Comscore Tracker

5 Dampak yang Kamu Rasakan Jika Mengambil Keputusan Terburu-buru

Pikirkan dengan tenang dan matang...

Kehidupan tentunya tidak selalu berjalan mulus dan baik. Pasti akan terjadi berbagai kesulitan yang akan kita hadapi. Salah satu kesulitan itu adalah proses dalam mengambil keputusan. Mengambil keputusan tentu harus dilakukan dengan memerhatikan kondisi dan situasi dari problematikan yang sedang dihadapi. Tak jarang keadaan yang terburu-buru bisa membuat kita mengambil keputusan secara sepihan tanpa memerdulikan sekeliling.

Berikut 5 dampak yang harus kamu ketahui jika mengambil keputusan tanpa berpikir panjang dan memerdulikan sekelilingmu.

1. Bisa menimbulkan penyesalan di akhir

5 Dampak yang Kamu Rasakan Jika Mengambil Keputusan Terburu-burupexels.com/startupstockphotos

Mengambil keputusan secara terburu-buru dapat berakhir dengn penyesalan. Tanpa memikirkan konsekuensi apa yang akan kita terima jika mengambil keputusan tersebut. Penyesalan di akhir akan membuat kita merasa kecewa secara berlebihan dan dapat berakibat ke kondisi mental juga. Mulailah berpikir sejenak dan tenang sebelum memutuskan sesuatu hal.

2. Merugikan orang lain

5 Dampak yang Kamu Rasakan Jika Mengambil Keputusan Terburu-burupexels.com/Louis bauer

Keputusan yang kita ambil belum tentu akan berbuah manis kepada orang lain. Bisa saja keputusan itu baik untuk kita, namun mencelakai orang lain. Kehidupan sosial yang ada di sekeliling kita juga perlu diperhatikan. Merugikan orang lain merupakan perbuatan yang sangat tidak baik untuk kita dan hubungan yang terjalin dengan orang tersebut.

3. Banyak menimbulkan permasalahan

5 Dampak yang Kamu Rasakan Jika Mengambil Keputusan Terburu-burupexels.com/id-id/Pixabay

Keputusan yang telah diambil secara terburu-buru bisa saja akan menimbulkan banyak permasalahan yang lainnya. Hal ini lebih sering terjadi, terlebih di dunia kerja. Keputusan yang baik tentu harus diputuskan dalam keadaan tenang dan tidak menimbulkan efek yang buruk dari keputusan itu.

Baca Juga: Jangan Gegabah, Lakukan 5 Tahapan Ini Sebelum Mengambil Keputusan 

4. Orang akan ragu dengan kemampuanmu

5 Dampak yang Kamu Rasakan Jika Mengambil Keputusan Terburu-burupexels.com/Lukas

Sikap mengambil keputusan yang terburu-buru juga bisa membuat orang lain ragu akan kemampuan yang kamu miliki. Kamu akan dikenal sebagai orang yang ceroboh dan teledor. Orang lain akan mulai memerhitungkan segala tugas yang akan diberikan untukmu. Bahkan buruknya lagi bisa berdampak pada karier yang kamu jalani.

5. Kehilangan kepercayaan dari orang lain

5 Dampak yang Kamu Rasakan Jika Mengambil Keputusan Terburu-burupixabay.com/caio_triana

Dampak buruk lainnya dari keputusan yang diambil secara terburu-buru adalah kehilangan kepercayaan. Kepercayaan yang dibangun dengan baik akan sia-sia karena keputusan yang tidak tepat. Kamu akan mudah diremehkan oleh orang-orang di sekitarmu. Mulailah dengan memperbaiki diri dan mengambil keputusan dengan tenang.

Itulah 5 dampak yang akan kamu rasakan jika mengambil keputusan dengan terburu-buru. Belajar dari pengalamanmu dan berusaha untuk mengambil keputusan dengan tidak terburu-buru.

Baca Juga: Mumpung Masih Muda, 7 Keputusan Hidup Ini Gak Bakal Kamu Sesali Lho!

isro ima Photo Verified Writer isro ima

Penikmat Sastra, Penonton Ulung, Hobi Makan.. Follow @isroima

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya