Comscore Tracker

5 Cara Menghilangkan Bau Kaki Karena Memakai Sepatu Seharian

Caranya gampang banget kok

Bau kaki akibat memakai sepatu seharian merupakan salah satu hal yang bisa membuat seseorang merasa tidak percaya diri ketika berkumpul dengan orang lain, apalagi jika diharuskan untuk membuka alat kaki. Sebabnya, rasa khawatir bau kakinya terendus seringkali membuat seseorang menghindari kegiatan seperti itu.

Tak hanya itu, bau kaki juga membuat sesorang menjadi tidak nyaman dengan dirinya sendiri dan berefek juga kepada aktivitasnya. Apalagi jika rasa gatal mulai menyerang punggung telapak kaki serta area tumit atau mata kaki. 

Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi, 5 tips berikut ini bisa kamu lakukan untuk mengatasi bau kaki meskipun memakai sepatu seharian penuh. 

1. Pastikan kakimu benar-benar kering dan bersih sebelum memakai sepatu

5 Cara Menghilangkan Bau Kaki Karena Memakai Sepatu SeharianPexels.com/Pixabay

Salah satu penyebab bau kaki adalah karena faktor kelembapan yang tinggi. Oleh karena itu, sebelum memakai sepatu, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu kakimu mulai dari telapak hingga sela-sela jari dengan sabun dan bilas menggunakan air bersih.

Setelah itu, pastikan juga kamu menghilangkan sisa-siaa air yang menempel di kakimu menggunakan handuk yang bersih dan kering. Hal ini berguna supaya kakimu tidak menjadi lembap akibat sisa-sisa air yang menempel setelah dibersihkan tadi.

2. Tak hanya itu, pastikan sepatu dan kaus kaki milikmu juga sudah kering dan bebas dari kotoran

5 Cara Menghilangkan Bau Kaki Karena Memakai Sepatu SeharianPexels.com/Sebastian Palumino

Bukan hanya kaki yang harus berada dalam kondisi bersih dan kering, pastikan kaus kaki dan sepatu yang akan kamu gunakan benar-benar dalam kondisi ideal agar tidak mengakibatkan tingkat kelembapan menjadi tinggi.

Oleh karena itu, siapkan sepatu dan kaos kaki yang sudah dibersihkan dan kering yang akan kamu gunakan. Minimal 1 hari sebelum kamu pakai, pastikan segala sesuatunya sudah tersedia agar kamu tidak perlu khawatir ketika akan menggunakannya.

Baca Juga: 7 Fakta Penting Memakai Kaos Kaki, Efektif untuk Mencegah Bau Kaki!

3. Kamu bisa menggunakan minyak gosok atau minyak kayu putih untuk meminimalisir bakteri penyebab bau kaki

5 Cara Menghilangkan Bau Kaki Karena Memakai Sepatu SeharianPexels.com/Pixabay

Setelah membersihkan mengeringkan kaki, kamu bisa membalurkan minyak gosok atau minyak kayu putih secukupnya ke seluruh area kakimu terutama punggung kaki dan sela-sela jari. Selain dapat membunuh bakteri penyebab bau kaki, cara ini juga memberikan efek nyaman bagi kaki seharian. 

Ingat, balurkan secukupnya saja karena apabila terlalu banyak, selain mubazir juga bisa membuat kaki terasa terlalu dingin yang dapat mengganggu kenyamananmu juga saat memakai sepatu seharian.

4. Gunakan kaus kaki yang mudah menyerap keringat serta anti bau dan bakteri

5 Cara Menghilangkan Bau Kaki Karena Memakai Sepatu SeharianPexels.com/Alan Cabello

Pilih kaus kaki yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat sehingga kelembapan kaki dan sepatumu tetap terjaga. Tak hanya itu, pastikan kaus kakimu juga dibuat dari bahan yang dapat menjaga kakimu dari bakteri penyebab bau kaki.

Kamu juga bisa membawa kaus kaki cadangan yang kering dan bersih ketika bepergian untuk sekadar jaga-jaga apabila kamu merasa sudah tidak nyaman lagi dengan kaus kaki yang kamu gunakan. Tentunya, sebelum mengganti kaus kaki, pastikan kakimu juga sudah dibersihkan dan berada dalam kondisi yang kering.

5. Pastikan saat mengikat tali sepatu tidak terlalu kencang agar sirkulasi udara tetap terjaga

5 Cara Menghilangkan Bau Kaki Karena Memakai Sepatu SeharianPexels.com/Rawpixel

Agar kulit kakimu tetap bisa bernapas, hindari mengikat tali sepatu terlalu kencang karena dapat mengganggu sirkulasi udara yang bisa membuat kelembapan sepatu dan kakimu menjadi terganggu.

Namun pastikan tali sepatumu tidak terlalu longgar yang bisa membuat kakimu lepas dari sepatu yang kamu gunakan. Kamu juga bisa menggunakan tali sepatu kustom yang banyak dijual di pasaran yang elastis serta mudah digunakan.

Nah, sekarang kamu gak perlu minder lagi akibat bau kaki saat berkumpul dengan teman-temanmu dengan melakukan 5 tips mudah di atas. Selamat mencoba!

Baca Juga: Yuk, Lakukan 5 Hal Sederhana Ini untuk Mencegah Kaki Kapalan

Irvin Photo Community Writer Irvin

Merdeka dalam berkarya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You