Comscore Tracker

7 Tips agar Teman Sekamarmu Nyaman Tinggal Bersama Kamu

Mau tahu cara agar tetap akur dengan teman sekamar?

Ketika kamu memutuskan untuk sekamar dengan seseorang, maka kamu perlu menyiapkan diri karena bagaimanapun berinteraksi dengan orang lain bukanlah hal yang mudah, apalagi harus berinteraksi dengan orang yang sama dalam jangka waktu panjang setiap harinya.

Agar dapat menjalin hubungan yang baik dengan teman sekamarmu, berikut ini beberapa tips yang dapat kamu lakukan.

1. Beri first impression yang baik 

7 Tips agar Teman Sekamarmu Nyaman Tinggal Bersama Kamuilustrasi hadiah (paxels.com/Andrea)

Jika kamu akan sekamar dengan seseorang yang baru saja atau belum lama kamu kenal, maka first impression sangatlah penting untuk memberikan gambaran awal tentang kepribadian kamu. Jika kamu justru memberi first impression yang buruk, bisa jadi untuk seterusnya teman sekamar kamu akan membayangkan hal-hal buruk tentang kamu. Hal ini tentunya dapat mempengaruhi interaksi kalian ke depannya. Kamu tidak mau kan jika sejak awal hubungan di antara kalian tidak berjalan lancar?

Untuk memberi first impression yang baik di hari pertama kalian sekamar, salah satunya bisa kamu lakukan dengan memberikannya hadiah. Tidak harus berupa hadiah yang mahal, hal-hal sederhana juga cukup untuk memberi first impression yang baik.

2. Pelajari kepribadiannya 

7 Tips agar Teman Sekamarmu Nyaman Tinggal Bersama Kamuilustrasi ekspresi seseorang (paxels.com/Andrea)

Manusia merupakan makhluk unik yang memiliki banyak sekali jenis kepribadian. Dengan mempelajari hal-hal yang teman sekamarmu sukai dan hal-hal yang tidak disukai olehnya, kamu bisa lebih mengetahui bagaimana cara kamu bersikap di sekitarnya.

Jika kamu memiliki hal-hal yang kamu rasa kurang nyaman dari teman sekamarmu, kamu bisa menyampaikan hal-hal tersebut kepadanya. Akan lebih baik jika kamu meminta teman sekamarmu untuk menyampaikan hal-hal yang dia rasa kurang nyaman dari diri kamu terlebih dahulu agar kamu juga dapat mengintrospeksi diri kamu sendiri dan teman sekamar kamu juga tidak akan merasa di-judge secara sepihak.

3. Hindari miskomunikasi 

7 Tips agar Teman Sekamarmu Nyaman Tinggal Bersama Kamuilustrasi ekspresi marah (paxels.com/Moose)

Akan ada hal-hal yang rasanya dapat memicu pertengkaran dengan teman sekamar kamu, hal itu bisa jadi disebabkan oleh miskomunikasi di antara kalian. Maka dari itu sampaikan jika ada hal-hal yang rasanya masih kurang jelas atau hal-hal yang kamu rasa mengganggu diri kamu.

Sering kali seseorang melakukan sesuatu yang mengganggu kita karena ketidaktahuan atau mereka melakukannya secara tidak sadar. Maka dari itu penting untuk melakukan komunikasi dua arah.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Salah Memilih Teman Sekamar, Bikin Gak Nyaman!

4. Jangan mengganggu batasan wilayah masing-masing 

7 Tips agar Teman Sekamarmu Nyaman Tinggal Bersama Kamuilustrasi tidak melewati batas/tanda (paxels.com/Nguyễn)

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap kita memiliki daerah privasinya masing-masing baik dalam bentuk fisik maupun non-fisik. Selalu pastikan bahwa kamu tidak melewati batasan itu. Selalu meminta izin jika kamu ingin meminjam barang miliknya bahkan barang-barang yang terlihat sepele sekalipun dan jangan pernah lupa untuk mengembalikan barang tersebut.

Selain itu, jangan mencampuri urusan pribadinya jika kamu tidak diminta untuk itu. Selalu beri teman kamar kamu ruang untuk dirinya sendiri.

5. Selalu jaga kenyamanan kamar 

7 Tips agar Teman Sekamarmu Nyaman Tinggal Bersama Kamuilustrasi kamar (paxels.com/Pixabay)

Pastikan bahwa tidak ada barang kamu yang mengganggu wilayah teman sekamar kamu. Pastikan juga kamu senantiasa membereskan barang-barang kamu agar tidak berantakan. Untuk kebersihan kamar secara keseluruhan, kamu bisa mengusulkan untuk membuat jadwal kebersihan.

Selain itu, pastikan ketika kamu ingin mendengar sesuatu atau ketika kamu sedang menelepon seseorang, teman kamar kamu tidak terganggu dengan hal itu. Pastikan juga kamu selalu menjaga kebersihan badan kamu karena bau badan pun dapat mengganggu kenyamanan seseorang.

6. Hang out bersama 

7 Tips agar Teman Sekamarmu Nyaman Tinggal Bersama Kamuilustrasi hangout bersama teman (paxels.com/Derena Belonogova)

Untuk mengeratkan hubungan dan menghilangkan rasa canggung, kalian bisa merencanakan jalan-jalan ke suatu tempat seperti mal, taman kota atau lokasi wisata. Kondisi ini juga dapat membantu kalian untuk saling mengenal lebih dalam karena suasana yang lebih enjoy dan intens.

Jika kamu atau teman sekamar kamu sedang sibuk dan tidak punya banyak waktu luang, kalian juga dapat menghabiskan waktu bersama di kamar seperti makan bersama atau ngobrol santai seputar aktivitas kalian masing-masing.

7. Saling memahami kondisi 

7 Tips agar Teman Sekamarmu Nyaman Tinggal Bersama Kamuilustrasi hangout bersama teman (paxels.com/Derena Belonogova)

Akan ada masa-masa di mana seseorang akan terlalu sibuk dengan suatu urusan sehingga lupa dengan urusannya yang lain. Ketika teman sekamar kamu lupa untuk melakukan piket kebersihan misalnya, kamu tidak perlu langsung naik pitam karena mungkin saja dia sedang punya urusan yang mendesak atau sedang dalam posisi memiliki masalah yang sulit ia atasi atau mungkin saja teman sekamarmu sedang tidak enak badan.

Jika kelalaian tersebut terus berulang kamu bisa mencoba menanyakan alasannya dan membicarakannya dengan baik sehingga tidak terjadi miskomunikasi di antara kalian.

Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi teman sekamar kamu. Jika kamu bisa, tawari ia bantuan saat ia membutuhkannya. Memiliki seseorang di sekitar kita akan sangat membantu jika kita mau untuk saling peduli dan menghargai satu sama lain.

Baca Juga: 6 Alasan Anak Rantau Lebih Baik Memiliki Teman Sekamar, Bikin Hemat!

Ismi Hayyum Bandera Photo Writer Ismi Hayyum Bandera

Still thinking

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya