Comscore Tracker

5 Channel YouTube untuk Belajar Gitar Fingerstyle, Mudah!

Belajar fingerstyle lebih mudah dan murah

Fingerstyle adalah sebuah teknik bermain gitar dengan cara memetik senar secara langsung dengan jari ataupun kuku. Teknik gitar ini dapat menghasilkan melodi, harmoni, maupun perkusi secara bersamaan dalam satu gitar.

Meski terlihat kompleks, teknik ini bisa dipelajari dengan otodidak, lho. Bagi kamu yang tertarik dengan teknik fingerstyle, berikut rekomendasi channel YouTube yang bakalan bantu kamu belajar fingerstyle. 

1. Teoakustikgitar

https://www.youtube.com/embed/oSe8oddaU_I

Channel YouTube teoakustikgitar ini cocok buat kamu yang baru belajar gitar. Kamu akan diajarkan beberapa teknik seperti memetik gitar, cara cepat pindah kunci, teknik slap, bahkan cara mengulik sebuah lagu. 

Selain itu, pemilik kanal yang akrab disapa Kak Teo ini juga rutin membagikan tab gitar dari lagu-lagu terkenal zaman dulu maupun lagu yang lagi tren saat ini .

Pembawaan Kak Teo yang gak kaku dan suka bercanda ini bakalan bikin kamu betah belajar gitar seharian. Gak heran kalau channel YouTube ini memiliki subscriber lebih dari 996 ribu.

2. Aing lee

https://www.youtube.com/embed/JUa1aynwhf8

Channel YouTube yang memiliki subscriber lebih dari 750 ribu ini bakalan ngajarin kamu teknik fingerstyle secara bertahap. Dengan penjelasan yang simpel, kamu bakalan lebih paham teknik fingerstyle seperti teknik pull off dan hammer. Kanal ini juga suka cover lagu, mulai lagu religi sampai lagi barat. 

3. See N See Guitar

https://www.youtube.com/embed/JU1Yw0aweig

Kanal ini dijalankan oleh sepasang suami istri bernama Cornel dan Cressentia. Namun untuk tutorial bermain gitar lebih banyak diajarkan oleh Cressentie. Materi yang disajikan kanal ini sangat lengkap, penjelasannya pun cukup detail.

Di kanal ini, Cressentie ngajarin kamu teknik-teknik dasar fingerstyle sampai teknik sulit seperti teknik perkusi dan teknik memetik sekaligus slap. Tapi tenang aja, dengan tutorial Cressentie yang sistematis bakalan buat kamu lebih mudah paham teknik sulit fingerstyle.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Channel YouTube untuk Belajar Desain, Cocok Buat Pemula

4. Yunus Guitarist

https://www.youtube.com/embed/Vofhu9LwRXU

Berbeda dengan tiga kanal sebelumnya, kanal ini gak akan mengajarkan kamu teknik bermain gitar. Melainkan, kamu akan diajarkan bagaimana membuat aransemen sendiri. 

Kanal ini menyajikan tab fingerstyle dari lagu-lagu terkenal. Tak hanya dari Indonesia, namun juga luar negeri. Seperti lagu barat, Korea, hingga Jepang. Tab gitar yang dibagikan pun cukup mudah. Kebanyakan menggunakan chord dasar dan teknik petikan saja. Penasaran? Langsung cus aja ke kanal yunus guitarist.

5. Yoseph Hermanto

https://www.youtube.com/embed/2Q10TfnLSgQ

Khusus buat kamu yang pengin meningkatkan level permainan gitarmu, maka kanal Yoseph Hermanto bisa jadi referensimu. Kanal ini menyajikan tutorial fingerstyle dengan kunci gantung. Menariknya, Yoseph lebih suka membagikan tutorialnya melalui chord asli dari lagu-lagu yang lagi tren. Kamu gak bakalan bosan, deh, belajar dari kanal yang satu ini. 

Setiap rekomendasi channel YouTube di atas memiliki konten yang istimewa. Pilih salah satu kanal untuk kamu tonton saat akan belajar gitar, ya. Tentunya yang sesuai dengan kebutuhan kamu, nih. Selamat belajar fingerstyle.

Baca Juga: 5 Channel Youtube yang Bisa Mengubah Mindset dan Dirimu Lebih Baik

irma hana Photo Writer irma hana

fingerstyle addict and book lover

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya