Pasangan Baru Menikah

3. Sisihkan untuk dana darurat

5 Tips Mengatur Keuangan saat Masih Lajang, Jomblo Wajib Tahu!ilustrasi seseorang menyisihkan dana darurat (unsplash.com/@belart84)

Keadaan darurat terkadang dapat terjadi pada saat yang tidak terduga. Jika krisis keuangan muncul, kamu yang tidak memiliki pasangan alias jomblo pun harus bisa menyelesaikan masalah ini sendirian. Inilah alasan mengapa menyimpan uang untuk dana darurat sangatlah penting.

Kecukupan dana darurat yang harus kamu simpan setidaknya tiga kali dari pengeluaran bulananmu. Kamu bisa mencapainya dengan menyisihkan sekian persen dari penghasilanmu.

4. Siapkan masa depan

5 Tips Mengatur Keuangan saat Masih Lajang, Jomblo Wajib Tahu!ilustrasi menabung (unsplash.com/@spanic)

Keuangan untuk masa depan biasanya ditetapkan untuk beberapa tujuan. Contohnya seperti dana pensiun, dana membeli rumah, dana menikah, dana naik haji, dan lainnya.

Untuk bisa menyiapkan rencana masa depan ini, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menabung. Namun, akan lebih baik lagi jika kamu belajar berinvestasi.

5. Hindari berutang

5 Tips Mengatur Keuangan saat Masih Lajang, Jomblo Wajib Tahu!ilustrasi menghitung hutang (pexels.com/@gabby-k)

Tidak hanya mencuri masa depanmu, tetapi utang juga membuatmu terjebak di masa lalu. Jika tidak ada hal darurat yang mengharuskan kamu berutang, maka lebih baik untuk dihindari. Namun, jika kamu sudah terlanjur memiliki utang, hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah melunasinya secepat mungkin.

Mulailah untuk fokus bekerja untuk bisa melunasi utang yang ada. Buat rencana pembayaran utang dan terapkan kebiasaan pengeluaran uang yang baik. Untuk kamu yang masih lajang, usahakan utang yang kamu miliki lunas sebelum berumah tangga, ya! Biar nanti rumah tangganya gak bermasalah gara-gara utang.

Ada banyak keuntungan finansial yang bisa dimanfaatkan para jomblo karena bisa terfokus pada diri sendiri. Pada dasarnya, kamulah yang bertanggung jawab atas masa depanmu sendiri. Selama kamu bisa fokus berinvestasi pada diri sendiri dan mengerjakan tujuan keuangan mu, menjadi lajang dapat membantu mu membuat lompatan yang berdampak pada finansial yang sehat.

Baca Juga: 5 Tips Hidup Tenang di Masa Tua, Tidak Terlilit Utang

Sharma Khan Photo Verified Writer Sharma Khan

Cukup baca tulisanku tanpa harus tahu siapa aku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya