Comscore Tracker

Hai Anak Muda, 5 Hal Ini Boleh Kamu Tunda Kok!

Menunda tak selalu buruk ya guys!

Menunda umumnya diketahui sebagai kebiasaan buruk yang perlu dihindari. Banyak tips dan strategi dipaparkan oleh para ahli maupun buku-buku motivasi untuk membantu orang menghentikan kebiasaan menunda. Alasannya adalah karena menunda diyakini mempunyai banyak efek buruk bagi produktivitas dan juga kualitas hidup seseorang.

Namun sebenarnya ada beberapa hal yang justru lebih baik ditunda untuk kebaikan tujuan jangka panjang. Hal ini bukan selalu karena hal tersebut adalah hal yang buruk, namun lebih karena hal itu sedang tak sesuai untuk kamu lakukan dalam kondisi kamu saat ini.

Berikut adalah lima hal yang bisa kamu tunda dulu ketika kamu belum yakin atau saat kondisi tak mendukung.

1. Membeli barang mahal 

Hai Anak Muda, 5 Hal Ini Boleh Kamu Tunda Kok!ilustrasi handphone (Pexels.com/ PhotoMIX Company)

Mungkin kamu sudah lama menginginkan sebuah benda namun belum bisa terbeli karena uangmu belum cukup. Kamu pun menabung dan telah berhasil mengumpulkan uang yang cukup untuk membeli benda tersebut. Misalnya saja kamu telah mengincar sebuah handphone dengan spesifikasi canggih.

Jika kamu lalu merasa ragu apakah tetap akan membeli handphone tersebut atau tidak, maka lebih baik kamu menunda dahulu membelinya. Harganya yang mahal tentu perlu pertimbangan matang sebelum memutuskan untuk membeli.

Bisa jadi setelah beberapa waktu, kamu menjadi tak terlalu menginginkannya dan bahkan kamu kemudian menyadari bahwa ternyata kamu tak membutuhkannya. Penundaan kamu dalam persoalan ini bisa menyelamatkan uang kamu dari pengeluaran yang sia-sia dan membuatmu mempunyai tambahan tabungan untuk masa depan.

2. Menikah

Hai Anak Muda, 5 Hal Ini Boleh Kamu Tunda Kok!ilustrasi pernikahan (Pexels.com/ Kha Ruxury

Pernikahan adalah sesuatu yang direncanakan untuk dijalani seumur hidup. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan dipikir baik-baik. Apalagi, pernikahan bukan hanya menyangkut dua pribadi saja tetapi juga melibatkan dua keluarga besar.

Jika kamu belum sepenuhnya yakin dengan rencana pernikahan, sebaiknya kamu berpikir ulang dan memberi waktu kepada dirimu sendiri. Lebih baik menunda beberapa waktu daripada memaksakan diri buru-buru menikah lalu terancam perceraian. Lakukan pernikahan hanya jika kamu yakin dan sudah siap lahir batin.

Baca Juga: Ketahui 5 Tipe Orang yang Suka Menunda, Adakah Tipemu?

3. Resign

Hai Anak Muda, 5 Hal Ini Boleh Kamu Tunda Kok!ilustrasi suasana kerja (Pexels.com/ Christina Morillo)

Ada banyak hal yang mendorong seseorang untuk meminta resign. Keputusan untuk meninggalkan pekerjaan yang sudah dilakukan sekian lama tentu bukanlah hal sederhana.

Kalau kamu belum punya rencana atau gambaran tentang apa yang akan kamu lakukan setelah resign, lebih baik kamu menundanya dulu.

Pikirkan baik-baik apakah alasan kamu cukup kuat dan rasional untuk mengajukan resign. Persiapkan dengan baik rencana-rencana kamu dan pastikan kamu mempunyai cukup dana untuk memenuhi kebutuhan hidup kamu selama masa transisi saat kondisi kamu belum stabil usai resign nanti.

4. Investasi saat belum cukup dana

Hai Anak Muda, 5 Hal Ini Boleh Kamu Tunda Kok!ilustrasi menghitung uang (Pexels.com/ Karolina Grabowska)

Keinginan untuk mempunyai penghasilan tambahan adalah hal yang wajar. Saat ini berbagai jenis investasi banyak ditawarkan. Kamu bisa menemukan aneka penawaran di mana saja. Tak hanya melalui penawaran-penawaran investasi online namun juga dari lembaga keuangan bahkan dari orang yang kita kenal.

Tetapi niat untuk berinvestasi perlu memperhatikan kondisi finansial. Kamu sebaiknya tak memaksakan diri untuk mengeluarkan jumlah dana yang besar saat kondisi keuangan kamu belum memungkinkan, apalagi sampai berutang.

Jangan mengambil risiko menempatkan semua dana milikmu  atau berutang untuk ikut berinvestasi hanya karena pendapatan atau hasil yang djanjikan sangat menggoda. Tunda lebih dahulu agar kamu tak terlibat kesulitan nantinya. Ingatlah bahwa semua investasi mempunyai risiko gagal.

5. Reaksi sebelum mengumpulkan semua fakta 

Hai Anak Muda, 5 Hal Ini Boleh Kamu Tunda Kok!ilustrasi orang marah (Pexels.com/ Craig Adderley)

Sudah sering kita dengar kejadian orang yang terlibat pertengkaran bahkan perkelahian karena dipicu oleh kesalahpahaman. Hal ini bisa disebabkan karena adanya reaksi yang terburu-buru saat mendengar sesuatu yang belum terbukti kebenarannya.

Hal itu juga bisa terjadi terhadap orang yang bereaksi terhadap berita, pembicaraan dan informasi lain yang belum dilengkapi dengan fakta. Reaksi yang dilakukan tanpa memeriksa dulu kebenarannya akan menimbulkan kerugian bagi diri sendiri dan orang lain. Tunda dahulu reaksi kamu dan periksa semua data dan bukti yang cukup sebelum bersikap.

Itulah lima hal yang boleh dan bahkan disarankan untuk ditunda. Bijaklah dalam berpikir dan bertindak. Dengarkan kata hati dan percayai insting kamu serta gunakan juga logika agar keputusan kamu bisa lebih rasional dan tak membuat kamu menyesal. Persiapkan juga diri kamu dengan menerima kenyataan bahwa setiap keputusan dan tindakan mempunyai risiko.

Baca Juga: 5 Hal tentang Prokrastinasi, Perilaku Suka Menunda Pekerjaan

Dream Praire Photo Verified Writer Dream Praire

Menulis, membaca, officer. IG :@Dream_Praire

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya